Awas! Bahaya TBC Tulang Jangan Disepelekan


TBC tulang adalah serangan bakteri tuberculosis (biasanya menyerang paru-paru) yang bisa menyerang lebih dalam hingga tulang belakang. Ada banyak pemicu timbulnya TB tulang. Beberapa faktor pemicunya adalah tinggal di daerah yang kotor dan kekurangan nutrisi. Selain itu, tinggal di wilayah dengan kasus penyakit tuberkulosis yang tinggi juga bisa menjadi pemicu terkena penyakit TBC tulang.

Orang yang beresiko terkena penyakit ini adalah lansia, orang berimun rendah, penderita kanker, penderita penyakit ginjal stadium lanjut, dan penderita diabetes. Anda harus waspada terhadap bahaya TBC tulang bila tidak segera ditangani dengan benar. Sebab, penyakit ini bisa mengakibatkan si penderita mengalami cacat tulang belakang sehingga mengalami kelumpuhan.

Indikasi TBC Tulang

Gejala penyakit TB tulang adalah:

- Mengalami sakit punggung pada daerah tertentu

- Mengalami demam dan berkeringat di malam hari

- Berat badan menurun

- Bungkuk yang kadang disertai pembengkakan di sekitar tulang belakang

- Tubuh kaku dan tegang

- Penonjolan tulang belakang

- Ada benjolan pada selangkangan akibat abses. Banyak yang mengira ini adalah hernia, padahal bukan.

- Adanya gangguan syaraf
Cara Mencegah TBC Tulang

Anda sebaiknya selalu melindungi diri agar tidak tertular virus TBC yang dapat meluas menjadi TBC tulang. Cara untuk melakukan pencegahan adalah:

- Selalu pakai masker saat bepergian atau berada di tempat penuh keramaian.

- Hindari interaksi terlalu sering dengan penderita TBC.

- Jaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan sebelum makan.

- Pastikan rumah Anda memiliki cukup saluran ventilasi udara.

- Lakukan suntik vaksin dan imunisasi BCG bagi anak untuk mencegah TBC.

- Rutin checkup ke dokter dan diagnosis TBC tulang dengan cara wawancara medis, pemeriksaan darah dan fisik.

- Tes reaksi kulit dengan suntikan antigen TB, MRI atau CT Scan pada tulang, foto rontgen dada dan tulang belakang, serta pengujian sebagian jaringan tulang bila dibutuhkan.

Cara Menyembuhkan TBC Tulang

TBC tulang bisa sembuh bila Anda mendeteksinya sejak dini agar segera mendapatkan penanganan. Anda harus mengonsumsi obat dari dokter secara teratur selama beberapa bulan yaitu obat anti tuberkulosis (OAT) dan antibiotik. Penderita tulang belakang disarankan untuk mengurangi dan tidak menggerakkan tulang belakangnya untuk sementara waktu. Apabila ada komplikasi seperti kerusakan syarat, penderita akan menjalani operasi TBC tulang belakang sebagai upaya penyembuhan.

Anda juga dapat mencoba pengobatan alternatif TBC tulang yaitu mengonsumsi susu fermentasi kefir. Kefir mengandung puluhan bakteri baik berjumlah lebih banyak dibandingkan yogurt. Susu kefit dapat membantu membunuh bakteri TBC dalam tubuh. Agar TBC cepat sembuh, rutin konsumsi makanan bernutrisi penguat sistem imun tubuh untuk melawan masuknya virus dan serangan bakteri.
Makanan Pencegah TBC Tulang

Manusia harus mencukupi kebutuhan nutrisinya setiap hari agar terhindar dari penyakit. Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk mencegah TBC tulang belakang, berikut ini diantaranya:

1. Makanan berkarbohidrat

Karbohidrat menghasilkan energi dalam tubuh. Tubuh manusia membutuhkan banyak energi untuk melawan serangan infeksi oleh bakteri. Bagi penderita TB tulang, perbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat untuk menguatkan tulang belakang.

2. Sayuran dan buah-buahan

Kandungan vitamin dan mineralnya berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu penyebab TBC tulang belakang adalah rendahnya sistem imun tubuh. Konsumsi sayur dan buah secara teratur setiap harinya agar Anda terhindar dari penyakit TBC tulang. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh Anda dengan teratur minum air putih minimal delapan gelas setiap harinya.

3. Makanan berprotein

Protein berkhasiat sebagai pencegah dan pengurang kerusakan pada bagian tubuh yang terinfeksi. Kebutuhan protein hewani dan nabati terdapat pada kentang, kacang-kacangan, keju, susu, dan ikan.

Jika Anda merasakan sakit tidak wajar pada punggung, sebaiknya segera periksa ke dokter. Penting untuk mendeteksi dari awal agar tidak berisiko terkena lumpuh karena TBC tulang. Lebih baik mencegah daripada mengobati.
















Sumber:https://www.alodokter.com/kenali-penyebab-dan-gejala-tbc-tulang-belakang

Belum ada Komentar untuk "Awas! Bahaya TBC Tulang Jangan Disepelekan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel