Sering Pusing Disertai Kepala Berputar? Waspadai Penyakit Vertigo Ringan




Pernahkah Anda mengalami pusing hingga kepala berputar? Anda harus mewaspadai vertigo ringan. Penyakit vertigo memang ditandai dengan gejala yang berbeda-beda. Namun gejala yang paling umum terjadi adalah kepala berputar dan membuat penderita mengalami muntah. Bahkan jika vertigo yang dialami memang cukup parah, maka penderita pun bisa sampai terjatuh.

Dampak vertigo membuat penderitanya terjatuh dan tidak bisa melakukan kegiatan atau aktifitas sehari-hari dengan normal. Rasa pusing berputar itu sendiri baru merupakan gejala vertigo awal yang tidak boleh disepelekan. Anda yang mengalami gejala tersebut harus segera berobat. Jika disepelekan, bahaya vertigo akan menjadi semakin parah.

Penyebab Terjadinya Vertigo

Penyebab vertigo kambuh dan vertigo mendadak bisa terjadi karena berbagai macam kondisi. Berikut beberapa penyebab penyakit vertigo ringan yang biasanya dialami oleh banyak orang.

1. Diabetes

Seseorang yang mengalami penyakit diabetes atau gula darah beresiko untuk mengalami penyakit vertigo ringan.

2. Stroke

Penderita darah tinggi dan stroke juga beresiko untuk mengalami penyakit vertigo.

3. Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan salah satu jenis sakit kepala dan pusing yang sering dialami. Jangan disepelekan karena migrain bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit vertigo ringan.

Penyakit pusing tujuh keliling ini juga bisa disebabkan karena faktor makanan dan minuman. Berikut beberapa jenis makanan penyebab vertigo yang benar-benar harus dihindari.

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi
Asupan makanan yang banyak mengandung garam
Minuman dan makanan yang berkafein
Alkohol
Anggur merah, hati ayam, daging asap, bitah sitrus, keju, susu, dan kacang

Semua jenis makanan tersebut wajib untuk Anda hindari karena bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit pusing tujuh keliling. Lalu, apa saja gejala yang dialami penderita vertigo?

Gejala Terjadinya Vertigo
Penderita vertigo ringan biasanya ditandai dengan gejala-gejala tertentu. Berikut beberapa gejala umum yang dialami oleh penderita vertigo.

1. Mual
2. Muntah
3. Berkeringat
4. Pergerakan bola mata yang tidak normal atau nistagmus
5. Pendengaran menghilang
6. Penurunan kesadaran
7. Anggota tubuh terasa lemas
8. Respon melambat
9. Kesulitan berjalan

1. Penglihatan berbayang

Jika salah satu dari gejala-gejala di atas terjadi pada Anda, Anda bisa segera datang ke dokter. Lalu, apakah vertigo bisa sembuh?

Pengobatan Vertigo

Terapi vertigo atau pengobatan vertigo bisa dilakukan melalui beberapa cara. Penderita penyakit vertigo bisa mengatasi vertigo dengan cara duduk diam ketika merasakan vertigo sedang kambuh. Ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk meredakan gejala vertigo. Namun, semua obat yang akan dikonsumsi sebaiknya atas anjuran dari dokter.

Pengobatan yang diberikan oleh dokter kepada setiap pasien tentunya berbeda-beda. Perbedaan dalam pemberian obat yang diberikan oleh dokter adalah karena tingkat keparahan vertigo yang dialami ole pasien. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi vertigo adalah sebagai berikut.

1. Menghindari posisi membungkuk untuk mencegah kambuhnya vertigo
2. Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi
3. Menggerakkan kepala dengan cara perlahan-lahan
4. Duduk diam sejenak ketika bangun tidur

Ketika Anda baru bangun tidur, jangan terus beranjak. Anda bisa diam sejenak untuk lebih mempersiapkan diri Anda. Jadi, vertigo ringan yang dialami pun tidak akan mudah kambuh. Sebisa mungkin, hindarilah makanan yang menyebabkan terjadinya vertigo. Lakukan pola hidup yang sehat sehingga vertigo akan kunjung membaik. Jangan pernah menyepelekan masalah vertigo karena penyakit ini memang benar-benar dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Belum ada Komentar untuk "Sering Pusing Disertai Kepala Berputar? Waspadai Penyakit Vertigo Ringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel