Kenali Beberapa Gejala Gangguan Paranoid



Ada berbagai macam gangguan mental, salah satunya adalah gangguan paranoid, itulah mengapa pentingnya untuk mengenali gejala gangguan paranoid lebih dini. Paranoid sendiri merupakan gangguan kepribadian di mana penderitanya akan mengalami rasa curiga yang berlebih bahkan tidak percaya dengan orang lain. Apabila gangguan ini dibiarkan maka bisa mengganggu kesehatan para pasiennya.
Bahkan tidak jarang para penderitanya akan mengalami dilusi ketika pemikiran yang dimilikinya tidak rasional bahkan ia juga berpikiran apabila tidak ada seorangpun yang bisa meyakinkan apa yang ia rasakan tidak benar. Penyakit ini sendiri biasanya hanya akan berdampak pada pikiran para pasiennya yang akan mengalami delesi secara terus menerus.

Kenali Gejala Gangguan Paranoid

Gangguan kepribadian ini sendiri memang sangat umum terjadi tetapi biasanya lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita. Gejala ini juga tidak mengenal batasan usia karena biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti pengalaman traumatis. Tetapi seseorang yang memiliki kerabat penderita paranoid memang lebih rentan terkena penyakit ini juga. Untuk melakukan deteksi apakah seseorang terkena paranoid atau tidak, berikut ini gejala gangguan paranoid.

Tidak memiliki kepercayaan Kepada Orang Lain

Gejala utama dari para penderita paranoid adalah mereka tidak mempunyai kepercayaan kepada orang lain. Mereka akan selalu menaruh rasa curiga terhadap orang disekitar mereka termasuk keluarga. Pasiennya biasanya juga akan menganggap Apabila seseorang yang dekat dengannya memiliki motif terselubung. Motif disini bisa diartikan sebagai motif yang jahat yang akan membuatnya celaka. 

Cenderung menarik Diri dari Kehidupan Sosial

Karena para penderitanya mengalami kesulitan untuk percaya kepada orang lain maka biasanya mereka juga cenderung menarik diri dari kehidupan sosial. Mereka akan berpikiran apabila semua orang yang ditemui memiliki motif yang jahat kepada dirinya. Inilah mengapa mereka lebih nyaman untuk menarik diri dari lingkungan sosial.

Enggan untuk Bercerita Kepada Orang Lain

Akibat karena kurang memiliki rasa percaya kepada orang lain maka penderita paranoid biasanya juga enggan untuk bercerita kepada orang lain. Orang yang memiliki paranoid memang memiliki hidup yang normal tetapi memiliki cara berpikir yang berbeda. Umumnya apabila mereka memiliki suatu masalah maka tidak ingin membagikan kepada orang lain karena takut akan disalahgunakan. 

Kesulitan untuk bersikap santai

Karena adanya pikiran yang dipenuhi oleh suatu kecurigaan maka biasanya pasien paranoid ini juga akan sulit untuk bersikap santai. Sebagai contohnya apabila seseorang sedang berada  di kawasan wisata tetapi ada seseorang yang memperhatikannya, maka penderita paranoid biasanya akan langsung merasakan kecemasan dan ingin segera pergi dari tempat tersebut.

Sering mengalami Delusi

Gejala gangguan paranoid yang berikutnya adalah sering mengalami dilusi atau halusinasi yang berlebihan. Biasanya mereka juga seakan-akan mendengarkan suara padahal tidak ada seorang pun di sekitarnya. Ada beberapa delusi yang kerap sekali dialami oleh penderita paranoid seperti delusi kendali, delusi kejar hingga delusi kebesaran. 

Meragukan Adanya Komitmen dan Kesetiaan

Karena rendahnya tingkat kepercayaan para penderita paranoid inilah juga mengakibatkan mereka memiliki komitmen dan kesetiaan yang rendah. Mereka selalu beranggapan apabila orang lain yang mendekatinya memiliki motif tersembunyi yang digunakan untuk menipu mereka. 

Tidak dapat memaafkan dan menyimpan dendam

Adapun gejala penyakit paranoid ini yang juga sering ditemukan pada penderitanya yakni mereka akan menyimpan rasa dendam dan sulit untuk memaafkan. Jika ada seseorang yang menyakiti maka mereka memiliki resiko besar untuk melakukan balas dendam.
Jika beberapa gejala diatas sudah terjadi pada diri anda atau kerabat anda maka segera bawa ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan. Biasanya gangguan ini bisa didiagnosis dengan menggunakan evaluasi fisik ataupun psikologis. Beberapa pengobatan yang populer untuk menyembuhkan penyakit ini adalah psychotherapy atau pemberian obat. Demikian  gejala gangguan paranoid

Belum ada Komentar untuk "Kenali Beberapa Gejala Gangguan Paranoid "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel