Anda Gemar Tertawa? Ini Dia Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Anda



Manfaat tertawa untuk kesehatan penting untuk anda ketahui. Bagi anda yang mudah untuk tertawa, patut berbahagia karena tertawa mempunyai manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya membuat perasaan anda bahagia, tertawa ternyata dapat bermanfaat untuk kesehatan fisik anda. Untuk itu perbanyaklah tertawa agar kesehatan anda tetap terjaga. Apa saja manfaatnya? Mari kita bahas bersama beberapa manfaat tertawa yang dapat kita raih.

Jantung Menjadi Lebih Sehat

Manfaat tertawa untuk kesehatan ternyata dapat dirasakan pada jantung anda. Jantung akan menjadi lebih sehat apabila anda sering tertawa. Bagaimana tertawa dapat membuat jantung lebih sehat? Ini dia penjelasannya. Saat anda tertawa, tubuh anda akan mengeluarkan hormon yang dapat membuat anda bahagia yaitu hormon endorfin. Hormon inilah yang mampu mempengaruhi aliran darah anda. Aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga kerja jantung pun menjadi lebih ringan.
Sudah ada penelitian yang menemukan bahwa tertawa dapat membuat aliran darah anda lebih lancar. Darah menjadi lancar disebabkan oleh pembuluh darah yang akan melebar saat anda tertawa. Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa manfaat tertawa bagi jantung dapat disamakan dengan kegiatan olahraga aerobik. Cukup menariak bukan? Dengan rajin tertawa anda dapat memperoleh manfaat yang hampir sama dengan melakukan aerobik.

Menjaga Tubuh dari Serangan Penyakit

Tidak hanya membuat jantung anda sehat, manfaat tertawa untuk kesehatan juga dapat menjaga tubuh anda dari serangan penyakit. Saat anda tertawa, akan terjadi banyak sekali respon dari tubuh anda. Tidak hanya memproduksi hormon endorfin, ternyata saat tertawa dapat meningkatkan sistem imunitas (kekebalan tubuh) anda. sistem kekebalan tubuh anda meningkat, tentu saja akan membuat anda terhindar dari berbagai serangan penyakit.
Bagaimana bisa saat tertawa dapat meningkatkan sistem imunitas? Inilah beberapa penjelasannya. Tertawa ternyata dapat meransang produksi sel darah putih anda meningkat. Sel darah putih inilah yang berperan untuk melawan serangan berbagai penyakit. Sel darah putih dapat menjadi tameng atau penghalang masuknya bakteri serta kuman penyakit dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari serangan penyakit. 

Meringankan Rasa Sakit

Manfaat tertawa untuk kesehatan salah satunya dapat meringankan rasa sakit. Mungkin beberapa dari pembaca pernah merasakan saat sakit melanda kemudian terdapat hal yang membuat anda tertawa, tanpa anda sadari rasa sakit itu tidak anda rasakan. Ternyata hal tersebut tidak hanya ada rasakan, sudah ada ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Berdasarkan sebuah penelitian dari Swiss menemukan bahwa dengan tertawa dapat meringankan rasa sakit yang sedang anda alami.
Penelitian tersebut dilakukan dengan membuat objek penelitian tertawa selama 20 menit. Selama tertawa tersebut, ternyata ditemukan bahwa tubuh dapat menoleransi rasa sakit yang sedang dirasakan. Hal itu terkait dengan hormon endorfin yang dikeluarkan tubuh. Hormon endorfin membuat otot mengendur dan tubuh menjadi rileks secara alami. Peristiwa inilah yang membuat rasa sakit anda dapat berkurang.
Ternyata tertawa mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Selain membuat anda bahagia, tertawa juga akan menjaga kesehatan anda. Bahkan sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat tertawa dapat disamakan dengan melakukan senam aerobik. Sungguh mengesankan, namun hal itu tidak membuat anda dapat meninggalkan olahraga. Hiduplah dengan bahagia dan rajin berolahraga agar tubuh anda menjadi sehat. Semoga pembahasan tentang manfaat tertawa untuk kesehatan ini dapat memotivasi anda untuk selalu bahagia.

Belum ada Komentar untuk "Anda Gemar Tertawa? Ini Dia Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel