Tips Gunakan Earphone dengan Benar agar Tidak Membahayakan Pendengaran




Tips gunakan earphone sangatlah bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya kerusakan pada sistem pendengaran kita. Earphone seringkali digunakan untuk mendengarkan musik, menelpon, bermain gim ataupun aktivitas ponsel lainnya. Meskipun sering digunakan, masih banyak orang yang salah dalam penggunaannya sehingga bisa membahayakan pendengaran. Lantas, bagaimana cara menggunakan earphone yang benar dan aman?

Alasan Mengapa Volume Kencang Earphone Dapat Merusak Pendengaran

Sebagian besar orang lebih suka menggunakan earphone ketika mereka ingin mendengarkan musik. Pasalnya, musik bisa membuat kita lebih fokus terhadap suatu pekerjaan atau tugas. Seringkali, kita mengencangkan volume musik agar tidak terganggu dengan suara di luar. Tapi, apakah Anda tahu jika kebiasaan ini dapat merusak pendengaran Anda?
Penelitian yang dilakukan oleh MRC Instutite of Hearing Research mengungkapkan jika rata-rata volume suara musik yang digunakan biasanya sekitar 95-105 dB. Jika volume menghasilkan lebih besar dari 105 dB, maka suara tersebut sudah dikategorikan sebagai polusi suara. Coba bandingkan dengan suara ketika kita mengobrol dengan teman di sebelah, maka hanya menghasilkan 60 dB. Sedangkan, suara petir mencapai 120 dB yang bisa merusak pendengaran dalam waktu 9 detik.
Apabila suara kencang ini terus diperdengarkan, bisa menyebabkan kelelahan pada sel-sel sensoris dalam telinga yang berfungsi sebagai penangkap sinyal suara. Gejala yang mungkin kita rasakan adalah berdengung dan pendengaran menjadi tidak jernih. Biasanya, gejala ini akan menghilang setelah kita mengistirahatkan telinga atau melakukan tips gunakan earphone ini. Namun, jika hal ini terus berlangsung tentunya tidak baik untuk pendengaran.

Perhatikan Kebersihan Earphone

Banyak orang yang tidak tahu ternyata earphone bisa juga kotor sehingga harus dibersihkan secara rutin. Penelitian Chiranjay M dan timnya menunjukkan jika earphone yang kotor biasanya mengandung 68% bakteri yang menempel. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membersihkan earphone secara berkala untuk menghilangkan bakteri yang menempel sebagai tips gunakan earphone yang benar.
Terlebih jika earphone sering dipinjam-pinjamkan pada orang lain, maka bisa menjadi  ladang bakteri sehingga risiko terkena infeksi telinga semakin tinggi. Infeksi ini sering disebut sebagai otitis eksterna. Gejala yang timbul berupa rasa nyeri dan mengeluarkan bau tak sedap. Jika infeksi ini sudah terjadi, maka Anda harus segera memeriksakannya pada dokter THT.

Cara Aman Menggunakan Earphone

Mendengarkan musik memang menjadi hobi bagi kebanyakan orang, terlebih ketika kita sedang melakukan olahraga, belajar atau aktivitas lainnya yang sering menyebabkan kebosanan. Anda bisa mendengarkan musik melalui earphone dengan memperhatikan tips gunakan earphone:
·       Dengarkan musik dengan volume setengah dari volume sekitar.
·       Gunakan earphone maksimal 1,5 jam dalam satu sesi.
·       Berikan waktu telinga untuk istirahat dari penggunaan earphone.
·       Pastikan jika volume musik menghasilkan maksimal 85 dB.
·       Bersihkan earphone secara rutin dan jangan biasakan untuk berbagi atau meminjam earphone.
·       Apabila Anda tidak bisa berkonsentrasi dengan situasi bising tersebut, Anda bisa memisahkan diri dari kebisingan tersebut untuk menenagkan telinga terlebih dahulu.
·       Jangan menggunakan earphone ketika sedang mengendarai, menyeberang, berjalan di jalan raya atau aktivitas lain yang membutuhkan pendengaran jelas.
Memakai earphone sudah menjadi kebiasan bagi kebanyakan orang karena kita bisa melakukan hobi kita untuk mendengarkan musik, bermain gim, ataupun bercengkrama dengan orang tersayang. Namun, Anda juga harus memperhatikan tips gunakan earphone agar sistem pendengaran tidak terjadi kerusakan dan terjaga dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "Tips Gunakan Earphone dengan Benar agar Tidak Membahayakan Pendengaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel