Bukan Saja Serangan Jantung, Kenali Penyebab Sakit Dada Kiri




Penyebab sakit dada sebelah kiri dan kanan ternyata berbeda sehingga penanganan yang dibutuhkan juga berbeda. Pada umumnya, serangan jantung selalu diidentikkan pada rasa sakit dada sebelah kiri. Padahal, sakit dada sebelah kiri bisa menjadi indikasi lainnya, apabila terjadi masalah kesehatan pada tubuh kita.  
Bantuan medis sangat dibutuhkan apabila terasa sakit pada dada, terlebih jika itu diikuti dengan gejala lain yang menjadi tanda adanya penyakit serius. Oleh karena itu, kita harus tahu apa saja indikasi dan penyebab sakit dada sebelah kiri. 

Penyebab dan Gejala Rasa Sakit Dada Sebelah Kiri

Berikut beberapa indikasi yang menyebabkan rasa sakit pada dada sebelah kiri:
1.      Serangan jantung
Jika Anda merasakan sakit pada dada kiri seperti diremas, ditekan dan rasa berat maka Anda perlu waspada. Terlebih jika tidak diiringi nyeri pada ulu hati, Anda mungkin juga akan merasa seperti ditusuk-tusuk hingga mati rasa pada lengan kiri dan merambat pada lengan kanan. Gejala lain berupa sesak napas, rasa begitu lelah, sakit kepala dan keringat dingin. Gejala setiap orang mungkin tidak akan sama dengan orang lain.
2.      Angina
Kondisi ini disebabkan karena pembuluh arteri ke jantung yang makin menyempit sehingga aliran darah tidak normal. Gejala yang biasa muncul adalah sesak napas, kram otot, dan mudah lelah. Umumnya, gejala seperti ini akan terasa setelah Anda melakukan aktivita fisik karena jantung bekerja lebih keras.
3.      Ganggan saluran pencernaan
Apabila banyak gas terbentuk di susu dan belum keluar, maka gas akan menumpuk hingga mendorong usus sehingga muncul rasa sakit pada dada. Biasanya, juga akan disertai gejala perut kembung dan sering bersendawa. Gangguan ini disebut GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) dimana ada aliran balik dari lambung ke kerongkongan, sehingga dapat meruak kerongkongan ataupun nyeri ulu hati akibat asam lambunng.
4.      Masalah pada paru-paru
Infeksi paru bisa menyebabkan pneumonia dan pleuritis. Salah satu gejalanya adalah sakit dada sebelah kiri ketika bernapas. Gejala lain berupa napas terengah-engah dan batuk mungkin akan muncul.

Kapan Harus Memeriksakan saat Sakit Dada?

Sakit dada bisa jadi menjadi indikasi bahwa kita lelah atau terlalu banyak aktivitas. Tapi, karena banyak penyebab lain yang berbahaya, maka kita harus memeriksakannya, terutama saat:
1.      Rasa sakit berlangsung lebih dari 15 menit
2.      Terasa berat, seperti diremas dan tertekan
3.      Diiringi mual, sesak napas, muntah darah dan berkeringat
4.      Menyebar ke punggung, lengan dan rahang
5.      Memiliki risiko penyakit jantung koroner.
Jika Anda merasa sakit pada dada, terlebih pada bagian kiri, maka jangan abaikan begitu saja. Segeralah cari pertolongan, baik pada dokter atau melakukan penanganan lainnya. Penanganan yang tepat pun diperlukan agar bisa diketahui segera apa penyebab sakit dada sebelah kiri.

Pentingnya Penanganan yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan bahwa rasa sakit pada dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh beberapa hal. Sebelum memberikan penanganan, maka kita harus tahu penyebabnya terlebih dahulu, apakah serangan jantung, masalah pencernaan atau lainnya. Dengan demikian, dokter bisa memberikan tindakan yang tepat dengan penyebab sakit dada tersebut.
Apabila dada terasa sakit, cobalah untuk berbaring dan beberapa kali ambil napas pendek. Kendurkan pakaian Anda agar dapat bernapas dengan lega dan minum air putih untuk menenangkan diri. Jika memang sudah biasa muncul, Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri yang mungkin bisa membantu meringankan gejala dan penyebab sakit dada sebelah kiri.


Belum ada Komentar untuk "Bukan Saja Serangan Jantung, Kenali Penyebab Sakit Dada Kiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel