Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Gula Batu untuk Kesehatan



Gula batu merupakan salah satu jenis gula yang di Indonesia, namun ternyata banyak yang belum tahu manfaat gula batu. Gula sendiri merupakan salah satu kebutuhkan pokok masyarakat Indonesia, meskipun kita ketahui bahwa dengan konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes bahkan obesitas. Tahukah Anda, bahwa digadang-gadang gula batu diklaim lebih sehat daripada gula pasir. Benarkah begitu? Simak pembahasannya lebih lengkap berikut ini. 

Mengapa Gula Batu Lebih Menyehatkan?

Manfaat gula batu tidak terlepas dari beberapa kandungan penting di dalamnya. Untuk setiap 5 gram gula batu sendiri memiliki kandungan 20 kalori dan 2% karbohidrat. Selain itu, gula batu juga tidak memiliki kandungan seperti kolesterol, lemak, serat, zat besi, kalsium dan protein. Jadi dalam gula batu hanya mengandung kalori dan karbohidrat saja. Berikut ini beberapa alasan mengapa gula batu lebih baik daripada gula pasir:

·       Gula Batu Tidak Memiliki Lemak Jenuh

Lemak jenuh merupakan jenis lemak hewani yang berpotensi dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga untuk penderita kolesterol memang harus membatasi konsumsi lemak jenuh karena dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan, terutama penyakit jantung.

·       Gula Batu Tidak Memiliki Kolesterol

Kolesterol sebenarnya diperlukan tubuh untuk produksi vitamin D, steroid dan sistem kerja empedu. Namun pada penderita kolesterol tinggi, tentu saja harus membatasi konsumsi yang memiliki kandungan kolesterol. Sehingga gula batu memang cukup baik untuk dikonsumsi.

·       Gula Batu Tidak Memiliki Sodium

Sodium merupakan zat yang penting untuk mendukung keseimbangan cairan serta elektrolit tubuh dan juga menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Akan tetapi, jika tubuh terlalu banyak kandungan sodium dapat menyebabkan risiko tekanan darah tinggi serta dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke dan lainnya. 

Manfaat Gula Batu untuk Kesehatan

Berikut ini ada beberapa manfaat gula batu untuk kesehatan yang mungkin harus Anda ketahui:
1.      Menjaga Kesehatan Pankreas
Gula batu dapat menghasilkan nilai +5 untuk indeks manfaat, sehingga gula batu memang lebih baik dari gula merah dan gula pasir. Konsumsi gula batu secara efektif dapat mencegah risiko penyakit diabetes.
2.      Sumber Energi untuk Tubuh
Gula batu yang mencair dapat menjadi zat yang mudah diserap oleh tubuh sehingga jenis gula ini memang menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.
3.      Aman Untuk Penderita Diabetes
Penderita diabetes tidak perlu khawatir jika mengonsumsi gula batu karena tidak menaikkan kadar gula darah.
4.      Energi untuk Otak
Manfaat gula batu lainnya yaitu dapat mempertahankan energi di bagian otak.
5.      Mengatasi Depresi
Mengunyah gula batu ternyata dapat mengatasi panik dan cemas secara ampuh. Karena gula batu memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi tubuh dan mempengaruhi suasana hati.

Hal yang Perlu Diperhatikan dari Gula Batu

Manfaat gula batu memang cukup baik bagi kesehatan. Namun meskipun begitu, gula batu juga masih memiliki kekurangan yaitu karena kandungan pati yang cukup tinggi. Sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terlalu manis ketika membuat seduhan minuman, maka akan membuat kerusakan pada gigi. Apalagi jika mengonsumsinya dengan cara dikunyah secara langsung.
Oleh karena itu, jenis gula batu memang baik bagi kesehatan. Akan tetapi yang namanya gula tentu saja tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan agar tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan. Nah, semoga informasi tentang manfaat gula batu di atas bermanfaat untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Gula Batu untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel