Apa itu Flu Tulang? Bahayakah?


Pernahkah mendengar tentang penyakit flu tulang? Flu tulang merupakan nama lain dari Chikungunya. Penyakit ini tidak berarti menyerang tulang, hanya saja gejala flu tulang yang dialami yaitu nyeri yang sangat hebat menyebabkan penderitanya meringkuk, meliuk atau membungkuk untuk menahan rasa sakit yang dideritanya.

Pengertian Flu Tulang

Flu tulang adalah penyakit yang disebabkan oleh virus jenis chikungunya yang berasal dari genus Alphavirus dan family Togaviridae. Virus ini menyerang daerah persendian sehingga diklasifikasikan ke dalam virus rematik. Flu tulang menular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk Aedes aegypti juga merupakan pembawa virus penyakit demam berdarah (DBD), maka bukan tidak mungkin jika seseorang yang terkena gigitan nyamuk ini bisa menderita Chikungunya dan juga DBD.

Gejala Flu Tulang

Gejala flu tulang biasanya dapat dikenali dalam 24 jam setelah terinfeksi dari gigitan nyamuk. Inilah beberapa gejala lainnya yang harus anda waspadai.

1. Demam tinggi hingga 40ÂșC

Demam pada penderita flu tulang tidak memiliki pola yang khusus seperti yang dialami oleh penderita DBD.

2. Muncul bercak dan ruam merah

Ruam atau bercak merah biasanya muncul di daerah tangan dan kaki. Hanya saja tidak semua penderita mengalami hal ini.

3. Mual, muntah dan diare

Mual biasanya dirasakan pada awal terjangkitnya virus flu tulang. Semakin lama, penderita akan merasakan semakin sulit untuk mengkonsumsi makanan, Oleh karena itu, sangat disarankan untuk banyak-banyak mengkonsumsi air putih.

4. Sakit kepala hingga daerah mata terasa sakit

Virus yang menginfeksi dalam tubuh dapat menyebabkan rasa sakit di bagian kepala dan mata yang amat sangat. Sakit ini menandakan bahwa virus telah menyerang bagian syaraf tubuh. Oleh karena itu, tidak jarang penderita mengalami kesulitan untuk bergerak.

5. Nyeri pada persendian

Nyeri pada daerah persendian yaitu sendi lutut, tangan, kaki, jari-jari tangan, jari-jari kaki dan juga tulang belakang. Rasa nyeri yang dirasakan sangat kuat hingga bisa menyebabkan penderitanya tidak mampu berdiri atau bahkan bergerak.

Nyeri sendi yang terjadi pada penderita flu tulang bisa berlangsung sangat lama. Meskipun belum ditemui kasus kematian pada penderita ini, namun kelumpuhan akibat nyeri sendi yang sangat besar dapat menyebabkan penderita tidak mampu bergerak hingga selama beberapa bulan.

Pada umumnya, gejala flu tulang akan berlangsung selama tiga hingga satu minggu. Gejala lain yang menyertai biasanya akan berangsur sembuh atau membaik dalam kurun waktu satu minggu seiring dengan semakin kuatnya perlawanan antibody tubuh. Dalam waktu ini, jika penderita digigit oleh nyamuk lain, besar kemungkinannya virus akan terbawa dan menginfeksi orang lain. Akan tetapi, bagi orang yang pernah sekali terinfeksi virus Chikungunya, maka ia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya.

Pengobatan Flu Tulang

Menurut beberapa sumber, tidak ada pengobatan yang khusus untuk mengatasi infeksi virus ini karena pada dasarnya tubuh akan membuat kekebalan terhadap virus ini sendiri. Hanya saja, pengobatan akan lebih dikonsentrasikan untuk mengurangi gejala demam disertai nyeri tulang. Jika anda positif didiagnosa penyakit flu tulang, maka anda akan disarankan untuk menghentikan segala aktivitas dan istirahat total.

Flu tulang merupakan penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya, oleh karena itu penyakit ini tidak dianggap berbahaya. Hanya saja, beberapa orang yang pernah mengalami sakit flu tulang, merasakan bahwa ngilu di persendian mereka masih terasa hingga beberapa bulan ke belakang, bahkan ada yang bertahun-tahun. Oleh karena itu, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk tulang dan persendian.


Belum ada Komentar untuk "Apa itu Flu Tulang? Bahayakah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel