Hati-Hati! Penderita Diabetes Harus Waspada Risiko Gigi Busuk





Risiko gigi busuk memang menjadi kekhawatiran bagi setiap orang, terutama bagi para penderita diabetes. Sebenarnya, gigi busuk tidak hanya bisa dialami oleh penderita diabetes, tapi juga penderita stroke, ginjal dan jantung. Penyebab utama penderita diabetes memiliki risiko tinggi mengalami gigi busuk adalah karena kadar gula darah yang tinggi. Untuk itu, penderita diabetes harus memperhatikan benar kadar gula darahnya.

Kesehatan Gigi Penderita Diabetes

Penderita diabetes yang belum menjalani pengobatan, kadar gulanya belum terkontrol dengan baik sehingga daya tahan tubuhnya cenderung lemah. Kadar gula darah yang tinggi mampu melemahkan sel darah putih yang bertugas sebagai sistem pertahanan utama tubuh, termasuk pada mulut dan gigi. Jadi, semakin tinggi kadar gula dalam darah, maka makin tinggi pula risiko gigi busuk.
Hal tersebut dapat terjadi karena kadar pati dan gula pada makanan yang dimakan kemudian berinteraksi dengan beberapa jenis bakteri alami dalam mulut, sehingga akan terbentuk plak yang memugkinkan terjadinya lubang pada gigi. Jika gigi tidak dibersihkan secara teratur, plak akan mengeras dan bisa timbul iritasi pada gusi sehingga menyebabkan gingivitis.
Kondisi seperti ini memungkinkan gusi mudah berdarah dan bengkak, bahkan bisa terjadi periodontitis yang akhirnya menghancurkan gigi, tulang dan jaringan lunak di sekitarnya. Bukan itu saja, sakit gusi pada penderita diabetes membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa ditangani dan bisa jadi kondisinya makin parah. Itulah mengapa, penderita diabetes sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dari risiko gigi busuk.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi bagi Penderita Diabetes

Kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga karena jika gigi mengalami masalah, terlebih jika sudah berkaitan dengan sarafnya maka dapat menyebabkan penyakit lainnya. Suatu penelitian membuktikan jika kesehatan gigi dan mulut dapat menyebabkan kompilasi penyakit yang berbahaya. Rongga mulut menjadi salah satu pintu masuk bakteri yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti aerob dan anaerob. Bakteri ini dapat menyebar lewat aliran darah (bakteremia).
Apabila bakteri masuk dalam aliran darah ketika tubuh sedang sehat, maka tidak akan begitu berbahaya. Berbeda saat kesehatan mulut terganggu bisa jadi bakteri akan berkembang berkali-kali lipat. Hal inilah yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan kemudian muncul.

Cara Mencegah Terjadinya Gigi Busuk Bagi Penderita Diabetes

Untungnya, risiko gigi busuk ini dapat dicegah dengan beberapa cara berikut ini:
1.      Kendalikan gula darah
Wajib bagi Anda untuk selalu memantau kadar gula darah dan mengikuti panduan dokter agar tidak terjadi masalah akibat kadar gula darah yang tinggi.
2.      Pilih sikat gigi yang tepat
Pilihlah sikat gigi yang halus dan pasta gigi dengan kandungan fluoride. Sikat gigi sebaiknya diganti tiga bulan sekali dan lakukan gosok gigi secara lembut.
3.      Gosok gigi secara teratur
Setidaknya, Anda harus menggosok dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan menjelang tidur. Tepatnya, setelah makan.
4.      Cukupi kebutuhan cairan
Konsumsilah cairan dengan cukup dan kunyah permen bebas gula agar produksi air ludah terangsang. Paling tidak minumlah air putih minimal 8 gelas tiap hari.
5.      Berhenti merokok
Bagi Anda yang merokok, Anda harus menghetikan kebiasaan ini agar risiko terjadinnya komplikasi diabetes tidak makin parah.
Kesehatan mulut sangat penting untuk dijaga agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit, khususnya bagi penyakit diabetes. Risiko gigi busuk dapat dihidari dengan perawatan gigi yang tepat.


Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati! Penderita Diabetes Harus Waspada Risiko Gigi Busuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel