Anda Berniat Terapi Sel Punca? Cari Tahu Manfaat dan Metode Transplantasinya Di Sini!



Kemampuan teknologi kedokteran dalam memberi solusi pengobatan semakin mengalami kemajuan. Salah satunya, terobosan terbaru untuk mengobati penyakit kronis atau sulit disembuhkan dengan menggunakan sel punca atau stem cell. Apa itu sel punca? Sel punca adalah sel yang belum memiliki turunan dan berpotensi tinggi untuk berkembang menjadi banyak sel berbeda dalam tubuh. Sel ini berfungsi untuk menggantikan sel tubuh yang telah mengalami kerusakan.

Sumber Memperoleh Sel Punca

Pada organ tubuh manusia setiap sel memiliki karakteristik dan peran masing-masing. Sebelum mengalami diferensiasi agar memiliki fungsi tertentu, sel-sel tersebut berasal dari sel punca. Sebagai terobosan pengobatan, dari manakah sel punca di dapatkan? Sel ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, yakni:

1. Sel punca dewasa

Sel punca ini didapat dari sebagian kecil jaringan tubuh, seperti lemak ataupun sumsum tulang. Hasil penelitian terbaru menyatakan bahwa sel punca dewasa pada bagian tubuh tertentu memiliki kemungkinan berkembang menjadi sel anggota tubuh lain. Contohnya, sel otot jantung dan tulang dapat diciptakan dengan mengambil sel punca dari sumsum tulang belakang.

2. Sel punca embrionik

Pengambilan sel punca di dapat dari embrio berusia 3-5 hari, biasanya didapatkan dari proses bayi tabung. Pada umumnya embrio ini baru memiliki sekitar 150 sel. jika dibandingkan dengan sel punca dewasa, sel punca embrionik memiliki kemampuan lebih besar untuk berkembang menjadi beragam sel tubuh(pluripoten). Meski lebih efektif, namun masih ada kontroversi sel punca embrionik dari sisi etis atas pengambilan sel punca dari embrio.

3. Sel punca perinatal

Sel punca ini didapatkan dari tali pusat janin atau cairan ketuban. Cara pengambilannya dapat dilakukan saat ibu melakukan persalinan. Hasil sel punca ini nantinya akan disimpak dengan cara dibekukan di laboratorium. Kemudian sel ini bisa digunakan jika anak yang terlahir mengidap penyakit kelainan darah, seperti leukimia.

4. Sel punca pluripotent

Sel punca ini didapatkan melalui rekayasa genetika. Sel dewasa diprogram ulang menjadi mirip sel embrio dengan karakteristik sel punca melalui teknologi biomolekular. Hasilnya sel ini dapat membelah menjadi sel punca lain atau sel dengan fungsi spesifik pada tubuh.

Manfaat Sel Punca dalam Dunia Medis

Sebagai sel "polos" yang dapat membelah diri untuk menjadi banyak sel dengan karakteristik tertentu, maka sel punca memiliki manfaat berikut:

1. Pengobatan Penyakit Kronis. Beberapa penyakit degeneratif dan end stage, seperti diabetes, stroke, jantung, kanker, parkinson, alzhemeir, dan lain sebagainya dapat disembuhkan dengan sel punca atau stem cell. Hal ini dikarenakan sel punca akan menggantikan sel dan jaringan tubuh yang telah rusak.

2. Bahan penelitian untuk mengetahui keamanan dan efektivitas obat-obatan.

3. Kajian dokter untuk mengetahui sebab munculnya penyakit. Hal ini dilakukan dengan cara mengamati proses kematangan sel punca menjadi sel organ tubuh tertentu.

Cara Pengobatan dengan Sel Punca

Saat ini telah banyak orang yang memilih terapi sel punca sebagai metode pengobatan. Terapi sel punca dilakukan dengan cara transplantasi sel punca dengan menyesuaikan jenis dan tingkat keparahan penyakit, usia, dan kesehatan pasien. Berikut dua jenis metode transplantasi sel punca:

1. Metode Transplantasi sel punca autolog

Metode ini menggunakan sel punca yang berasal dari tubuh pasien sendiri. Kelebihan metode ini memiliki resiko kecil tubuh mengalami penolakan saat menerima sel punca dan proses pembentukan darah terjadi lebih cepat. Namun kekurangannya, dikhawatirkan kanker yang berada dalam sel setelah kemoterapi belum sepenuhnya hilang. Hal ini beresiko mengembalikan sel kanker ke dalam tubuh karena terbawa oleh sel punca yang dimasukkan.

2. Metode Transplantasi sel punca allogenik

Metode ini menggunakan sel punca dari pendonor dan dilakukan pada penderita leukimia, limfoma agresif, atau ketika transplantasi autolog tidak berhasil. Kelebihan metode ini sel punca terbebas dari sel kanker. Sedangkan kekurangannya, dikhawatirkan tubuh menolak sel punca dari pendonor dan pembentukan darah baru juga lebih lambat.

Perlu diketahui, bagi Anda yang berniat untuk menggunakan pengobatan dengan sel punca atau stem cell bahwa tidak semua rumah sakit memiliki izin untuk melakukan terapi sel punca. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 32 tahun 2014, terdapat 11 Rumah Sakit yang telah diberi izin untuk melakukan terapi sel punca, yakni Rumah Sakit Cipta Mangun Kusumo, RS Sutomo, RS Persahabatan, RS Dharmais, RS Sanglah, RS Harapan Kita, RS M Djamil, RS Fatmawati, RS Kariadi, RS Hasan Sadikin, dan RS Sardjito.




Belum ada Komentar untuk "Anda Berniat Terapi Sel Punca? Cari Tahu Manfaat dan Metode Transplantasinya Di Sini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel