Bukan Cuma Lalapan! Ini Dia Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan





Bagi orang Indonesia, manfaat daun kemangi yang sering ditemui adalah untuk lalapan agar makanan lebih terasa nikmat. Selain rasa yang nikmat, daun kemangi juga memiliki aroma yang segar sehingga membuat selera makan meningkat. Jika kita bisa mengolahnya dengan benar, daun ini akan menjadi lalapan atau kudapan yang lezat.
Tidak banyak yang tahu jika daun kemangi menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh, kecuali sebagai lalapan atau kudapan. Dengan mengetahui manfaatnya, kita bisa menggunakan daun kemangi dengan lebih optimal.

Apa Bedanya dengan Basil?

Daun kemangi masih satu keluarga dengan daun mint atau daun basil yang merupakan tanaman rempah penyegar. Hal inilah yang membuat banyak orang sulit membedakan antara keduanya karena memang mirip. Meskipun demikian, ada perbedaan mencolok antara keduanya, yaitu pada bagian tekstur, ukuran dan aromanya.
Tesktur daun kemangi terasa lebih tebal dan ukurannya lebih besar sekaligus gemuk. Berbeda dengan daun kemangi yang lebih tipis dan memanjang. Dalam urusan aromanya, daun kemangi memiliki aroma lebih kuat, seperti limau. Kemangi seringkali digunakan sebagai tambahan bumbu pepes, sedangkan daun basal sering digunakan pada olahan ikan, pasta dan salad.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Sudah banyak orang yang menggunakan daun kemangi sebagai lalapan atau bahan masakan. Meski demikian, tidak banyak yang tahu apa saja sebenarnya manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari daun kemangi:
1.      Meredakan stres
Berdasarkan beberapa penelitian, diketahui jika daun kemangi mampu membantu melindungi jaringan dan organ terhadap stres kimia dari paparan logam berat, polutan industri ataupun aktivitas fisik berat sampai pada tekanan psikologis. Kandungan di dalamnya juga mampu melawan stres metabolik melalui kontrol tekanan darah, gula darah dan kadar lipid.
2.      Menangkal radikal bebas
Daun kemangi mengandung kandungan flavonoid berupa apigenin yang berguna sebagai antiradikal bebas. Mengonsumsi daun kemangi secara teratur ternyata dapat membantu mengurangi risiko neoplasma atau pembentukan dan pertumbuhan tumor dan juga mengurangi risiko kanker hati. Tapi, dibutuhkan penelitian lanjut untuk dapat membuktikannya.
3.      Mencegah DBD
Pasalnya, ekstrak daun kemangi berguna untuk mencegah gigitan nyamuk penyebab DBD, yaitu Aedes aegypti. Kandungan tanin, flavonoid, minyak atsiri, dan saponin yang diketahui bersifat racun bagi nyamuk.
4.      Manfaat lain
Manfaat daun kemangi yang lain adalah memperlancar pencernaan, menghilangkan bau badan dan mulut, menyehatkan kulit serta meringankan peradangan.
Daun kemangi memang memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Namun, setiap manfaat tersebut harus ada penelitian lanjutan agar hasilnya lebih dipercaya dan terbukti.
Tips Menggunakan Daun Kemangi
Beberapa orang lebih suka mengonsumsi daun kemangi secara langsung alias dalam keadaan mentah karena terasa lebih segar. Namun, ada juga beberapa orang yang lebih suka disertakan dalam resep makanan agar rasanya lebih mantap. Terdapat beberapa makanan yang bisa Anda buat untuk menikmati daun kemangi lebih lezat. Salah satunya adalah nasi bakar ikan teri kemangi.
Dalam resep tersebut, biasanya nasi yang digunakan adalah nasi merah yang kemudian dilengkapi dengan sambal ikan teri yang pedas agar lebih nikmat. Sebelum dibakar, masukkan daun kemangi ke dalam nasi sambal teri yang sudah dibungkus daun pepaya. Setelah itu, bakar dengan arang sampai daun berubah sedikit kecoklatan. Rasa lezat dan manfaat daun kemangi akan Anda dapatkan secara bersamaan.


Belum ada Komentar untuk "Bukan Cuma Lalapan! Ini Dia Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel