Apakah AIDS Itu? Simak Penjelasan Berikut Ini


Saat mendengar kata AIDS yang ada dalam pikiran kita mungkin adalah penyakit yang sangat mengerikan dan belum ada obatnya hingga sekarang. AIDS adalah penyakit yang membuat turunnya kekebalan tubuh secara drastis. Dampaknya adalah virus, bakteri, penyakit dan infeksi lain menjadi lebih mudah menyerang tubuh. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya karena HIV menghancurkan sel CD4 yang berperan sebagai kekebalan tubuh.

Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan istilah ODHA. ODHA adalah singkatan dari orang dengan HIV AIDS atau penderita penyakit tersebut dan kebanyakan dari mereka menjadi di kucilkan di masyarakat karena menderita AIDS. AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) tidak bisa disingkirkan dari penderita seumur hidup dan hal inilah yang membuat para penderitanya merasa terpukul.

Gejala AIDS Yang Harus Diwaspadai

Sebelumnya, kita harus tahu terlebih dahulu apa saja gejala AIDS tersebut sehingga bisa waspada dan membagikan informasi ini kepada orang lain. Penyakit ini cukup sulit dideteksi karena tidak bisa langsung terlihat karena sampai gejala bisa terlihat butuh 2 hingga 15 tahun. Hal ini terjadi dengan menyerang kekebalan tubuh dan berakibat munculnya penyakit lain terutama infeksi seperti :

1. Demam

2. Sakit kepala

3. Kelelahan

4. Nyeri otot

5. Turunnya berat badan

6. Kelenjar getah bening yang berada di pangkal paha, ketiak, tenggorokan membengkak

Bila keadaan semakin parah, hal yang dapat timbul sebagai tanda ada virus dalam badan adalah sebagai berikut :

1. Sariawan yang disebabkan oleh luka di lidah atau mulut karena adanya infeksi jamur

2. Terjadinya infeksi di vagina karena jamur yang terus menerus terjadi

3. Sakit radang panggul kronis

4. Sakit kepala atau pusing dan kelelahan ekstrem yang timbul tanpa penyebab yang jelas

5. Berat badan turun drastis hingga 5 kg tanpa diet ataupun olahraga

6. Mudah memar

7. Sering diare

8. Demam dan berkeringat saat malam

9. Kelenjar getah bening mengeras di area pangkal paha, ketiak dan tenggorokan

10. Batuk kering yang tidak kunjung sembuh

11. Sesak nafas

12. Terjadi pendarahan di mulut, hidung, anus, vagina, kulit tanpa penyebab yang pasti

13. Kaki dan tangan mengalami nyeri dan mati rasa yang parah

Penyebab Terjadinya AIDS

Cara penularan virus secara umum adalah adanya kontak dengan darah yang terinfeksi, cairan vagina, air mani, dan ASI dari penderita penyakit tersebut. Beberapa hal ini dapat terjadi melalui:

1. Hubungan seks bebas yang dilakukan lewat vagina, anal, oral tanpa memakai kondom sehingga virus akan lebih mudah menular. Itu mengapa penyakit ini cenderung dianggap sebagai penyakit kotor karena biasanya ditularkan lewat hubungan seks bebas. Orang yang sering berganti-ganti pasangan akan lebih rentan terkena penyakit ini.

2. Pemakaian jarum suntik bekas yang sebelumnya sudah dipakai oleh orang yang menderita AIDS sehingga akan menularkan virus.

3. Menggunakan peralatan tato ataupun body piercing yang tidak disterilkan setelah digunakan pada orang yang terkena HIV.

4. Ibu yang terkena HIV, bayinya juga akan tertular baik itu sebelum kelahiran maupun saat menyusui. Hal ini dikarenakan darah yang terinfeksi tadi secara otomatis akan ada di tubuh bayi dan air susu ibu juga dapat menularkannya. Jadi sangat disayangkan sekali bila anak yang tidak berdosa ikut menanggung penyakit yang timbul karena ibunya.

Itulah beberapa penyebab orang dapat tertular AIDS sehingga Anda tidak boleh menjauhi para penderitanya karena takut tertular. Kontak seperti berjabat tangan, bersentuhan, batuk, bersin, berpelukan, menggunakan toilet dan alat makan yang sama tidak akan membuat orang tertular. Orang yang menderita AIDS membutuhkan support dari orang sekitar, jadi jangan pernah jauhi mereka hanya karena alasan yang tidak dapat menyebabkan tertularnya penyakit.

Pencegahan AIDS

Saatnya sekarang untuk Anda membentengi diri Anda agar tidak terkena AIDS dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

1. Jika melakukan hubungan badan dengan orang yang terkena HIV, gunakanlah kondom

2. Jangan memakai jarum suntik yang sama dengan penderita HIV

3. Jangan melakukan tato ke bagian tubuh dengan peralatan yang belum diseterilkan

4. Melakukan seks tanpa kondom

5. Berganti-ganti pasangan seksual

Sudah saatnya kita membentengi diri kita agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang menyebabkan terjadinya AIDS. Di sisi lain kita juga harus berpikiran terbuka untuk terus merangkul dan memberikan dukungan pada para ODHA. Banyak juga para ODHA yang tertular karena pasangannya yang melakukan seks bebas dengan orang lain, kemudian suami atau istrinya menjadi tertular penyakit tersebut. Mengucilkan mereka hanya akan menambah kesengsaraan hidup, jadi hindari penyebabnya, bukan penderitanya.


Belum ada Komentar untuk "Apakah AIDS Itu? Simak Penjelasan Berikut Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel