Beberapa Manfaat Kencur Untuk Kesehatan



Manfaat kencur untuk kesehatan ternyata ada banyak. Kencur sendiri menjadi salah satu tanaman herbal yang biasanya juga digunakan sebagai bumbu dapur. Selain dapat menghadirkan cita rasa yang lezat dalam sebuah masakan ternyata kencur ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan anda. Ada segudang manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman herbal ini.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Tanaman herbal ini sendiri biasanya akan tumbuh dengan mudah di daerah tropis ataupun subtropis. Di Indonesia, Anda bisa menemukan dengan mudah tanaman ini. Biasanya digunakan sebagai jamu yang cukup populer. Tanaman yang masih keluarga rimpang ini memang memiliki aroma yang khas. Jika Anda penasaran apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman herbal ini, langsung saja berikut ini manfaat kencur untuk kesehatan. 

Dapat meningkatkan nafsu makan

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari kencur ini adalah dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini memang sudah tidak menjadi rahasia lagi karena sudah ada produk peningkat nafsu makan yang menggunakan bahan alami seperti kencur. Di beberapa daerah di di Indonesia, kencur biasanya diolah menjadi jamu beras kencur.
Beras kencur ini merupakan campuran dari beberapa bahan seperti kencur, gula merah, beras dan asam jawa. Kencur sendiri juga bisa dikonsumsi baik itu untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Untuk orang dewasa sendiri, biasanya dapat digunakan sebagai penambah stamina tubuh. 

Mengatasi peradangan lambung

Manfaat penting berikutnya yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi kencur adalah mampu mengatasi radang lambung. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag maka bisa memanfaatkan tanaman herbal yang satu ini. Untuk mengatasi radang lambung dengan kencur cukup mudah yakni Anda bisa mengonsumsi secara langsung. 

Untuk mengatasi Penyakit Kulit

Jerawat menjadi salah satu masalah yang paling banyak diderita oleh seseorang terutama bagi mereka yang memiliki kebiasaan buruk tidak menjaga kebersihan wajah. Nah kehadiran jerawat ini ternyata juga dapat mengganggu kepercayaan diri seseorang bahkan bisa mengganggu penampilan anda.
Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat tersebut. Salah satunya adalah dengan penggunaan bahan alami seperti kencur. Di dalam kencur sendiri ternyata terdapat kandungan berupa antiinflamasi dan antibakteri yang sangat baik untuk menghambat perkembangan jerawat.
Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, anda bisa memisahkan kencur dari kulitnya. Kemudian haluskan. Langsung Anda bisa mengoleskan kencur tersebut ke area kulit yang berjerawat.

Sebagai obat batuk alami

Batuk bisa menyerang siapapun dan kehadiran batuk ini tentu akan sangat mengganggu tenggorokan anda. Inilah nengapa pasti anda segera mencari cara untuk mengobati batuk ini. Salah satu cara yang bisa anda pilih adalah dengan memanfaatkan kencur. Anda bisa mencampurkan kencur dan garam untuk meredakan batuk anda.

Untuk mengatasi diare

Manfaat kencur untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk mengatasi diare. Hal ini tidak lain karena didalam kencur sendiri terdapat kandungan berupa zat antibakteri dan sitotoksik yang berguna untuk mengatasi diare. Selain itu, kencur juga bisa berfungsi untuk masalah perut lainnya.

Sebagai obat relaksasi

Jika Anda tengah stress menghadapi pekerjaan Anda maka anda bisa mendapatkan manfaat dari kencur. Pasalnya tanaman herbal yang satu ini juga bisa memberikan relaksasi tersendiri bagi anda. Hal ini berasal dari aroma yang dimiliki oleh kencur di mana bisa memberikan Efek menenangkan.
Memanfaatkan bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh anda ternyata juga akan memberikan banyak manfaat. Demikian manfaat kencur untuk kesehatan yang wajib untuk anda ketahui.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Manfaat Kencur Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel