Anda Sedang Mengalami Anemia? Berikut Gejala dan Pengobatan yang Tepat


Apakah Anda pernah merasakan sakit kepala berkunang-kunang dan mudah sekali mengalami kelelahan? Hati-hati, keadaan tersebut merupakan gejala umum dari anemia. Apa itu anemia? Anemia adalah keadaan tubuh mengalami kekurangan darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ.

Dampak anemia, penderita akan mengalami kelelahan sehingga tidak dapat melakukan aktivitas secara optimal. Selain itu, apabila tidak ditangani berpotensi menyebabkan komplikasi, diantaranya mudah terinfeksi, gangguan kehamilan, penyakit jantung, bahkan kematian.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa jumlah penderita anemia secara global mencapai 2,3 miliar orang dengan prevalensi tertinggi berada di Asia dan Afrika.

Gejala Umum Tubuh Mengalami Anemia

Anemia memiliki beberapa jenis berdasarkan penyebabnya, namun secara umum penderita akan mengalami gejala anemia berikut ini:

1. Cepat Lelah

Orang yang menderita anemia berarti mengalami kekurangan hemoglobin (protein darah). Padahal hemoglobin berfungsi menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika tubuh kekurangan kadar hemoglobin, maka otomatis oksigen yang diedarkan lebih sedikit. Akibatnya, jantung bekerja keras untuk memindahkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Ini yang membuat penderita anemia menjadi mudah lelah.

2. Kulit Menjadi Pucat

Hemoglobin adalah zat pemberi warna merah dalam darah. Ketika jumlahnya berkurang, maka akan memengaruhi warnanya menjadi pucat. Pada umumnya pucat terjadi pada area tertentu, yakni wajah, bagian dalam bibir, gusi, kelopak bawah mata, dan kuku. Apabila sampai terjadi pucat, berarti anemia yang diderita sudah pada tahap sedang hingga berat.

3. Pusing Berkunang-Kunang

Pusing pada penderita anemia disebabkan kurangnya kadar oksigen yang sampai ke otak. Seseorang akan mengalami pusing terutama ketika berdiri dari duduk atau berbaring.

4. Sesak Napas

Seperti yang terjadi pada organ tubuh lainnya. Kurangnya darah yang mengandung hemoglobin menyebabkan otot kekurangan oksigen sehingga kekuatan untuk melakukan aktivitas. Akibatnya, laju pernapasan meningkat untuk mendapatkan oksigen. Kondisi ini yang menyebabkan penderita mengalami sesak napas meski hanya melakukan aktivitas ringan.

5. Jantung Mengalami Palpitasi (Berdebar-Debar)

Jantung akan mengalami palpitasi atau berdetak cepat ketika seseorang mengalami anemia yang disebabkan oleh kurangnya zat besi. Kadar hemoglobin yang rendah menyebabkan jantung harus bekerja ekstra untuk membawa oksigen, akibatnya jantung berdetak cepat. Pada umumnya kondisi ini akan terjadi jika seseorang mengalami anemia cukup lama.

6. Kulit Kering dan Rambut Rusak

Kurangnya oksigen ternyata juga berdampak pada kondisi kulit dan rambut. Ketika menderita anemia, seseorang akan mengalami kulit kering dan rambut mudah rontok.

7. Mulut Kering Bahkan Bengkak

Gejala lain seseorang mengalami anemia adalah mulut menjadi kering, bahkan bengkak. Ini dikarenakan kurangnya hemoglobin yang membantu kerja otot.

8. Tangan dan Kaki Dingin

Pada penderita anemia yang cukup berat biasanya akan mengalami kedinginan pada tangan dan kaki. Penyebabnya sama yakni kurangnya suplai oksigen ke area tangan dan kaki.

Pengobatan Bagi Penderita Anemia

Pengobatan anemia dilakukan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pengobatan untuk suatu jenis anemia dapat membahayakan bagi anemia jenis lain. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab anemia, agar tidak salah penanganan. Berikut pengobatan anemia berdasarkan jenis penyebabnya:

1. Anemia Akibat Kurang Zat Besi

Mengatasi anemia karena kekurangan zat besi adalah dengan mengkonsumsi suplemen penambah zat besi dan makanan yang kaya akan zat besi. Selain itu, penderita harus terpenuhi kebutuhan vitamin C-nya agar penyerapan zat besi dalam tubuh lebih optimal.

2. Anemia Akibat Kurang Vitamin

Anemia jenis ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B12. Jika tubuh penderita mengalami gangguan penyerapan asam folat dan vitamin B12, maka dapat dilakukan injeksi vitamin B12.

3. Anemia Akibat Terjadi Perdarahan

Apabila seseorang mengalami pendarahan dalam jumlah banyak, sehingga menyebabkan anemia, maka pengobatan pertama yang harus dilakukan adalah mengobati sumber pendarahan. Setelah pendarahan teratasi, selanjutnya dilakukan transfusi darah, oksigen, dan suplemen penambah darah.

4. Anemia Akibat Sakit Sumsum Tulang

Pengobatan anemia jenis ini dilakukan dengan mengobati penyakit sumsum tulang yang diderita. Cara yang dilakukan dapat berupa kemoterapi atau pencangkokan sumsum tulang.

5. Anemia Akibat Efek Samping Obat

Anemia karena efek samping obat dapat diatasi dengan menghindari konsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping hemolysis atau menekan sistem imun yang merusak sel darah

6. Anemia Akibat Sakit Kronis

Tidak ada pengobatan spesifik pada anemia akibat penyakit kronis, karena tergantung jenis penyakit kronis yang mendasarinya. Kuncinya adalah mengobati penyakit kronis yang diderita terlebih dahulu. Namun jika anemia semakin parah, dokter akan melakukan transfusi darah atau injeksi eritroprotein.

7. Anemia Sel Sabit

Anemia sel sabit dapat diobati dengan mengganti sel darah merah yang hancur melalui transfusi darah, suplemen asam folat, dan antibiotik. Selain itu, perlu juga memberikan obat penghilang rasa sakit dan cairan melalui oral maupun intravena untuk mengurangi potensi terjadi komplikasi.

Itulah informasi terkait gejala anemia dan pengobatannya. Hal yang penting dilakukan adalah melakukan pencegahan anemia bagi Anda yang belum terkena anemia atau agar tidak mengalami anemia lagi, yakni mengkonsumsi makanan untuk anemia berupa makanan kaya zat besi (sayuran hijau, buah kering), makanan kaya asam folat (buah-buahan, kacang hijau, kacang merah, gandum, nasi), makanan kaya vitamin B12 (daging, keju, sereal, kedelai), dan makanan kaya vitamin C (tomat, brokoli, jeruk, stoberi, melon). Segera konsultasikan dengan dokter apabila Anda mengalami gejala anemia yang telah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat untuk membantu Anda terhindar dari anemia.


Belum ada Komentar untuk "Anda Sedang Mengalami Anemia? Berikut Gejala dan Pengobatan yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel