5 Penyakit Akibat Smartphone yang Digunakan Terlalu Lama



Berbagai macam penyakit akibat smartphone ternyata tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal hal ini cukup penting karena untuk menaja kesehatan anda. Smartphone memang menjadi salah satu benda yang wajib dibawa oleh siapapun, karena dengan hadirnya smartphone inilah mampu memberikan kemudahan bagi anda untuk melakukan komunikasi ataupun menemukan informasi. Sayangnya, penggunaan smartphone yang berlebihan bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit mengerikan.

Daftar Penyakit Akibat Penggunaan Smartphone

Penyakit akibat smartphone ini banyak diremehkan oleh sebagian besar orang, karena mereka belum merasakannya. Jika anda lebih jeli lagi, sudah ada pasien yang mendapatkan sakit lantaran penggunaan smartphone yang berlebihan tersebut. Walaupun kini zaman sudah modern, anda juga harus memahami bagaimana penggunaan smartphone dengan bijak. Untuk melakukan antisipasi lebih dini, berikut ini daftar penyakit akibat penggunaan smartphone yang wajib untuk anda waspadai.

Penglihatan Akan Semakin Terganggu

Saat ini orang yang menderita penglihatan memang semakin bertambah. Jika zaman dulu, gangguan penghilatan ini disebabkan oleh membaca buku dengan cahaya yang minim. Maka sekarang hampir sebagian besar orang yang terkena gangguan penglihatan diakibatkan oleh penggunaan smartphone yang berlebihan. Hal ini tidak lain karena apabila anda terlalu lama menatap layar smartphone maka otot mata anda akan kencang, sehingga menyebabkan mata terganggu.
Dalam dunia kedokteran sendiri, gangguan penglihatan ini juga dikenal dengan istilah computer vision syndrome, dimana gejala awal yang kerap ditunjukan oleh penderitanya adalah mata kering. Untuk melakukan pencegahan hal ini sebenarnya cukup mudah, dimana anda bisa menggunakan smartphone di tempat yang terang dan hindarilah untuk menggunakan smartphone saat sedang tiduran.

Merasakan Sakit Kepala

Penyakit akibat smartphone lainnya yang bisa menyerang seseorang yang terlalu berlebihan mengoperasikan smartphone adalah sakit kepala. Sakit kepala ini sendiiri timbul karena posisi leher dan otot mata yang tegang. Tak hanya itu saja, bahkan kondisi seperti ini bisa menyebabkan timbulnya rabun jauh yang pasti tiidak anda inginkan. Untuk mengurangi terkena risiko gangguan yang satu ini, maka anda harus mendapatkan istirahat yang cukup dan kurangilah menggunakan smartphone.

Pandangan Yang Menjadi Kabur

Terlalu lama dalam menatap layar smartphone ternyata juga bisa mengakibatkan pandangan seseorang menjadi kabur. Hal ini tidak lain karena ketika anda menatap layar ponsel maka otot mata anda akan semakin tegang, sehingga anda kurang fokus dengan baik ketika melakukan pandangan dengan jarak yang berbeda. Kondisi seperti ini biasanya dikenal dengan blurry vision. Untuk mengatasi kondisi yang satu ini, anda bisa memejamkan mata selama 10 detik sebelum fokus ke arah lainnya.
Kelainan Pada Postur Tubuh Anda

Penggunaan smartphone yang terlalu lama dengan kondisi bandan yang tidak betul, maka akan mengganggu postur tubuh anda. Sebagai contohnya apabila anda menggunakan smartphone saat duduk, maka posisi tulang belakang besa membungkuk kedepan. Kelainan yang satu ini biasanya bisa ditemukan pada seseorang diatas umur 40 tahun. Untuk itulah ada baiknya ketika menggunakan smartphone, anda dalam posisi yang benar.

Mampu Mengganggu Pendengaran Anda

Penyakit akibat smartphone yang berikutnya adalah pendengaran anda akan semakin terganggu. Kegiatan mendengarkan musik dengan menggunakan earphone sambil mengoperasikan smartpone, memang menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Sayangnya, jika anda masih melakukan kebiasaan ini maka lama-kelamaan bisa mengganggu pendengaran anda.
Selain itu, penggunaan smartphone yang berlebihan ternyata juga bisa mengganggu kualitas tidur anda. Anda akan lebih sering bergadang karena penasaran dengan isi sosial media anda dan bahkan yang lebih parah ternyata hal ini bisa merusak otak anda. Demikian daftar penyakit akibat smartphone.

Belum ada Komentar untuk "5 Penyakit Akibat Smartphone yang Digunakan Terlalu Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel