Ketahuilah Ini Dia Bahaya Olahraga Berlebihan yang Dapat Mengancam Hidup Anda





Bahaya olahraga berlebihan harus anda ketahui. Melakukan olahraga yang berlebihan ternyata mempunyai dampak yang membahayakan. Pandangan masyarkat umum pastilah orang-orang yang gemar berolahraga akan memiliki tubuh yang sehat. Akan tetapi olahraga justru dapat menjadi bomerang bagi anda apabila dilakukan secara sembarangan dan berlebihan. Apa saja dampak negatif dari olahraga yang berliebihan? Mari simak pembahasan berikut.
Menyebabkan Rhabdomyolysis
Bahaya olahraga berlebihan adalah dapat menyebabkan rhabdomyolysis. Rhabdomyolysis adalah kerusakan yang terjadi pada otot. Melakukan olahraga yang berlebihan, organ yang paling merasakan dampaknya adalah otot. Otot akan mengalami stres hingga kerusakan otot, dan dalam kondisi serius dapat membuat otot mengalami mati rasa. kerusakan pada otot dapat berdampak pada organ ginjal dan juga jantung. Kedua organ ini adalah organ yang sangat penting bagi makhluk hidup.
Pengaruh untuk ginjal berhubungan dengan proes penyaringan darah. Kerusakan pada otot akan membuat pigmen mioglobin dalam otot terlepas dan masuk ke dalam darah. Pigmen inilah yang dapat menghalangi struktur penyaringan yang dilakukan ginjal. Hal inilah yang disebut gagal ginjal sehingga ginjal dapat mengeluarkan zat beracun ke dalam darah. Pada tahap yang lebih akut, aliran darah beacun ini dapat membuat resiko serangan jantung lebih tinggi. 
Sistem Kekebalan Tubuh Menurun
Tujuan seseorang berolahraga pastinya untuk membuat tubuh sehat dan terhidar dari berbagai penyakit. Namun pada kenyataanya bahaya olahraga berlebihan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Hal itu dapat terjadi sebagai akibat apabila anda berolahraga secara berlebihan tanpa menghiraukan waktu istirahat untuk tubuh. Tubuh manusia, diciptakan untuk beristirahat di malam hari untuk mengisi kembali energi yang akan digunakan esok hari.
Tubuh harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk menjadi sehat. Terlebih setelah kelelahan berolahraga. Pada umumnya tubuh yang kelelahan akan memulihkan kondisi tubuh dengan cara berisitirahat di malam hari. Maka hal itu berbeda apabila anda sudah kecanduan berolahraga sehingga membuat anda susah tidur di malam hari. Hal itu dapat menyebabkan sistem munitas tubuh menurun secara berangsur-angsur. Sehingga tubuh mudah terserang penyakit.
Tanda Anda Sudah Berolahraga secara Berlebihan
Mengingat bahaya olahraga berlebihan yang dapat mengancam hidup seseorang. Alangkah baiknya anda mengetahui tanda-tanda yang direspon tubuh apabila anda sudah melakukan olahraga yang berlebihan. Tanda yang ditimbulkan apabila anda sudah berolahraga secara berlebihan adalah kelelahan yang sangat anda rasakan, nafsu makan menurun atau bahkan tidak mau makan, linglung, hingga tidak fokus lagi. Pertanda lain dapat dilihat apabila anda sudah mengalami gangguan koordinasi gerak dan juga sudah mengalami kram otot.
Apabila anda sudah mengalami beberapa tanda di atas. Maka anda harus segera menghentikan aktivitas olahraga dan segeralah beristirahat. Jangan sampai anda memforsir tubuh anda untuk terus berolahraga dalam keadaan sudah tidak sanggup untuk berolahraga. Hal itu dapat mengurangi resiko yang lebih berbahaya yang disebabkan oleh olahraga berlebihan. Segera datangi ahli kesehatan apabila keadaan anda semakin memburuk.
Olahraga yang berlebihan memang sangat berbahaya untuk. Dampak terburuk dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia. Tentu anda harus mengindarinya. Jangan sampai olahraga yang bertujuan untuk membuta tubuh anda sehat justru dapat membahayakan tubuh. Untuk itu berolahragalah secara teratur namun dalam batas yang sewajarnya. Olahraga teratur dan secukupnya tentu akan mengurangi bahaya olahraga berlebihan yang mematikan.

Belum ada Komentar untuk "Ketahuilah Ini Dia Bahaya Olahraga Berlebihan yang Dapat Mengancam Hidup Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel