Metode Melahirkan Terbaru! Fakta Water Birth Wajib Anda Ketahui





Water birth merupakan istilah yang mungkin masih asing ditelinga Anda dan juga Anda belum mengetahui mengenai fakta water birth. Mungkin sebagai ibu Anda pernah mendengar istilah water birth. Water birth adalah salah satu metode persalinan yang dilakukan di kolam persalinan yang diisi dengan air hangat. Sebelum Anda berpikir akan melakukan persalinan di dalam air sebaiknya Anda ketahui dulu faktanya.
Meskipun water birth menawarkan kenyamanan yang lebih pada saat proses persalinan, karena dilakukan di dalam air tetapi water birth juga mempunyai berbagai resiko yang harus Anda pertimbangkan. Ketika Anda akan melakukan water birth karena metode ini tidak biasa, sehingga harus menggunakan persiapan yang matang dan banyak. Jika dilihat lagi di Indonesia juga masih sangat jarang rumah sakit yang menyediakan water birth ini.
Beberapa orang perempuan memilih melahirkan di air karena menganggap bahwa, bayi yang berada di kantung ketuban selama 9 bulan akan lebih lancar lahir di lingkungan yang sama lembutnya. Mungkin belum banyak yang tahu rasanya melahirkan di air. Berikut fakta-fakta water birth yang perlu Anda ketahui.
Manfaat water birth tidak hanya dirasakan oleh sang bayi tetapi juga dapat dirasakan oleh sang ibu. Water birth bisa mengurangi stress dan komplikasi bagi sang ibu yang akan melahirkan. Water birth juga tetap membutuhkan pengawasan dari tenaga medis.

Fakta Water birth

Ketika sang ibu masuk ke dalam bak berisi air hangat, perlahan-lahan Anda akan merasa tenang, nyaman, dan santai. Dan pada tahap akhir persalinan, air hangat tersebut terbukti meningkatkan energimu untuk melahirkan. Selain itu, juga fakta water birth lainnya adalah efek daya apung air dapat mengurangi berat badan Anda, sehingga Anda bisa bergerak dengan bebas jika merasa kurang nyaman dengan posisi tertentu.

Manfaat Water birth

Faktanya water birth bisa meningkatkan kontraksi uterus dan sirkulasi darah Anda agar lebih baik karena daya apung air tersebut. Sehingga sirkulasi yang baik tersebut menghasilkan oksigenasi lebih baik pada otot-otot Rahim yang akan mengurangi rasa sakit dan bayi juga bisa mendapatkan banyak oksigen yang baik. Selain itu, berendam dalam air hangat akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena cemas.
Air hangat juga bisa mengurangi hormone stress karena akan mengahsilkan hormone endorphin yang menghambat rasa sakit pembukaan. Air hangat ini juga berfungsi untuk membuat perineum yaitu area kulit liang vagina dan anus menjadi lebih elastis dan relaks, sehingga mengurangi risiko jahitan akibat sobekan yang parah.
Manfaat lainnya dari fakta water birth bermanfaat adalah persalinan akan terasa rileks baik secara fisik maupun mental. Air hangat itu bisa mengurangi kecemasan dan ketakutan tentang melahirkan dan persalinan dalam air pun dapat lebih memberikan privasi.

Keamanan Water birth Pada Tahap Kedua Persalinan Mungkin Berbahaya

Fakta Water birth yang mungkin perlu Anda ketahui bahwa pada tahap kedua persalinan water birth tidak lagi aman untuk bayi Anda. Hal ini disebabkan karena pada tahap persalinan kedua serviks Anda sudah benar-benar terbuka lebar dan siap menjadi jalan keluar sang bayi.
Dokter akan lebih menyarankan untuk berada di luar air pada saat tahap kedua persalinan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan penanganan, jika terjadi suatu hal seperti  ternyata Anda harus melakukan operasi Caesar secara mendadak.
Silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda jika ingin melakukan persalinan di air. Fakta water birth yang terpenting adalah tidak semua ibu bisa melahirkan di air, harus ada syarat yang Anda penuhi untuk bisa melakukan persalinan di air.

Belum ada Komentar untuk "Metode Melahirkan Terbaru! Fakta Water Birth Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel