Fakta Mengejutkan! Ternyata Kaget Bisa Menyebabkan Kematian



Mungkin belum banyak yang mengetahui fakta, bahwa kaget bisa menyebabkan kematian. Kematian bisa disebabkan apapun terlebih lagi jika memang sudah ajalnya tiba dan salah satu fakta menarik adalah ternyata kaget dapat berisiko untuk menyebabkan kematian. Sebuah respon yang muncul secara tidak sengaja akibat terkejut saat suatu hal tiba-tiba terjadi disebut dengan kaget.
Pada sebagian orang mungkin respon saat kaget bisa berkembang menjadi berlebihan dan mengakibatkan munculnya latah. Masing-masing orang juga bisa memberi respon yang berbeda saat kaget dan bahkan bisa menyebabkan seseorang meninggal yang bergantung pada kondisi jantungnya.

Respon Kaget Setiap Orang Berbeda-beda

Setiap orang memiliki respon kaget yang berbeda-beda yang pada dasarnya kaget sendiri merupakan suatu bentuk respon perlindungan tubuh, yang timbul ketika seseorang tersebut tidak siap terhadap suatu hal. Maka hal yang membedakan respon ini berbeda-beda pada setiap orang adalah tergantung dari batas toleransi tubuhnya.
Kaget bisa terjadi karena suara keras yang terdengar secara tiba-tiba. Suara yang kencang tersebut yang tiba-tiba terdengar membuat Anda sontak merasa kaget. Rasa kaget itu merupakan respon alami yang dimiliki tubuh ketika suatu kejadian yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Dan hal ini bisa berbahaya ketika seseorang memiliki penyakit jantung, kaget bisa menyebabkan kematian pada orang tersebut.
Kaget yang teramat sangat biasanya hanya terjadi sekali saja. Ketika kedua kali terdengar suara kencang, maka Anda tidak akan terlalu kaget dan lama-kelamaan menjadi terbiasa normal mendengar suara kecang tersebut. Hal itu juga merupakan cara tubuh untuk beradaptasi yang disebut dengan istilah habituasi akustik. Kenyataan dilapangan yang kita temui kaget bisa menyebabkan kematian sangat jarang kita jumpai meninggal karena kaget. Sehingga butuh kajian lebih dalam.

Terjadi Kaget Saat Tidur

Kaget juga bisa terjadi ketika Anda sedang tidur. Perasaan jatuh saat tidur yang biasanya muncul ketika Anda sedang bermimpi jatuh dari ketinggian yang disebut dengan istilah hypnic jerk. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda mengalami kelelahan dan tahapan tidur yang dilewati terasa lebih cepat. Sehingga menyebabkan tubuh menjadi kebingungan dengan kondisi tersebut dan akan menafsirkannya sebagai mimpi yang akan membangunkan Anda. 

Denyut Jantung Meningkat Saat Kaget

Saat seseorang kaget, otot-otot yang bekerja di sekitar jantung akan bereaksi secara terus menerus sehingga menyebabkan denyut jantung meningkat. Oleh sebab itu, jantung kita berdebar dengan cepat dan jika berlebihan kaget bisa menyebabkan kematian karena cara pemompaan kerja jantung terlalu cepat dan sulit dikendalikan oleh tubuh. 

Secara Tiba-Tiba Aliran Darah Dapat Berhenti

Kaget bisa menyebabkan kematian karena kerja jantung semakin berat akibat meningkatnya denyut jantung yang terjadi sehingga membuat aliran darah dapat berhenti secara mendadak. Dan hal ini memang biasanya dialami oleh orang yang menderita penyakit jantung mengalami kaget.
Kaget bisa menyebabkan kematian terlebih jika orang tersebut mempunyai riwayat penyakit jantung, maka untuk penderita penyakit jantung sangat wajib untuk menghindari respon kaget. Karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kaget menyebabkan denyut jantung menjadi cepat, sehingga membuat aliran darah yang membawa oksigen bisa berhenti secara mendadak. Dengan begitu peredaran oksigen ke seluruh tubuh terhenti. Hal inilah yang menyebabkan orang meninggal secara mendadak.
Kaget memang merupakan suatu respon yang alami dan wajar terjadi. Tetapi memang sebaiknya jangan membuat orang lain kaget. Karena hal itu bisa membuat orang lain menjadi tidak nyaman atau yang lebih buruknya lagi orang tersebut penderita penyakit jantung, sehingga kaget bisa menyebabkan kematian pada orang tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Fakta Mengejutkan! Ternyata Kaget Bisa Menyebabkan Kematian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel