Penyebab dan Cara Mengatasi Stunting Gizi




Stunting gizi merupakan salah satu hal yang dikhawatirkan oleh setiap orang tua. Berat badan si kecil yang tidak sesuai dengan anak seusianya, ataupun tingginya yang jauh dari anak seusianya membuat orang tua terkadang merasa cemas. Stunting gizi seperti ini bisa terjadi karena si kecil kurang mendapatkan gizi yang cukup. Oleh karena itu, orang tua seharusnya menjadi pihak yang paling penting untuk meningkatkan status gizi yang kurang.

Penyebab Stunting Gizi

Stunting gizi sering ditandai dengan perawakan anak yang pendek karena kurangnya nutrisi yang diterima oleh tubuh anak. Bisanya, stunting juga menjadi sebuah bentuk gangguan pertumbuhan pada masa bayi dan anak-anak. Penyebab utama dari kondisi ini adalah kurangnya gizi pada 1000 hari pertama yang dilalui oleh anak. Pengobatan stunting harus segera dilakukan agar tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

Ciri-Ciri Stunting Gizi pada Anak

Ciri-ciri stunting adalah sebagai berikut:
1.     Pertumbuhan melambat
2.     Tanda pubertas melambat
3.     Pertumbuhan gigi terlambat
4.     Wajah anak terlihat lebih muda dari anak seumurannya
5.     Kemampuan fokus buruk dan memori belajar pun kurang

Dampak Stunting Gizi

Stunting gizi menyebabkan dampak yang buruk bagi anak-anak. Cara untuk mengatasinya ialah Anda bisa memberikan susu untuk anak stunting ataupun memberikan vitamin untuk anak stunting. Dampak yang bisa terjadi kepada anak-anak yang mengalami stunting adalah penurunan intelegensia. Prestasi belajar akan menjadi rendah sehingga kesulitan untuk melanjutkan sekolah.
Jika mencari pekerjaan, peluang gagal tes pun akan sering terjadi. Dengan begitu, orang yang mengalami stunting pun akan mendapatkan pekerjaan yang kurang baik. Hal ini mengakibatkan penghasilan menjadi rendah dan tidak bisa mencukupi kebutuhan pangan. Jadi, stunting ini tidak hanya berdampak pada fisik seseorang saja, namun juga akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan serta prestasinya kelak ketika dewasa.

Cara Mengatasi Stunting Gizi

Begitu buruknya dampak dari stunting sehingga banyak sekali pertanyaan tentang stunting dan pencegahannya. Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya stunting?
a.     Cara mengatasi anak stunting bisa dilakukan sejak masa kehamilan. Stunting gizi bisa dicegah saat hamil dengan cara:
1.     Memberikan tambahan makanan kepada ibu hamil untuk mengatasi kekurangan energi
2.     Mengkonsumsi obat tambah darah minimal 90 tablet selama masa kehamilan
3.     Menanggulangi cacingan pada ibu hamil
4.     Menjaga kesehatan ibu hamil
5.     Menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat

b.     Cara mengatasi stunting pada saat bayi lahir
Cara mengatasi stunting berikutnya bisa dilakukan pada saat bayi lahir. Persalinan hendaknya ditolong oleh dokter yang terlatih atau bidan yang telah berpengalaman. Begitu bayi lahir, diharapkan agar ibu segera memberikan ASI kepada bayinya. Inisiasi Menyusui Dini diharapkan bisa berlangsung hingga 6 bulan atau ASI Eksklusif.

c.     Cara mengatasi stunting pada pertumbuhan bayi 6 bulan hingga 2 tahun
Ketika bayi berusia 6 bulan hingga 2 tahun, orang tua bisa memberikan MP – ASI atau makanan pendamping ASI di samping memberikan ASI kepada bayinya. Pemberian ASI bisa dilakukan hingga anak berusia 2 tahun. Jangan lupa, berikan bayi kapsul vitamin A, taburia, hingga imunisasi yang lengkap agar anak-anak terhindar dari masalah stunting.

Ada beberapa zat mikro yang berperan dalam menghindari stunting:

1.     Kalsium
Kalsium berfungsi dalam pembentukan tulang dan gigi. Makanan yang mengandung kalsium diantaranya adalah ikan teri kering, belut, dan susu.
2.     Yodium
Yodium berguna bagi hormon tiroid untuk mencegah gondok dan kekerdilan. Contoh makanan yang mengandung yodium adalah ikan laut dan kerang.
3.     Zink
Zink berfungsi dalam penyembuhan luka dan kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkan sumber zink dari hati, kerang, dan telur.
4.     Asam folat
Asam folat berfungsi dalam periode pembelahan sel dan mencegah anemia. Sumber asam folat bisa didapatkan dari bayam, lobak dan sayur-sayuran
Stunting gizi bisa dicegah sedari dini. Perhatikan hal-hal penting di atas. Hindarkan anak Anda dari stunting dengan menjaganya mulai dari masa kehamilan.


Belum ada Komentar untuk " Penyebab dan Cara Mengatasi Stunting Gizi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel