Inilah Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan Yang Sering Dilakukan di Kasur



Tanpa disadari, manusia sebetulnya punya banyak sekali kebiasaan buruk bagi kesehatan. Bahkan berbagai hal itu kerap kali dilakukan sehari-hari tanpa sekalipun pernah menyadari kalau sebetulnya buruk. Dan dari berbagai jenis kebiasaan buruk itu, rupanya hal-hal yang seringkali Anda lakukan di kasur termasuk di antaranya.
Tak bisa dipungkiri memang bahwa sebagai manusia, bisa merebahkan tubuh di ranjang usai kegiatan rutin harian adalah sesuatu yang menyenangkan. Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rupanya banyak orang justru tanpa sadar telah melakukan kebiasaan buruk bagi kesehatan di atas kasur. Seperti apa saja? Intip pembahasannya berikut ini.
Bermain HP Jelang Tidur
Tak perlu malu mengakuinya, Anda tentu sangat suka menatap layar HP jelang tidur bukan? Namun ternyata bermain HP jelang tidur merupakan salah satu kebiasaan buruk bagi kesehatan yang tanpa sadar sering Anda lakukan. Efek yang diberikan adalah cahaya biru dari layar HP bisa menganggu produksi melatonin pada otak dan ritme sirkadian.
Efeknya pola tidur Anda bisa terganggu dan merasakan pusing saat bangun nanti. Bukan hanya itu saja, radiasi elektromagnetik yang dihasilkan HP memiliki peluang untuk memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Sehingga bukan tak mungkin Anda akan rentan terhadap berbagai penyakit yang jelas merugikan.
Menonton TV di Atas Kasur
Bisa menonton TV dari kasur adalah sebuah kenikmatan karena tak perlu ke luar kamar. Terdengar sangat menyenangkan, bukan? Namun rupanya hal ini termasuk salah satu kebiasaan buruk bagi kesehatan yang seharusnya Anda tinggalkan. Sama seperti bermain HP jelang tidur, menonton TV di kasur juga bisa mengganggu keseimbangan hormon melatonin.
Saat Anda menyalakan TV sebelum tidur, alih-alih memejamkan mata, maka terganggunya produksi hormon melatonin bisa membuat Anda susah ngantuk. Anda akan terjaga dan sering bangun yang membuat tubuh tidak bugar ketika bangun. Selain itu, dengan adanya TV di kamar akan membuat Anda cenderung malas bergerak sehingga memicu obesitas hingga diabetes.
Meletakkan Tas di Ranjang
Sering meletakkan tas di ranjang? Tanpa disadari, hal sepele ini justru bisa membuat kesehatan bermasalah. Mungkin Anda tidak tahu bahwa tas bisa berpeluang jadi sarang bakteri. Tas perempuan misalnya, bisa mengandung jutaan bakteri sehingga lebih kotor daripada toilet. Jadi bisa dibayangkan ketika Anda meletakkan tas di ranjang, kuman bakteri bisa menyebar ke tempat tidur.
Ajak Hewan Peliharaan Tidur di Kasur
Pernah mengajak anjing atau kucing kesayangan tidur bersama di kasur? Padahal ini termasuk salah satu kebiasaan buruk bagi kesehatan yang harus dihindari. Karena hewan peliharaan terutama yang sering keluar rumah, bisa menyebarkan penyakit berbahaya seperti pes, rabies, toksoplasma hingga infeksi parasit. Jika kekebalan tubuh Anda lemah, berpotensi terinfeksi.
Makan di Tempat Tidur
Kerap ngemil di atas tempat tidur? Usahakan seberapa malasnya Anda, jangan pernah lagi ulang kebiasaan buruk bagi kesehatan ini. Karena tanpa sadar, remah-remah makanan yang jatuh di atas kasur, bantal, guling dan selimut bisa mengundang hewan pengerat hingga serangga seperti kecoa, semut, tikus atau lalat. Mereka bisa saja menggigit Anda dan jelas mengganggu.
Bagaimana? Termasuk pernah melakukan salah satu dari hal-hal yang sudah diulas? Maka ada baiknya Anda untuk mengubah hal tersebut. Dengan mengganti kebiasaan buruk bagi kesehatan ke arah yang lebih baik, Anda akan memperoleh kualitas tidur yang maksimal sehingga tubuh senantiasa bugar.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan Yang Sering Dilakukan di Kasur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel