Fakta Mengerikan! Bahaya Setress Akibat Bekerja Terlalu Lama



Bagi orang dewasa bekerja adalah kewajiban, namun tidak semua perduli pada bahaya setress akibat bekerja yang terlalu lama dibiarkan dapat menganggu kesehatan. Tidak sedikit orang yang terlalu asik dan menyukai pekerjaan sehingga tidak memikirkan waktu beristirahat. Beban kerja yang terlalu berat jika terus Anda paksa tubuh untuk bekerja maka tubuh akan rentan setress. Terlebih jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan baik antar sesama teman kantor.
Jika terlalu memaksakan diri Anda dalam setress bekerja bisa saja mengakibatkan banyak gangguan kesehatan untuk diri Anda sendiri. Anda perlu waspada dan tidak menganggap sepele akibat yang ditimbulkan tersebut. Pada kesempatan kali ini kami akan membantu Anda membahas mengenai apa saja akibat setress dari pekerjaan yang terlalu Anda paksakan. Harapannya Anda dapat segera mengatasinya sebaik mungkin. Silakan simak pembahasannya di bawah ini.

Akibat Setress Bekerja pada Fungsi Kerja Otak

Perlu Anda ketahui setress akibat bekerja yang dibiarkan saja ternyata dapat menganggu fungsi kerja otak Anda. Jika Anda membiarkan saja keadaan setress akibat beban kerja yang terlalu banyak dapat membuat setress makin berat. Setress yang terlalu berat dapat membuat fungsi kerja otak Anda tidak dapat bekerja dengan optimal. Keseimbangan materi otak akan terganggu, baik materi putih dan materi abu-abu yang memiliki fungsi dan peran berbeda meski dari sel sama.
Materi putih berfungsi untuk penyampaian informasi yang tersusun oleh selubung saraf myelin. Lalu materi abu-abu tersusun dari neuron dan glia yang berfungsi untuk memproses dan menyimpan informasi yang diperoleh. Jika seorang mengalami stress berat maka komponen materi putih lebih banyak sehingga orang tersebut cenderung sulit memproses dan menyimpan informasi yang harusnya dilakukan oleh otak. Selain itu otak juga akan lebih cepat merespon rasa takut.

Akibat Setress Bekerja pada Kejiwaan

Jika Anda mengalami setress akibat bekerja dan tidak segera diatasi maka kejiwaan Anda juga terancam akan mendapatkan gangguan. Ada banyak gangguan yang disebabkan oleh stress terlalu berat oleh pekerjaan. Diantaranya adalah Anda akan mengalami depresi. Depresi adalah perubahan mood pada seseorang menjadi lebih kelam  dan terus berlangsung dalam waktu lama. Depresi membuat penderita mengasingkan diri dari kehidupan sosialnya serta membuat ia berpikir mengakhiri hidup.
Selain mengalami depresi masalah lain adalah mengalami gangguan bipolar. Penderita bipolar akan mengalami perubahan mood yang selalu berganti-ganti dalam hitungan hari. Terkadang ia akan merasa sangat bahagia dan akan berubah menjadi sangat bersedih. Perubahan ini akan menjadi lebih cepat memburuk jika Anda mengalami setress akibat bekerja yang tidak diatasi dengan baik. Selain itu setress juga dapat mengakibatkan gangguan kecemasan bagi para penderitanya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Setress Akibat Pekerjaan

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab setiap pekerja mengalami stress kerja. Diantaranya adalah lingkungan kerja yang tidak bersahabat, bos yang terlalu menuntut, serta beban kerja yang terlalu sulit dipikul sendiri. Faktor lainnya adalah memaksakan diri terlalu lama bekerja serta mengenyampingkan kebutuhan tubuh yang lain. Terlalu larut dalam pekerjaan tanpa memandang hal lain terutama untuk kebahagiaan diri sendiri adalah pilihan yang sangat salah bagi para pekerja. Anda butuh beristirahat.
Apabila diri Anda sendiri telah merasakan terlalu lelah bekerja dan mulai merasa setress maka Anda perlu melakukan aktivitas lain yang dapat menyegarkan pikiran. Anda dapat merencanakan bepergian dan menikmati alam bebas. Jika tidak Anda juga perlu memberikan waktu untuk tubuh Anda beristirahat serta melakukan olahraga secara rutin. Tidak hanya itu Anda juga perlu menjaga lingkungan sosial Anda. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenaik setress akibat bekerja, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Fakta Mengerikan! Bahaya Setress Akibat Bekerja Terlalu Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel