Inilah Tiga Langkah Mudah Melawan Insomnia




Apakah Anda mengalami insomnia dan ingin mengetahui langkah mudah melawan insomnia? Menurut National Sleep Foundation, 68% dari penduduk dunia di rentang usia 18-29 tahun dan 59% penduduk dunia di rentang umur 30-64 tahun, menderita insomnia. Dari data tersebut bisa dikatakan bahwa penderita insomnia di dunia cukup tinggi. Angkanya berada di atas 50%.
Melihat angka yang cukup tinggi ini, mungkin saja Anda termasuk di dalamnya. Namun, Anda sama sekali tidak merasa menderita insomnia karena tidak mengerti apa pengertian insomnia itu. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud insomnia? Apa yang menyebabkannya dan bagaimana langkah mudah melawan insomnia? Pertanyaan ini mungkin tengah berputar di kepala Anda. 

Apakah yang Dimaksud Insomnia? 

Untuk dapat melawan insomnia, Anda harus tahu apa yang dimaksud insomnia. Insomnia merupakan sebuah gangguan tidur, gejalanya ditandai dengan kesulitan tidur atau untuk tidur pulas, padahal Anda sudah berusaha untuk tidur. Biasanya, seseorang yang mengalami insomnia tidak merasa cukup tidur di malam hari dan saat bangun di hari berikutnya akan merasa lelah dan letih.
Seringnya terbangun di sela-sela tidur membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Hal inilah yang menyebabkan keesokan paginya Anda kelelahan dan mengantuk. Padahal untuk dapat beraktivitas dengan baik di siang hari, Anda memerlukan tidur yang cukup serta berkualitas. Kurang tidur berpeluang menyebabkan kecelakaan kerja dan menurunkan produktivitas. Oleh karena itu, Anda harus segera mencari langkah mudah melawan insomnia.

Jenis-jenis Insomnia 

Insomnia sendiri diberdakan dalam beberapa jenis, sesuai dengan penyebab gejala kurang tidur ini dan lama waktu terjadinya. Berdasarkan penyebabnya, insomnia  dibedakan menjadi insomnia primer dan sekunder. Insomnia primer terjadi bukan karena gangguan kesehatan sedangkan insomnia sekunder terjadi karena suatu gangguan kesehatan. Berdasarkan lama waktu terjadinya, insomnia dibedakan menjadi insomnia akut dan kronis.
Insomnia akut terjadi dalam waktu yang pendek karena disebabkan alasan tertentu seperti gugup menghadapi pernikahan. Insomnia akut biasanya terjadi satu malam hingga beberapa minggu. Sedangkan insomnia kronis terjadi dalam rentang waktu yang panjang karena kondisi psikologi yang kurang baik dan bisa bertahan tiga malam hingga beberapa bulan. Kenali penyebab insomnia Anda dan temukan langkah mudah melawan insomnia.

Tiga Langkah Atasi Insomnia

Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi insomnia. Namun, semua tergantung dari jenis insomnia yang Anda alami. Jika yang Anda derita adalah insomnia akut, maka akan hilang dengan sendirinya setelah waktu kejadian yang membuat Anda gugup terlewat. Lain halnya dengan insomnia jenis lain. Maka dari itu, simaklah empat langkah mudah melawan insomnia berikut:
1.      Perhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi ketika hendak tidur.
Ketika hendak tidur sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang menyulitkan Anda untuk terlelap, misalnya makanan atau minuman yang mengandung kafein.
Terlalu banyak minum sebelum tidur pun dapat membuat Anda terbangun di tengah tidur karena ingin buang air kecil. Meminum alkohol sebelum tidur juga kurang baik, meski menyebabkan kantuk, tapi alkohol juga bisa membuat Anda terbangun di tengah tidur.

2.      Mengubah gaya hidup.
Salah satu langkah mudah melawan insomnia adalah dengan mengubah pola hidup Anda menjadi polah hidup sehat. Konsumsi makanan sehat dan kurangi merokok, bisa membuat Anda lebih nyenyak tidur di malam hari. Meredupkan pencahayaan ketika tidur serta tidak tidur siang terlalu lama juga dapat membuat kualitas tidur malam Anda menjadi lebih baik.

3.      Tingkatkan aktivitas fisik.
Langkah ini adalah yang berdampak paling cepat. Melakukan olahraga setiap hari setodaknya 20 hingga 30 menit secara rutin dalam empat bulan, dapat membuat kualitas tidur Anda semakin baik. Langkah ini merupakan yang paling mudah untuk melawan insomnia.
Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi insomnia. Untuk itu, selalu jaga kesehatan dengan menerapkan 3 langkah mudah melawan insomnia diatas, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Tiga Langkah Mudah Melawan Insomnia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel