Jangan Sepelekan, Inilah Penyakit Autoimun Yang Wajib Dimengerti




Penyakit autoimun adalah sebuah kondisi dimana sistem kekebalan atau sering disebut imun tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Dalam keadaan normal sistem imun tubuh ini bertugas untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit. Namun, pada seseorang yang mengidap penyakit ini sistem imun tubuhnya malah menganggap sel tubuhnya sebagai sebuah ancaman yang menyebabkan penyakit.
Oleh karena itu maka sistem imun membuat antibodi untuk menyerang sel tubuh yang sehat tersebut untuk melindungi dari ancaman “penyakit”. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang lambat untuk didiagnosa sehingga penderitanya cenderung tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit autoimun. Ketika terdiagnosa, biasanya penyakit ini telah sampai ke tahap yang parah sehingga penyakit ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Faktor Resiko Yang Memicu Penyakit  Autoimun

Pada kenyataannya, penyakit ini belum diketahui apa yang menjadi penyebab penyakit autoimun. Namun, ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor resiko bagi seseorang untuk menderita penyakit yang bisa dibilang merupakan salah satu penyakit yang langka. Jenis kelamin merupakan hal pertama yang menjadi faktor resiko dari penyakit ini, wanita ternyata memiliki resiko yang lebih rentan terkena penyakit ini.
Selain jenis kelamin, riwayat penyakit dari keluarga merupakan faktor resiko penyebabnya. pada umumnya seseorang yang terdeteksi mengidap penyakit ini juga memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit tersebut, meskipun jenis penyakit autoimun yang diderita tidak sama, sehingga faktor keturunan dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit langka ini. faktor resiko selanjutnya yaitu lingkungan, seperti tingkat polusi, bahan kimia, cahaya matahari, bakteri dan virus.

Indikasi dan Ciri Penyakit Autoimun

Ternyata ada sekitar lebih dari 80 jenis penyakit yang termasuk ke dalam golongan penyakit langka ini. beberapa diantaranya malah memiliki tanda-tanda atau gejala yang hampir mirip. Pada kasus yang paling umum, gejala penyakit autoimun yang mudah dikenali adalah sebagai berikut,
1.      Mudah merasa lelah.
2.      Selalu merasakan pegal di daerah otot.
3.      Munculnya ruam pada kulit.
4.      Sering demam ringan.
5.      Rambut mudah rontok.
6.      Sulit untuk berkonsentrasi.
7.      Merasa kesemutan pada bagian tangan dan kaki.

Beberapa Penyakit Autoimun Yang Telah Terdeteksi

Meskipun begitu, penyakit autoimun memiliki beberapa ciri spesifik tergantung dari jenisnya dan berikut ini merupakan beberapa contoh penyakit autoimun yang paling banyak diisap oleh beberapa orang dan telah dideteksi yaitu:
1.      Lupus, lupus merupakan penyakit autoimun yang paling terkenal, penyakit lupus ini mempengaruhi hampir keseluruhan dari organ dalam tubuh.
2.      Psoriasis, yaitu merupakan salah satu penyakit autoimun yang menyerang kulit atau lebih dikenal dengan kulit bersisik.
3.      Multiple Sclerosis, merupakan penyakit autoimun yang menyerang syaraf sehingga menyebabkan gangguan keseimbangan serta kesulitan untuk bergerak seperti berjalan.
4.      Diabetes tipe 1, diabetes ini dipicu oleh sistem imun yang menyerang sel yang memproduksi insulin pada organ pankreas.

Cara Mengatasi Penyakit Autoimun

Meskipun belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, namun ada beberapa cara atasi penyakit autoimun yang dapat dilakukan oleh para pengidap penyakit tersebut agar dapat menekan gejala yang ditimbulkan, cara-cara tersebut meliputi,
1.      Menghindari stress dengan rutin melakukan relaksasi.
2.      Mencukupi asupan nutrisi tubuh dengan zat omega 3.
3.      Melakukan olah raga ringan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
4.      Perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi.
Meskipun belum ditemukan cara pencegahan yang efektif untuk mencegah terjadinya penyakit ini, namun sebenarnya penyakit autoimun adalah penyakit yang masih bisa ditangani oleh dokter.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Sepelekan, Inilah Penyakit Autoimun Yang Wajib Dimengerti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel