Demi Kesehatan! Jangan Abaikan Masalah Menstruasi Ini





Apakah Anda para wanita pernah mengalami masalah menstruasi yang di rasa tidak normal? Bila Anda pernah mengalaminya sebanyak satu sampai dua kali itu adalah hal yang wajar dan normal. Namun, apabila Anda seringkali masalah haid atau bahkan selalu mengalaminya ketika sedang menstruasi itu berarti ada yang tidak beres dengan organ reproduksi.

Siklus Terjadinya Menstruasi Pada Wanita

Siklus menstruasi pada wanita umumnya berlangsung sekitar 28 sampai dengan 30 hari tergantung pada sistem hormon yang ada di dalam tubuh. Sebagai tambahan informasi, menstruasi secara umum paling lambat berlangsung selama 5 hari dan yang paling lama sekitar 15 hari. Apabila Anda selalu mengalami menstruasi lebih lama dari 15 hari maka hal tersebut patut di waspadai.
Sebagai tambahan informasi terdapat beberapa fase siklus menstruasi normal yang perlu Anda ketahui seperti fase menstruasi pertama, yang ditandai dengan luruhnya darah pada dinding rahim. Kemudian yang kedua adalah fase pra ovulasi yaitu terjadinya pematangan sel telur atau biasa juga disebut dengan ovum dilanjut dengan pembentukan di dalam sel indung telur.
Fase yang ketiga dari siklus menstruasi atau biasa disebut dengan fase ovulasi ditandai dengan adanya sel telur matang yang siap untuk dibuahi. Fase terakhir atau fase pasca ovulasi terjadi dengan adanya kenaikan hormon progesterone endometrium yang mengalami penebalan untuk mempersiapkan diri jika terjadi pembuahan. Jika pembuahan tidak terjadi, maka akan kembali ke fase pertama.
Berikut adalah beberapa masalah menstruasi atau masalah mestruasi yang perlu Anda ketahui :

Darah yang Keluar Terlalu Banyak

Apabila Anda sering mengalami hal ini pada setiap menstruasi dan harus mengganti pembalut setiap satu jam sekali alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Apabila hal tersebut terus menerus terjadi akan dikhawatirkan Anda mudah lesu dan lelah, karena kehilangan banyak darah. Masalah menstruasi ini sering disebut dengan menorrhagia yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan juga kelainan pada rahim.
Normalnya, darah menstruasi yang keluar pada wanita adalah sekitar 2 ons sedangkan pada wanita yang mengalami menorrhagia, wanita tersebut akan kehilangan darah sekitar 3 ons.

Nyeri Ketika Akan atau Sedang Berlangsung Haid

Nyeri ketika sedang mengalami menstruasi memang biasanya dianggap normal oleh sebagian besar wanita. Namun, apabila Anda kerap mengalami masalah menstruasi seperti ini secara terus menerus dengan sakit berlebihan di setiap menstruasi, itu artinya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Terlebih lagi jika nyeri tersebut dirasakan di sekitar pinggang dan juga panggul. Benar-benar menyiksa bukan?
Umumnya, kondisi tersebut dinamai dengan Dysmenorrhea/Dismenore. Kelainan tersebut ditandai dengan gejala sakit pada bagian bawah tubuh seperti area punggung, perut dan juga tulang panggul. Banyak ahli kesehatan menganggap bahwa, kelainan ini berhubungan dengan kenaikan kadar kimia pada tubuh wanita pada saat ovulasi. Tidak diragukan lagi bahwa kondisi tersebut memicu sakit pada tubuh bagian bawah.

Tidak Mengalami Menstruasi Beberapa Bulan

Mungkin Anda pernah mengalami telat haid selama beberapa bulan. Padahal, Anda tidak sedang hamil dan tidak sedang mengonsumsi pil KB. Ada kemungkinan bahwa Anda sedang mengalami tingkat stress yang tinggi atau penurunan badan yang drastis. Untuk itu, perlu sekali untuk mengonsumsi makanan bergizi dan tetap menjaga pikiran untuk selalu berpikir positif agar tidak mudah terserang stress.
Itulah beberapa masalah haid yang perlu Anda ketahui. Maka dari itu, penting sekali untuk kaum wanita memahami apa yang terjadi pada dirinya sendiri terutama pada masalah menstruasi.

Belum ada Komentar untuk "Demi Kesehatan! Jangan Abaikan Masalah Menstruasi Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel