Tenggorokan Panas saat Hamil? Lakukan Cara Aman Berikut Ini




Tenggorokan panas saat hamil menjadi salah satu kondisi yang sering terjadi karena berbagai perubahan dalam diri sang ibu. Perubahan kondisi tubuh memengaruhi kekebalan ibu hamil sehingga berisiko terhadap berbagai penyakit, seperti flu, infeksi sinus, pneumonia, bronkitis ataupun sakit tenggorokan. Kondisi semacam ini pastinya membuat para ibu merasa khawatir akan kesehatan janin di dalam kandungannya.
Sebagai seorang ibu, Anda harus tahu apa saja perubahan yang terjadi dalam diri Anda. Bagaimana cara menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, dan bagaimana cara mengatasi tenggorokan panas yang seringkali membuat para ibu hamil merasa khawatir.

Penyebab Tenggorokan Panas pada Ibu Hamil

Tenggorokan panas yang dirasakan oleh ibu hamil biasanya disebabkan oleh beragam hal, seperti alergi, penyakit asam lambung, asma ataupun polusi bahan kimia. Sedangkan menurut seorang asisten profesor obstetrik dan ginekologi, rasa panas pada tenggorokan ibu hamil disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.
Virus menjadi penyebab utama munculnya rasa nyeri atau panas pada tenggorokan. Biasanya infeksi virus ini disebabkan oleh virus yang sama dengan penyebab pilek dan flu. Sedangkan infeksi bakteri disebabkan oleh bakteri streptococcal pada tenggorokan dan tonsil sehingga terjadi iritasi, peradangan, dan juga sakit tenggorokan seketika atau parah. Alergi juga bisa menjadi penyebab tenggorokan panas saat hamil. Beberapa tipe bakteri dapat menyebabkan penyakit serius. 

Gejala Lain Selain Tenggorokan Panas

Rasa panas atau nyeri pada tenggorokan menjadi gejala utama, jika memang ada yang bermasalah dari tenggorokan Anda selama hamil. Pada kasus tertentu mungkin akan muncul gejala lain yang menyertainya. Anda harus lebih waspada apabila terjadi gejala lain tenggorokan panas saat hamil berikut ini:
·       Terasa sakit saat menelan
·       Demam
·       Sakit kepala
·       Peradangan pada tenggorokan
·       Sakit perut
·       Lemas dan kelelahan
·       Tonsil bengkak dan memerah
·       Sesak napas
·       Hilang nafsu makan
·       Batuk
·       Ada bintik-bintik putih pada tenggorokan atau tonsil
·       Leher bengkak akibat pembesaran kelenjar getah bening.
Semua gejala di atas tidak selalu muncul ketika Anda mengalami sakit pada tenggorokan. Namun, Anda bisa menjadikan gejala tersebut sebagai indikasi bahwa ada yang salah pada kesehatan dan Anda harus segera memeriksanya. 

Cara Mengatasi Rasa Panas pada Tenggorokan Ibu Hamil

Ketika terjadi masalah pada kesehatan, termasuk rasa panas pada tenggorokan, ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam memilih obat. Beberapa kandungan obat bahkan tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena dapat berbahaya untuk kesehatan janin. Berikut ini cara mengatasi tenggorokan panas saat hamil dengan aman:
1.      Jika kehamilan masih berusia 3 bulan, hindari mengonsumsi segala obat. Tapi, jika sudah lebih dari 3 bulan, lebih baik memilih obat yang hanya fokus pada penanganan satu kondisi saja, bukan untuk berbagai penyakit sekaligus. Anda juga harus menghindari obat seperti aspirin, codeine, naproxen dan antibiotik Bactrim.
2.      Hindari obat-obatan herbal karena jenis tertentu bisa berbahaya untuk kesehatan janin.
3.      Paracetamol bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan, meskipun masih membutuhkan bukti lebih lanjut.
4.      Rasa sakit atau panas pada tenggorokan akibat bakteri bisa mengonsumsi antibiotik dan kemudian istirahat dengan cukup.
5.      Secara alami, Anda bisa menggunakan campuran madu dan lemon kemudian diseduh dengan air hangat. Selain itu, Anda bisa menggunakan larutan garam untuk berkumur.
6.      Ibuprofen tidak disarankan untuk kehamilan trimester terakhir.
Kondisi hamil memang rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, sehingga Anda harus bisa menjaga pola makan dan tidak terlalu banyak melakukan kegiatan, terutama kegiatan berat. Mengonsumsi obat pun tidak boleh sembarangan dan Anda harus berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu, termasuk saat tenggorokan panas saat hamil.

Belum ada Komentar untuk "Tenggorokan Panas saat Hamil? Lakukan Cara Aman Berikut Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel