Apakah Kanker Darah Bisa Menular? Simak Fakta Terlengkapnya!



Apa itu penyakit kanker darah? Kanker darah atau yang lebih dikenal dengan nama kanker hematologi merupakan kanker yang mempengaruhi fungsi dari sel darah. Kanker darah biasanya menyerang sumsum tulang di mana darah diproduksi. Ketika seseorang mengalami kanker darah, sel-sel kanker ini mencegah sel darah normal untuk menjalankan fungsi dari sel darah normal.

Penyakit kanker darah adalah salah satu penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan. Gejala leukimia pada orang dewasa seperti tubuh terasa lemas dan mengalami anemia terkadang tidak disadari oleh pengidapnya. Penderita biasanya mengetahui mereka telah mengidap kanker darah ketika telah mengalami ciri ciri kanker darah stadium akhir. Lalu, Apakah kanker darah bisa menular?

Tanda-tanda Penyakit Kanker Darah

Penyakit kanker sel darah ternyata bukanlah jenis penyakit yang menular layaknya penyakit yang disebabkan oleh virus dan jamur. Penyakit ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga manusia yang mengalami yang namanya mutasi genetik.

Mutasi genetik inilah yang membuat sel ganas yang sangat tidak terkendali. Oleh karena itu, bagi Anda yang bertanya apakah kanker darah bisa menular jawabannya jelas tidak. Jadi, Anda pun tidak perlu takut untuk berhubungan dengan mereka yang mengidap penyakit ini. Apa sajakah tanda-tanda dari penyakit kanker darah?

1. Anemia

Anemia bisa terjadi karena sel darah merah yang terus terdesak sel darah putih sehingga tidak mampu mengikat oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh

2. Mudah terjadi pendarahan

Pendarahan terjadi karena trombosit yang semakin terdesak dan tidak mampu membekukan darah ketika luka.

3. Sangat rentan terhadap infeksi

Kemudian, penderita sel darah merah juga sangat rentan mengalami infeksi. Hal ini disebabkan karena sel darah putih yang berlebihan namun belum matang sehingga tidak mampu melindungi tubuh.

Pengobatan Kanker Darah

Cara mencegah kanker darah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Sebenarnya, penyakit leukimia disebabkan oleh pertumbuhan sel darah yang abnormal dan tidak bisa dikendalikan. Faktor lain yang menyebabkan kanker darah adalah paparan radiasi, paparan bahan kimia, faktor genetik, serta adanya kelainan darah.

Sedangkan penyebab kanker darah pada anak diantaranya adalah karena faktor genetik, kelainan bawaan lahir, maupun sistem kekebalan tubuh yang lemah. Leukemia bisa sembuh jika Anda melakukan pengobatan yang tepat. Berikut beberapa pengobatan kanker darah yang bisa dilakukan.

1. Kemoterapi

Pencegahan leukimia bisa dilakukan dengan cara kemoterapi. Kemoterapi dilakukan dengan menggunakan obat anti kanker untuk mencegah serta menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

2. Terapi radiasi

Obat kanker darah selanjutnya bisa dilakukan dengan melakukan terapi radiasi. Pengobatan ini dilakukan dengan menghancurkan sel kanker untuk mengurangi rasa nyeri saat gejala kanker darah muncul

3. Terapi target

Terapi ini dilakukan dengan menggunakan obat-obatn kimia untuk menyerang sel-sel kanker tanpa membunuh sel normal

4. Transplantasi stem cell

Pengobatan terakhir ini dilakukan dengan menanamkan stem cell pembentuk darah yang sehat ke dalam tubuh. Stem cell bisa dikumpulkan dari sumsum tulang belakang, darah tali pusat, serta darah perifer.

Jadi jika ada pertanyaan apakah kanker darah bisa menular, jawabannya tentu saja tidak. Bahkan, penyakit yang dikatakan mematikan ini bisa disembuhkan melalui metode pengobatan yang tepat.

Pengobatan yang paling umum dilakukan untuk mengatasi penyakit kanker darah adalah melalui beberapa terapi. Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan pilihan terapi yang tepat. Setiap pengobatan tentu memiliki efek samping. Maka, pertimbangkan pengobatan yang akan dilakukan.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Kanker Darah Bisa Menular? Simak Fakta Terlengkapnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel