Fakta Menarik! Ini Perbedaan Pria dan Wanita Merespon Sakit




Apakah Anda pernah tahu bagaimana perbedaan pria dan wanita saat sedang merespon sakit? Ya, sebagian besar orang pasti menganggap bahwa laki-laki lebih kuat menahan sakit dibandingkan wanita. Karena, apabila dilihat secara fisik laki-laki dan wanita memang jauh berbeda. Alhasil, pasti akan selalu terdapat perbedaan di antara kedua tubuh dalam merespon sakit. 

Laki-laki Mampu Menahan Sakit Lebih Baik Dibanding Wanita

Faktanya, wanita ternyata jauh lebih sensitif ketika merasakan rasa sakit. Karena, ternyata terdapat 70% penderita penyakit kronis adalah wanita. Bagaimana bisa? Ya karena biasanya kaum laki-laki lebih mampu menahan sakit dan tidak jarang menghiraukan rasa sakit yang mereka rasakan. Akan tetapi, para wanita memiliki toleransi yang lebih rendah dibandingkan pria. Terutama ketika para wanita sedang mengalami sakit kepala.
Selain itu, genetik yang berbeda dan juga hormon dapat menjadi kemungkinan perbedaan pria dan wanita dalam merespon rasa sakit. Namun jangan salah sangka karena bagaimana keduanya merespon rasa sakit juga dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin dan juga pengaruh hubungan sosial. Wanita bisa saja membicarakan sakit yang ia rasakan dengan mudah kepada orang lain, namun hal tersebut berbeda dengan apa yang dilakukan pria.
Pria cenderung tidak menganggap serius sakit yang mereka rasakan. Bahkan terkadang, mereka meremehkannya. Tidak heran mengapa lebih banyak wanita yang menderita sakit baik tidak terlalu parah mau pun juga penyakit kronis. Meskipun tidak semua wanita maupun laki-laki melakukan hal tersebut, tapi tetap saja perbedaan terjadi karena kondisi biologis pada tubuhnya.

Sistem Kekebalan Tubuh Pada Wanita Jauh Lebih Aktif

Banyak dari ahli kesehatan yang sepakat bahwa sistem kekebalan tubuh yang dimiliki wanita jauh lebih aktif dibandingkan dengan sistem kekebalan tubuh pada pria. Maka dari itu, tidak diherankan lagi bahwa terdapat perbedaan pria dan wanita dalam merespon rasa sakit dan juga mengatasinya. Pada umumnya, perempuan memproduksi sel yang jauh lebih aktif dalam memerangi bakteri dan juga virus.
Perbedaan pria dan wanita yang lain dalam merespon sakit dipengaruhi oleh hormon estrogen pada wanita, yang berperan lebih aktif dalam memerangi virus dan bakteri penyebab sakit dibandingan hormon testosteron pada laki-laki. Namun yang perlu Anda ketahui, terkadang sistem kekebalan tubuh juga dapat bereaksi secara berlebihan. Tidak heran banyak jenis penyakit yang menyerang sistem imun wanita.
Terdapat sekitar 70 jenis penyakit yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh dan kebanyakan penyakit tersebut memang menyerang wanita dibandingkan menyerang pria. Selain itu, wanita juga lebih rentan terhadap vaksin.

Pria Lebih Rentang Terhadap Serangan Jantung, sedangkan Wanita Rentan Terhadap Masalah Lambung

Karena responnya cenderung lamban terhadap sakit yang dirasakan, pria seringkali menjadi korban dalam serangan jantung secara mendadak. Namun untuk wanita, serangan jantung jauh lebih lambat karena sudah ditahan oleh hormon estrogen yang seringkali dijadikan sebagai sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, wanita lebih cenderung rentan terserang masalah lambung. Hal tersebut dikarenakan aktivitas otot pada perempuan jauh lebih sedikit, sehingga makanan perlu melewati proses pencernaan yang lebih panjang.
Itulah beberapa informasi tambahan yang perlu Anda ketahui. Selanjutnya, setelah Anda mengetahui mengenai perbedaan pria dan wanita dalam merespon rasa sakit, ada baiknya selalu peka terhadap apapun yang tubuh Anda rasakan untuk meminimalisir terjadinya penyakit kronis mendadak.

Belum ada Komentar untuk "Fakta Menarik! Ini Perbedaan Pria dan Wanita Merespon Sakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel