Berbahaya! Inilah Gejala Tipes yang Mematikan



Gejala tipes yang beragam dianggap berbahaya pada setiap penderita. Tipes sendiri merupakan penyakit demam tifoid. Penyebabnya tidak lain adalah karena infeksi bakteri bernama Salmonella typii. Penyakit tersebut sangat cepat menular. Singkatnya, penularan penyakit tipes ditularkan lewat konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi tinja yang sudah mengandung bakteri. Meski jarang, ada pula kasus penularan tipus yang terjadi akibat terpapa urine terkontaminasi.
Di Indonesia, hampir seratus ribu penduduk yang terkena tipus setiap tahunnya. Oleh karena itu, di dalam negeri penyakit yang satu ini masuk ke jajaran penyakit endemik dan dianggap menjadi permasalahan serius. Banyak faktor yang menyebabkan berkembangnya penyakit tipes. Beberapa diantaranya buruknya sanitasi dan terbatasnya akses air bersih. Agar tidak terlambat penangangan, berikut adalah gejala tipes yang perlu mendapat perhatian Anda.

Gejala Sakit Tipes pada Anak

Anak-anak selama ini menjadi sasaran penyakit tipes meskipun juga bisa menyerang orang dewasa. Biasanya anak usia dini belum mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sempurna sehingga mudah terserang penyakit tipes. Apabila salah langkah, diprediksi tiap satu dari total 5 orang akan meninggal karena penyakit mematikan tersebut. Ditambah lagi tipes juga beresiko memunculkan komplikasi. Perhatikan gejala tipes berikut ini.
  • Demam yang berlebihan mencapai 40 derajat celcius.
  • Penderita mengalami sakit perut disertai diare.
  • Merasa lelah, tetih dan tubuh terasa pegal-pegal.
  • Sakit kelapa berlebihan.
  • Terasa nyeri pada bagian tenggorokan.
  • Penderita mengalami sembelit.
  • Tidak memiliki seleran makan yang baik.
  • Terjadi pembesaran pada limfa dan hati.
  • Penderita merasakan ada lapisan di lidah.
Penyebab Sakit Tipes

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai gejala tipes, penyakit tipes disebabkan oleh adanya penyebaran virus dan bakteri. Bakteri tersebut masuk ke dalam jenis Rickettsia typhi dan R. prowazekii. Bakteri tersebut dapat dicemarkan oleh tinja atau hewan misalnya kuku kucing, kutu dan lainnya. Bahkan manusia lewat rambut juga dapat mencermarkan bakteri ini. Sesuai dengan jenis-jenisnya, berikut adalah faktor penyebab seseorang terserang penyakit tipes. 

  1. Epidemik thypus
Penyakit ini disebabkan karena bakteri Rickettsia prowazeki. Bakteria tersebut ditularkan lewat gigitan kutu rambut ke tubuh manusia. Penyakit ini tergolong sangat berbahaya.
  1. Endemik thypus
Endemik thypus disebabkan karena adanya bakteria Rickettsia prowazeki dan ditularkan lewat kutu loncat pada hewan tikus. Gejalanya lebih ringan dan jarang menimbulkan kematian.

  1. Scrub typhus
Penyakit jenis ini disebabkan karena Orientia tsutsugamushi yang ditularkan melalui gigitan larva tungau pada hewan pengerat. Scrub typhus termasuk penyakit ringan.

  1. Spotted fever
Penyakit ini tampak seperti demam yang ditandai dengan bintik merah pada kulit. Penyebarannya lewat gigitan hewan yang terinfeksi bakteri Rickettsia prowazeki.

Cara Mengobati Sakit Tipes

Penyakit tipes dapat diobati dengan menggunakan antibiotik. Namun, pengobatan dengan antibiotik hanya dapat dilakukan setelah penderita melakukan serangkaian tes darah atau biopsi. Selain pengobatan dengan antibiotik, Anda perlu melakukan beberapa langkah tindakan antisipasi. Hal ini agar penderita tidak mengalami masa-masa kritis. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan setiap penderita tipes.
  • Memperhatikan makanan yang diperbolehkan dan tidak untuk penderita tipes.
  • Selalu mencuci tangan setelah melakukan aktifitas apapun.
  • Sebisa mugkin hindari kontak fisik mengingat tipus adalah penyakit menular.
Pencegahan penularan tipus perlu dilakukan dengan disiplin oleh tiap orang. Bila salah satu anggota keluarga terinfeksi penyakit tipes, maka keluarga harus sigap dalam mengambil tindakan. Baik penanganan mandiri di rumah maupun membawanya ke rumah sakit terdekat. Langkah pencegahan penularan awal bisa diatasi dengan mengenali setiap keluhan dan gejala tipes yang diperlihatkan penderita.

Belum ada Komentar untuk "Berbahaya! Inilah Gejala Tipes yang Mematikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel