Jangan Anggap Sepele! Inilah Bahaya Tidur Terlalu Lama





Waktu tidur yang kurang memang tidak baik namun tidur terlalu lama juga berbahaya jika Anda lakukan setiap saat. Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang cukup dalam artian tidak kurang dan juga tidak lebih. Waktu tidur yang paling ideal untuk setiap orang adalah 8 jam setiap harinya. Anda dianggap tidur kurang jika tidak memenuhi waktu tersebut. Selanjutnya tidur lama itu waktunya adalah lebih dari 9 jam setiap harinya.
Setiap orang pasti menikmati tidur nyamannya dikamar. Berlama-lama berbaring dan memisahkan diri dari kegiatan sehari-hari yang membosankan. Terlebih jika dihari sebelumnya terlalu kurang tidur sehingga Anda berpikiran untuk tidur lama sebagai balas dendam dari waktu tidur yang kurang tersebut. Hal ini justru dapat berakibat buruk untuk tubuh dan kesehatan Anda. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk dilakukan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa hal penting mengenai tidur terlalu lama. Silakan simak pembasannya di bawah ini.

Apa Saja Penyebab Tidur Terlalu Lama?

Jangan heran jika ada banyak orang yang lebih memilih banyak tidur dibandingkan dengan bangun dan mulai beraktivitas. Ada dua faktor yang menyebabkan beberapa orang tersebut menghabiskan waktu yang banyak untuk tidur. Faktor yang paling banyak dialami oleh orang tersebut adalah depresi. Depresi biasanya dirasakan oleh orang dewasa yang merasa hidupnya terlalu banyak masalah dan tidak menemukan titik terang untuk menyelesaikan masalahnya.
Mereka akan lebih memilih lebih banyak tidur untuk menghindari masalah tersebut. Faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab seseorang tidur terlalu lama adalah kebiasaan atau gaya hidup yang tidak baik. Ada sebagian orang yang tidur malamnya selalu kurang sehingga dilampiaskan pada pagi dan siang hari untuk tidur seharian. Lalu bangun kembali pada saat hari mulai gelap. Kebiasaan ini sering pula dikenal dengan kebiasaan nokturnal dan ini perlu dirubah.

Penyakit yang Disebabkan Terlalu Banyak Tidur

Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap hal yang berlebihan pastilah kurang baik. Begitu pula halnya dengan tidur berlebihan. Anda perlu menghindari kebiasaan ini agar tidak mengalami penyakit yang bisa disebabkan oleh kebanyakan tidur. Penyakit parah yang bisa Anda alami etika tidur lama adalah penyakit jantung. Ada penelitian yang membuktikan bahwa wanita yang tidur dalam waktu 9-11 jam setiap malam lebih mudah terkena jantung koroner.
Penyakit lainnya adalah obesitas. Jika Anda tidur terlalu lama akan menghambat metabolisme tubuh untuk bekerja secara optimal. Tubuh butuh bergerak dan beraktivitas yang mencukupi agar metabolisme berjalan lancar. Tidak hanya itu kebiasaan tidur berlebihan ini juga bisa mengganggu kemampuan mengingat seseorang. Fungsi otak Anda bisa berkurang sehingga Anda menjadi pribadi yang cepat lupa dan tentu akan sangat mengganggu.

Solusi Agar Tidak Tidur Terlalu Lama

Apabila Anda terlanjur memiliki kebiasaan tidur berlebihan maka Anda perlu merubahnya dengan kebiasaan yang lebih sehat. Anda dapat secara perlahan berusaha merubah waktu tidur Anda agar normal yaitu 7-8 jam setiap malamnya. Pada awalnya mungkin merubah kebiasaan akan terasa berat namun jika Anda berusaha dan terus konsisten maka kebiasaan buruk Anda akan berubah menjadi kebiasaan yang baik. Tubuh Anda akan secara otomatis terbiasa.
Cara lain yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi konsumsi kafein serta alkohol. Selain tidak baik untuk waktu tidur kedua hal ini juga tidak baik untuk kesehatan. Anda juga disarankan untuk lebih banyak berolahraga untuk mengatasi kebiasaan tidur terlalu lama. Olahraga yang teratur dapat membuat tidur Anda lebih berkualitas dan lebih nyenyak.
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda yang ingin mengetahui bahaya tidur terlalu lama untuk kesehatan Anda, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Anggap Sepele! Inilah Bahaya Tidur Terlalu Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel