Kenali Bentuk Payudara Tidak Sehat sebagai Tanda Masalah pada Kesehatan





Bentuk payudara tidak sehat bisa menjadi indikasi adanya masalah dalam kesehatan tubuh kita. Dengan gejala atau indikasi ini, maka kita bisa segera mengatasinya agar tidak semakin parah. Payudara menjadi bagian penting bagi perempuan karena berguna sebagai sumber ASI untuk sang buah hati. Kita harus bisa menjaga kesehatan payudara agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.
Apabila Anda mengenali bentuk atau tanda-tanda payudara yang tidak sehat, maka Anda tidak boleh menyepelekannya begitu saja. Berikut ada bentuk payudara tdiak sehat atau masalah pada payudara yang bisa menjadi indikasi kesehatan kita.

Adanya Benjolan pada Payudara

Banyak wanita yang merasa takut jika menemukan benjolan pada payudaranya karena sering diidentikkan dengan kanker. Biasanya, bentuk payudara tidak sehat akan lebih menonjol dan padat pada area tertentu saat menjelang dan selama menstruasi, memasuki masa menopause dan ketika hamil atau menyusui. Setelah melewati masa tersebut, biasanya payudara akan kembali seperti semula.
Benjolan pada daerah puting juga sering muncul atau yang sering disebut kelenjar Montgomery. Hal ini wajar-wajar saja. Tapi, Anda harus waspada jika menemukan benjolan yang muncul secara tiba-tiba, belum pernah terjadi sebelumnya. Terlebih jika benjolan makin membesar, mengeras dan tidak hilang dalam waktu lama. Pastikan apakah benjolan tersebut menyebabkan payudara memerah dan terasa sakit. Jika hal ini terjadi, kemungkinan terkena kanker payudara.
Oleh karena itu, kita disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin untuk mendeteksi, apakah payudara kita dalam keadaan sehat atau tidak. Inilah pentingnya mengetahui bentuk payudara tidak sehat.

Payudara dengan Tekstur Kulit Jeruk

Payudara yang sehat atau normal, biasanya memiliki tekstur yang sama dengan kulit bagian lainnya. Tapi, beberapa orang mungkin memiliki payudara dengan guratan halus akibat stretch mark karena mengalami pertambahan berat badan atau sedang hamil. Hal ini masih terbilang wajar. Berbeda jika terlihat lekukan pada kulit yang tidak rata, seperti tekstur kulit jeruk. Bisa jadi Anda mengalami gejala kanker payudara peradangan. Meskipun ada juga kemungkinan karena selulit.
Anda harus lebih waspada, jika tekstur kulit jeruk ini disertai dengan beberapa gejala berikut ini:
·       Ukuran payudara meningkat dengan cepat
·       Puting tiba-tiba masuk ke dalam
·       Kulit cenderung berwarna ungu, kemerahan, merah muda atau memar
·       Terasa sakit, terbakar, berat dan nyeri pada payudara
·       Pembengkakan dan kemerahan
·       Pembengkakan kelenjar getah benih di dekat tulang selangka, bawah lengan atau keduanya.
Selain penyakit tersebut, tekstur kulit jeruk pada payudara juga memiliki kemungkinan terkena limfedema, infeksi tertentu atau efek samping dari operasi maupun terapi akibat penyakit ganas.

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Ketiak

Kelenjar getah bening merupakan sekumpulan jaringan sistem imun yang berguna sebagai penyaring cairan dan penangkap sel-sel berpotensi menimbulkan bahaya pada kesehatan, seperti virus, bakteri dan sel kanker. Apabila sel kanker pada payudara berpotensi menjadi kanker, maka sel tersebut akan menuju kelenjar getah bening pada ketiak. Setelah itulah akan muncul pembengkakan pada bagian ini hingga ke arah payudara.
Benjolan pada ketiak maupun payudara memang menjadi indikasi bahwa terjadi masalah dalam kesehatan kita. Terlebih jika Anda sudah merasakan berbagai gejala payudara yang tidak sehat. Oleh karena itu, setelah Anda mengetahui atau mendeteksi adanya bentuk payudara tidak sehat, segeralah berkonsultasi atau memeriksakan diri pada dokter.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Bentuk Payudara Tidak Sehat sebagai Tanda Masalah pada Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel