Waspadai Obesitas! Kenali Penyebab dan Gejalanya Sedari Dini!




Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan yang dihadapi oleh banyak orang di jaman sekarang. Obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun banyak sekali ditemukan kasus obesitas pada anak. Kasus obesitas di Indonesia terus meningkat dengan cepat karena banyaknya orang yang tidak menyadari bagaimana bergaya hidup secara sehat.

Apa pengertian obesitas menurut WHO? Obesitas merupakan masalah kesehatan yang mana seseorang memiliki berat badan yang berlebih. Masalah ini merupakan masalah kesehatan yang terbesar yang dihadapi oleh seluruh dunia. Masalah obesitas nyatanya tidak hanya berpengaruh pada fisik seseorang saja, namun juga berpengaruh pada masalah psikologis seperti depresi dan stress.

Gejala-gejala Obesitas

Gejala obesitas sebenarnya tidak pasti. Kebanyakan orang yang mengalami obesitas terlihat lebih besar atau lebih gemuk. Namun, Anda harus paham bahwa tidak semua orang gemuk itu obesitas dan tidak semua obesitas pasti gemuk. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui bahwa seseorang mengalami obesitas atau tidak.

1. Mengukur BMI atau Body Mass Index

2. Mengukur lingkar pinggang

3. Mengukur rasio lingkar pinggang

4. Mengecek kadar lemak di dalam tubuh menggunakan alat yang bernama Bioelectrical Impedance Analysis

5. Mengukur tebal lipatan kulit menggunakan alat skinfold atau alat ukur kulit.

Setelah semua pengukuran tersebut dilakukan, barulah Anda bisa mengecek apakah Anda benar-benar mengalami masalah obesitas ataukah tidak. Namun, cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah Anda obesitas atau tidak adalah dengan mengukur BMI atau Body Mass Index.

Penyebab Obesitas

Apa saja penyebab seseorang mengalami masalah obesitas? Penyebab obesitas bisa terjadi karena berbagai macam faktor.

1. Genetik
Faktor genetik ternyata menjadi pemicu seseorang mengalami obesitas. Anak dari seseorang yang mengalami masalah obesitas bisa beresiko mengalami obesitas dibandingkan anak yang memiliki orang tua yang memiliki berat badan normal.

2. Junk Food
Konsumsi junk food yang berlebih juga menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas. Maka, hindarilah junk food sebisa mungkin.

3. Penggunaan obat-obatan tertentu
Penggunaan obat-obatan tertentu ternyata bisa mempengaruhi berat badan pada seseorang. Contohnya adalah penggunaan obat antidepresan yang sudah sejak lama dikaitkan dengan masalah obesitas.

4. Stress
Stress dapat memicu hormon kortisol yang merupakan hormon penyebab obesitas. Terlalu banyak stress akan memungkinkan banyak orang mengalami kenaikan berat badan yang sangat pesat.

Cara Mengatasi Obesitas

Penanganan obesitas bisa dilakukan dengan mengubah pola hidup. Pola hidup yang baik adalah faktor utama yang akan membebaskan Anda dari masalah obesitas. Bagaimana pencegahan dan pengobatan obesitas yang dianjurkan?

1. Buatlah target
Cara pertama untuk mengatasi masalah obesitas adalah memiliki niat yang penuh untuk membuat target. Janganlah membuat target secara drastis dalam waktu yang singkat. Jika Anda amembuat target yang terlalu drastis, peluang obesitas pun akan kembali dengan cepat.

2. Sempatkan untuk melakukan aktifitas fisik
Sempatkanlah diri Anda untuk melakukan aktifitas olahraga setiap hari secara rutin. Bagaimanapun juga, semua tergantung dari niat Anda.

3. Catat aktifitas yang akan dikonsumsi
Catatlah aktifitas yang akan dikonsumsi agar Anda mengetahui kebiasaan Anda sehari-hari.

4. Mengetahui kondisi terkini berat badan Anda
Ketahuilah berat badan Anda saat ini. Sadarilah bahwa diri Anda memang memiliki berat badan yang berlebih sehingga Anda harus melakukan diet segera mungkin

5. Konsumsi makanan sehat
Konsumsilah makanan sehat dan hindarilah junk food.

Semua itu bisa Anda lakukan untuk membuat masalah obesitas jauh-jauh dari kehidupan Anda. Segera atasi obesitas dari sekarang jika Anda tidak menginginkan berat badan Anda semakin bertambah.

Belum ada Komentar untuk "Waspadai Obesitas! Kenali Penyebab dan Gejalanya Sedari Dini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel