Susah Bangun Pagi? Inilah Tips Bangun Lebih Pagi




Tips bangun lebih pagi dari biasanya mungkin sangat dibutuhkan bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk bangun lebih pagi dari biasanya. Sedangkan mungkin kegiatan yang akan Anda lakukan menuntut Anda untuk bangun lebih pagi. Salah satunya ketika Anda memiliki pekerjaan dan rutinitas yang padat, namun Anda sulit untuk bangun lebih pagi. Hal ini tidak hanya Anda yang mengalaminya dan masih banyak orang lain yang juga merasakan hal tersebut.
Anda mungkin sudah berusaha melakukan berbagai tips bangun lebih pagi tapi belum ada yang berhasil. Jadi, Anda bisa mencoba tips berikut ini yang mempunyai penjelasan ilmiahnya agar lebih paham lagi dan lebih bersabar, sehingga bisa bangun lebih pagi. Cobalah gunakan beberapa tips di bawah ini agar lebih mudah untuk bisa bangun lebih pagi.

Pakailah Cahaya Alami

Para ilmuan menemukan fakta bahwa paparan cahaya alami seperti sinar matahari memiliki hubungan yang sangat erat sebagai pemicu tubuh untuk terjaga. Ketika bangun tidur yang diakibatkan respon alami tubuh saat terkena sinar matahari adalah salah satu cara yang baik. Tetapi biasanya jika subuh dan belum ada matahari maka Anda bisa melakukan cara lain.
Tips bangun lebih pagi yang pertama yaitu agar dapat bangun subuh adalah dengan membuka sedikit gorden Anda sebelum tidur agar cahaya bisa sedikit masuk saat pagi. Anda juga bisa menggunakan alarm dawn simulator yang akan mengeluarkan cahaya sesuai dengan waktu yang telah Anda tetapkan sebelum tidur. 

Ciptakan Kondisi Kamar yang Nyaman Untuk Tidur

Pada umumnya, tidur memang aktivitas, yang mudah yaitu yang Anda lakukan hanya berbaring, kemudian memejamkan mata, lalu biarkan tubuh Anda beristirahat. Tetapi pada kenyataannya, Anda butuh persiapan agar tidur Anda berkualitas dan optimal, sehingga tidak menimbulkan kelelahan saat bangun keesokan harinya.
Tips bangun lebih pagi selanjutnya adalah dengan mematikan semua lampu dan juga ponsel Anda. Karena pada dasarnya sinar yang berkedip-kedip karena notifikasi yang masuk bisa sangat mengganggu tidur Anda. Dr. Susan Mathison berpendapat bahwa, cahaya di lingkungan sekitar Anda terutama yang memberikan radiasi cahaya biru bisa mengganggu kadar melatonin dalam tubuh Anda yang membuat Anda terjaga dan wasapada. 

Gunakan Aplikasi Alarm Sesuai Kebiasaan Tidur Anda

Anda sering menggunakan alarm tetapi belum juga berhasil. Tips bangun lebih pagi lainnya adalah cobalah menggunakan aplikasi sleep better yang akan menggunakan tubuh Anda sendiri sebagai parameternya. Aplikasi ini bisa membaca gerakan tubuh Anda seperti kapan ketika Anda tidur paling lelap dan kapan Anda merasa gelisah saat tidur.
Kemudian signal tubuh Anda akan ditranslasikan ke dalam program sehingga aplikasi akan memilih waktu yang tepat untuk membangunkan Anda. Hal ini berkaitan kuat dengan tahapan tidur Anda yang terbagi dalam empat tahapan yaitu tahap 1, tahap 2, tahap 3, dan Rapid Eye Movement Sleep (REM). Aplikasi sleep better ini akan mengindentifikasi kamu sedang berada di tahap berapa sehingga Anda bisa terbangun dengan sendirinya. 

Satu Menit Setiap Dua Hari Rubahlah Waktu Tidur Anda

Memang sangat sulit untuk merubah suatu kebiasaan termasuk kebiasaan bangun siang. Anda bisa memulai hal positif dengan mengikuti tips ini sebagai usaha Anda agar dapat bangun lebih pagi. Cobalah untuk memajukan jam bangun Anda satu menit setiap dua hari sekali sampai Anda mencapai jam yang Anda inginkan untuk bangun. Hal ini akan lebih efektif dari pada Anda harus memasang alarm yang banyak.  Semoga tips-tips bangun lebih pagi ini bermanfaat untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Susah Bangun Pagi? Inilah Tips Bangun Lebih Pagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel