Ini Dia Bahaya Sering Memakai Sendal Jepit yang Mengancam Anda





Tahukah anda tentang bahaya sering memakai sendal jepit? Sendal jepit pasti tidaklah asing bagi masyarakat Indonesia. Hampir semua orang di Indonesia mempunyai setidaknya satu sendal jepit. Sendal jepit yang simpel dan nyaman untuk dipakai sehari-hari. Akan tetapi, peru anda ketahui bahwa terdapat beberapa masalah yang akan anda temui apabila terlalu sering memakai sendal jepit. Terlebih apabila anda memakainya dalam jangka waktu yang lama. Berikut kita ulas bersama.

Kaki Mudah Terkilir

Bahaya sering memakai sendal jepit adalah kaki anda menjadi rentan untuk terkilir. Hal itu dapat terjadi karena sol sendal jepit tidak sesuai bentuk kaki anda. Sol sendal jepit biasanya lurus tanpa ada lengkungan yang ada pada kaki anda. Hal ini membuat bagian depan kaki bekerja lebih keras dan mencengkeram ke tengah tubuh. Posisi mencengkeram di tengah ini dapat membuat posisi sendal tetap nyama saat berjalan.
Apabila kondisi tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, peluang mengalami kaki terkilir atau kesleo akan semakin tinggi. Untuk menjaga posisi sendal jepit membuat pergelangan kaki menjadi cenderung memutar ke dalam atau keluar. Apabila kontur tempat berpijak tidak mendukung maka dapat membuat kaki kesleo. Untuk itu tidak baik berjalan terlalu lama menggunakan sendal jepit sebagai alas kaki anda.

Mengubah Postur Tubuh

Tanpa anda sadari, bahaya sering memakai sendal jepit dapat mengubah postur tubuh anda. Mengubah postur tubuh erat kaitannya dengan bentuk tulang belakang. Hal itu terjadi karena sol sendal jepit yang lurus dan tidak mengikuti bentuk lengkung kaki. Apabila terlalu seirng memakain sendal jepit akan membuat lengkung kaki menjadi rata. Padahal tugas lengkung kaki adalah untuk menyeimbangkan tubuh anda saat bergerak.
Telapak kaki yang rata bersiko dapat membuat nyeri pada otot kaki, lama kelamaan nyeri akan menjalar ke pinggul dan pinggang. Otomatis tulang belakang akan bekerja ekstra untuk menahan tubuh agar tetap tegak saat berdiri atau berjalan. Tulang belakang dapat berubah bentuk menjadi lebih membungkuk. Apabila terjadi dalam waktu yang lama hal ini tentu dapat mengubah postur tubuh anda.

Tumit dan Telapak Kaki Sakit

Bahaya sering memakai sendal jepit yang selanjutnya adalah membuat tumit dan telapak kaki anda sakit. Sendal jepit memang tidak memiliki sol yang sesuai dengan kebutuhan kaki manusia. untuk itu, apabila anda terlalu sering memakai sendal jepit yang rata dapat membuat tumit dan telapak kaki anda sakit. Tumit serta telapak kaki akan mengalami peradangan. Hal ini terjadi karena tumit dan telapak kaki tidak disangga oleh alas kaki yang tepat.
Hal tersebut membuat urat-urat tendon di telapak kaki tertarik Urat-urat tendon yang tertarik akan membuat tumit dan telapak kaki mengalami peradangan. Peradangan inilah yang anda rasakan sebagai sakit di area telapak kaki, bahkan saat anda memijakkan kaki tanpa alas kaki di lantai. Hal inilah yang dapat terjadi apabila anda terlalu sering memakain sendal jepit.
Itulah beberapa maslah yang dapat anda temui apabila menggunakan sendal cepit terlalu sering. Memakai sandaljepit memang sangat nyaman dan mudah dipakai tanpa aksesoris-aksesoris tambahan. Akan tetapi sendal jepit tidak didesain sesuai dengan kebutuhan kaki manusia. Sehingga rentan untuk menimbulkan masslah bagi kaki anda. untuk itu, sebisa mungkin batasi penggunaan sendal jepit. Semoga dengan artikel tentang bahaya sering memakai sendal jepit ini dapat menambah wawasan anda.

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Bahaya Sering Memakai Sendal Jepit yang Mengancam Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel