Berbagai Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah






Daun seledri adalah jenis sayuran hijau yang rendah kalori dan dapat dijadikan sebagai bahan pelengkap menu masakan. Namun apakah Anda sudah tahu, apa saja khasiat daun seledri? Sayuran berwarna hijau ini telah terbukti mampu meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dengan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Khasiat Daun Seledri untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan khasiat daun seledri, Anda bisa merebusnya bersama dengan masakan maupun mengolahnya menjadi jus. Beragam kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya terbukti bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan.

1. Menyembuhkan Rematik

Daun seledri mengandung antiinflamasi dan antibakteri serta vitamin dan mineral yang lengkap. Kandungan nutrisi tersebut mampu meredakan rasa nyeri pada penderita rematik dan juga mampu mengurangi zat purin di dalam persendian. Apabila kadar zat purin di dalam persendian tinggi maka akan memicu peningkatan kadar asam urat.

2. Menurunkan Hipertensi

Tahukah Anda, apa manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi? Mengonsumsi daun seledri secara rutin terbukti mampu menjaga tekanan darah agar stabil. Kandungan zat flavonoid dan nutrisi lain di dalam seledri bisa menurunkan tekanan darah seseorang yang sedang meningkat.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan nutrisi pada daun seledri mampu memecah kolesterol agar tidak menyumbat aliran darah. Selain itu seledri juga mampu mencegah penumpukan kolesterol berlebih pada tubuh. Cara mengolah daun seledri untuk kolesterol sangat mudah. Rebus sebatang seledri dengan segelas air. Kemudian saring air rebusan seledri dan minumlah minimal 3 kali dalam seminggu.

4. Mengatasi Mata Kering

Vitamin A yang terdapat di dalam daun seledri terbukti mampu menyehatkan jaringan retina dan kornea mata. Oleh karena itu dengan mengonsumsi seledri secara rutin bisa meningkatkan ketajaman penglihatan dan mencegah kekeringan mata akibat serangan radikal bebas.

5. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Kandungan zat besi pada seledri yang cukup tinggi mampu mencegah dan menyembuhkan penyakit anemia. Jadi seledri juga aman bagi wanita hamil yang memerlukan banyak zat besi.

6. Menyuburkan Rambut

Seledri juga bisa digunakan untuk menyuburkan rambut. Kandungan vitamin yang cukup tinggi dan lengkap pada seledri mampu menyuburkan rambut yang rusak akibat pemakaian sampo dan paparan sinar matahari. Dengan menggunakan daun seledri sebagai masker rambut, maka akar dan kutikula rambut kembali sehat, akar rambut pun semakin kuat dan rambut tidak mudah rontok.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kecantikan Wajah

Pernahkah Anda melakukan perawatan wajah menggunakan daun seledri? Dengan menggunakan daun seledri untuk merawat kulit, maka Anda akan memperoleh banyak manfaat. Manfaat daun seledri untuk wajah diantaranya adalah.

1. Mengatasi wajah berminyak

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, Anda bisa menggunakan seledri untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah. Rendamlah daun seledri ke dalam air panas yang telah mendidih. Setelah air dingin, masukkanlah ke dalam kulkas. Nantinya air seledri ini digunakan untuk mencuci muka. Namun jangan langsung dibilas, ya. Tunggu sampai kering kemudian baru dibilas dengan air sampai bersih. Lakukanlah cara ini minimal 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat daun seledri untuk wajah yang selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Caranya sangat mudah. Blender daun seledri sampai halus dan membentuk pasta. Setelah itu, balurkan pada wajah yang berjerawat. Diamkan sampai masker mengering, kemudian bilas dengan ar hangat sampai bersih,

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin dan mineral yang lengkap dalam seledri terbukti mampu mencegah penuaan dini. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah. Gunakan pasta seledri sebagai masker wajah. Tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air sampai bersih. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, gunakan secara teratur ya.

Efek Samping Daun Seledri

Sama sayuran yang lainnya, seledri jika dikonsumsi dalam porsi yang banyak juga akan menimbulkan efek samping. Inilah efek samping daun seledri yang wajib Anda ketahui.

1. Apabila seledri dikonsumsi secara mentah dan berlangsung lama, bisa menyebabkan penyakit gondok.

2. Mengkonsumsi seledri dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan munculnya ruam pada kulit. Hal ini dikarenakan seledri mempunyai bahan kimia yang bernama psoralen.

3. Pilihlah seledri yang bebas pestisida, karena dikhawatirkan akan menyebabkan alergi.

Supaya khasiat daun seledri bisa Anda peroleh secara maksimal, maka perhatikanlah porsinya. Mengonsumsi daun seledri dengan jumlah yang berlebih tentunya juga todak baik bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Khasiat Daun Seledri Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel