Kenali Cara Mencegah Pengapuran Tulang Agar Tetap Aktif Bergerak




Tidak sedikit orang yang belum mengetahui cara mencegah pengapuran tulang dan seperti apakah gejala yang timbul akibat adanya pengapuran tulang ini. Penyakit ini sendiri biasanya terjadi pada seseorang yang telah memiliki umur diatas 65 tahun. Gejala pengapuran tulang yang tidak dideteksi lebih dini maka bisa mengakibatkan kondisi yang lebih parah. Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara mencegah pengapuran pada tulang, di artikel ini akan membahasnya.

Apa itu Pengapuran Tulang?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mencegah pengapuran tulang, terlebih dahulu Anda juga harus mengetahui apa itu pengapuran tulang. Pengapuran tulang dalam dunia medis sendiri dikenal dengan osteoartritis. Penyakit ini sendiri timbul karena tulang rawan yang terdapat pada area sendi sudah mengalami kerusakan. Biasanya diakibatkan karena faktor usia ataupun sering membawa barang berat.
Adanya pengapuran tulang ini biasanya juga akan mengakibatkan adanya rasa sakit, sendi yang terasa kaku, rentang gerak yang terbatas, hingga adanya perubahan penampilan pada sendi. Penyakit ini biasanya sering terjadi pada area sendi tangan, lutut, leher hingga punggung bawah. Dibawah ini beberapa cara mengobati dan cara mencegah pengapuran tulang.

Mengurangi Berat Badan yang berlebih

Salah satu penyebab dari munculnya pengapuran tulang ini adalah adanya berat badan yang berlebih. Seseorang yang memiliki obesitas maka akan lebih beresiko terkena pengapuran ini. Bagi Anda yang tidak ingin terkena penyakit ini maka bisa segera melakukan penurunan berat badan. Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan seperti dengan diet sehat.

Rajin untuk melakukan Aktivitas Fisik

Di era yang serba modern ini, hampir sebagian besar masyarakat tidak melakukan aktivitas fisik yang rutin seperti berolahraga. Padahal olahraga sendiri dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Salah satunya adalah dapat mencegah adanya pengapuran tulang.
Dengan berolahraga inilah maka otot-otot yang terdapat pada area sendi tidak akan mengalami pengapuran dan semakin kuat. Anda bisa mulai mengatur jadwal olahraga anda dengan baik. Tetapi anda juga perlu mengingat apabila tidak berolahraga secara berlebihan karena akan memberikan dampak yang buruk.

Menggunakan Obat Pereda Rasa Sakit

Apabila anda sudah terkena pengapuran tulang maka cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan menggunakan obat pereda rasa sakit. Obat pereda rasa sakit ini sendiri biasanya bisa anda dapatkan melalui resep dokter. Obat ini bisa mengurangi rasa sakit yang muncul akibat pengapuran sehingga Anda bisa lebih nyaman melakukan aktivitas. 

Mengonsumsi Sayuran

Jika selama ini Anda tidak suka mengonsumsi sayuran maka anda bisa segera mengonsumsinya. Pasalnya beberapa jenis sayuran bisa mencegah terjadinya pengapuran tulang. Salah satunya adalah brokoli. Walaupun memiliki rasa yang sedikit pahit, mengonsumsi brokoli mentah ternyata dapat memperlambat adanya osteoartritis.
Tidak hanya itu saja, di dalam brokoli sendiri ternyata juga terdapat sifat anti-kanker karena adanya kandungan sulforphane. Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur inilah maka anda bisa terhindar dari pengapuran tulang. 

Mandi dengan Garam Epsom

Cara mencegah pengapuran tulang berikutnya adalah dengan mandi garam epsom. Cara ini ternyata juga dapat membantu meringankan rasa nyeri yang diderita oleh para penderita pengapuran tulang. Hal ini tidak lain karena adanya magnesium yang terdapat pada garam bisa berguna sebagai anti inflamasi.
Penyakit pengapuran tulang tidak boleh Anda remehkan begitu saja. Jika tidak melakukan deteksi lebih awal maka pengapuran tulang akan semakin parah. Demikian beberapa cara mencegah pengapuran tulang.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Cara Mencegah Pengapuran Tulang Agar Tetap Aktif Bergerak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel