Waspada! Kenali Gejala Katarak Sejak Dini




Gejala katarak sejak dini haruslah diketahui setiap orang untuk menghindari penyakit katarak yang semakin kronis. Namun, sebelumnya Anda perlu mengetahui bahwa, katarak merupakan kondisi ketika lensa mata menjadi terlihat keruh dan berawan. Para penderita katarak biasanya akan merasakan pandangan yang berkabut dan tidak jelas, karena adanya gumpalan protein yang ada pada mata.
Pada umumnya, katarak muncul secara perlahan dan juga tidak terdeteksi. Di Indonesia, katarak umumnya menyerang para lanjut usia. Katarak hanya bisa diatasi dengan cara melakukan operasi pada mata. Apalagi penyakit yang satu ini merupakan penyumbang terbesar masalah kebutaan di Indonesia. Mengerikan sekali bukan? Lalu bagaimana cara mengenali gejala katarak sejak dini agar dapat dicegah sejak awal?
Katarak juga bisa disebut dengan kabut lensa. Para penderita katarak pada umumnya sulit melihat saat malam hari karena mereka membutuhkan penerangan untuk dapat melihat dengan jelas. Penduduk negara tropis seperti Indonesia lebih rentan terserang katarak, karena paparan sinar matahari atau sinar UV dapat menyebabkan kerusakan protein di lensa mata. Berikut beberapa gejala katarak sejak dini yang bisa Anda antisipasi :

Warna Lensa Mata Berubah

Biasanya, para penderita awal gejala katarak akan menemukan lensa mata mereka yang berubah warna. Lensa mata mereka pada umumnya berubah menjadi warna kekuningan atau juga kecoklatan. Itu adalah tahap awal terjadinya buta warna. Disarankan sekali bagi para penduduk negara tropis yang sering terpapar sinar matahari untuk menggunakan kacamata hitam saat di luar rumah atau bangunan.
Selain itu, biasanya para penderita awal katarak tidak mampu melihat sinar yang terlalu terang. Mereka akan merasakan sakit yang luar biasa terhadap cahaya yang terlalu terang. Tidak hanya itu, gejala katarak sejak dini juga ditandai dengan ketidaknyamanan mereka terhadap cahaya yang terlalu redup. Apabila Anda mulai merasakan gejala-gejala seperti itu, segera periksa dan konsultasikan ke dokter untuk mencegah hal-hal dan penyakit yang tidak diinginkan.

Mengalami Penglihatan Ganda

Yang dimaksudkan penglihatan ganda kali ini adalah ketika Anda merasa melihat objek menjadi dua. Gejala ini merupakan gejala umum yang seringkali dialami para penderita katarak. Namun, tidak hanya penderita katarak yang mengalami gejala ini, para penderita penyakit seperti diabetes dan hipertensi juga pada umumnya mengalami gejala yang sama. Untuk itu, pastikan untuk selalu berkonsultasi pada dokter apabila mengalami gejala penglihatan ganda.

Ketajaman Penglihatan Berkurang

Pandangan Anda akan menjadi samar karena penglihatan yang mulai buram, samar dan juga berkabut. Biasanya mereka juga mengganti kacamata dengan begitu cepat karena mereka menganggap bahwa mereka tidak menggunakan kacamata yang tepat. Para penderita katarak memiliki gumpalan protein yang mengganggu proses penangkapan bayangan oleh retina mata itu sendiri. Pada dasarnya, pola hidup yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi pertumbuhan katarak pada retina mata.
Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengantisipasi gejala katarak sejak dini seperti mulai melakukan pola makan yang sehat. Anda dapat mulai mengonsumsi vitamin A dan juga vitamin C. Selain itu, makanan yang tinggi antioksidan juga dapat memperlambat pertumbuhan katarak. Pola makanan yang banyak mengandung serat dan sayuran serta buah-buahan dapat mengurangi risiko katarak.
Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk mengenali gejala katarak sejak dini untuk mengantisipasi terjadi katarak di kemudian hari.

Belum ada Komentar untuk "Waspada! Kenali Gejala Katarak Sejak Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel