Cara Mengobati Penyakit Campak



Campak adalah penyakit kulit yang muncul dengan ruam kemerahan di seluruh tubuh. Banyak orang yang belum bisa membedakan antara campak dan cacar. Padahal, keduanya berbeda. Apa perbedaan campak dan cacar? Cacar memunculkan benjolan-benjolan putih atau merah di seluruh tubuh, sedangkan campak berupa ruam kemerahan. Campak sering menyerang anak-anak, tapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Campak dewasa bisa terjadi bila Anda belum diberi vaksin. Penyebab campak adalah serangan virus yang tumbuh di tenggorokan dan paru-paru.

Gejala Campak

Indikasi awal yang muncul adalah terkena demam tinggi hingga bersuhu 40 celcius, mata merah berair, pilek, bersin, batuk tidak berdahak, mata sensitif terhadap cahaya, dan nafsu makan menurun. Beberapa hari kemudian, ciri-ciri terkena campak lain yang muncul adalah ruam merah di telinga, kepala, leher, hingga seluruh tubuh. Ruam kemerahan biasanya muncul empat hari setelah gejala awal.

Komplikasi Penyakit Campak

Anda harus segera menyembuhkan campak, agar tidak menyerang organ tubuh yang penting. Bila tidak segera ditangani, campat dapat berisiko mengakibatkan terkena penyakit bronkitis, infeksi paru-paru atau pnemumonia hingga infeksi otak. Orang yang berisiko terkena komplikasi campak adalah bayi berumur 1-12 bulan, anak-anak bergizi buruk, orang berdaya tahan tubuh lemah, dan orang berpenyakit kronis.

Cara Mencegah Campak

Vaksin MMR berperan penting untuk mencegah campak, vaksin ini adalah gabungan vaksin campak, rubella, dan gondongan yang harus diberikan dua kali, yaitu pertama kali saat bayi berumur 15 bulan, lalu kedua kali saat berumur 5-6 tahun. Jangan lupa untuk memberi anak Anda vaksin MMR dari kecil agar buah hati terhindar dari campak.
Anda juga harus mencegah penularan campak dengan mengurangi interaksi anak Anda dengan teman-temannya. Sebaiknya, Anda tidak membiarkan anak Anda terlalu lama berada di luar rumah dan membatasi interaksinya dengan anggota keluarga yang lain untuk mengurangi penyebaran campak. Biarkan anak Anda libur dari sekolah dan pakaikan masker untuk mengurangi penyebaran campak melalui udara. Pisahkan juga alat mandi anak dari anggota keluarga yang lain agar tidak tertular campak.

Cara Menyembuhkan Campak

Campak dapat sembuh dengan sendirinya, tapi Anda harus segera mengatasi campak agar tidak menular. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan campak pada anak, berikut diantaranya:
1.     Perhatikan waktu istirahat
Jika biasanya Anda mengijinkan anak Anda bermain sampai sore dengan teman-temannya, jangan lakukan hal itu saat anak sakit. Biarkan anak beristirahat dengan cukup untuk memperkuat sistem imun tubuhnya. Batasi jam bermainnya dan biarkan anak Anda tidur. Untuk sementara waktu, sebaiknya temani anak Anda bermain sampai sembuh untuk mencegah penularan campak ke teman-temannya.

2.     Penuhi kebutuhan nutrisi dan kebutuhan mineral anak
Mulut akan terasa pahit saat sakit sehingga makan apapun menjadi tidak enak. Tapi, Anda tetap harus memenuhi nutrisi tubuh anak dengan memberi asupan buah dan sayuran yang cukup. Minuman dingin, makanan yang asin, dan gorengan adalah pantangan penyakit campak pada anak. Pada indikasi awal, demam membuat anak berkeringat sehingga dibutuhkan pengganti cairan tubuh yang cukup. Oleh karena itu, jangan sampai anak Anda dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh.

3.     Mengonsumsi obat penurun demam
Gunakan obat parasetamol dan ibuprofen untuk menurunkan demam anak. Tapi, jangan berikan obat parasetamol kepada anak di bawah 16 tahun karena hal ini bisa menyebabkan sindrom Reye yaitu pembengkakan yang terjadi pada otak dan organ hati. Jangan sembarangan memberi antibiotik tanpa resep dokter. Selain itu, bila Anda ingin memberi suplemen vitamin tambahan untuk menyembuhkan campak pada anak, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter supaya mendapatkan takaran dosis yang tepat.

4.     Obat alami
Selain obat-obatan dari dokter, Anda dapat menggunakan obat tradisional campak sebagai solusi penyembuhan penyakit campak. Berikut di antaranya:
a.     Air Kelapa
Kelapa dapat ditemukan dengan mudah, bahkan beberapa pedagang menjualnya di pinggir jalan. Manfaat kelapa bagi tubuh adalah menetralkan racun dan meningkatkan sistem imun tubuh. Air kelapa hijau dapat digunakan sebagai obat tradisional campak dengan meminum airnya secukupnya setiap hari. Lakukan secara rutin untuk melihat hasilnya.
b.     Kunyit dan Madu
Cara penggunaan kedua bahan ini untuk mengatasi penyakit campak adalah buat ramuan dengan campuran madu, segelas susu hangat, satu sendok bubuk kunyit, biji asam jawa 400gram, tumbuk semua bahan sampai halus, tuangkan air hangat, lalu minum air ramuan ini. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

Larangan Saat Kena Penyakit Campak

Setiap penyakit memiliki pantangannya tersendiri, sama halnya dengan campak. Pantangan penyakit campak pada anak harus Anda perhatikan agar sang buah hati bisa cepat sembuh, berikut di antaranya:
1.     Mandi air dingin saat campak.
Mandi menjadi pantangan penyakit campak pada anak maupun orang dewasa karena adanya mitos di masyarakat, yaitu membuat ruam makin banyak. Ini adalah hal yang salah, biarkan anak Anda mandi untuk menjaga kebersihan tubuhnya tapi gunakanlah air hangat.

2.     Memakai baju tebal
Memakai baju tebal sebagai penghangat tubuh sebaiknya tidak dilakukan. Pakailah baju berbahan tipis yang mudah menyerap keringat seperti berbahan katun. Dengan baju tipis, rasa gatal dapat berkurang karena keringat terserap dengan baik.
3.     Menggaruk kulit
Apakah campak gatal? Benar, penderita campak akan merasa gatal, tapi campak tidak boleh digaruk. Pantangan penyakit campak pada anak adalah menggaruk kulit karena mengakibatkan luka. Sebaiknya berikan bedak gatal seperti herocyn pada seluruh tubuh untuk mengurangi rasa gatalnya.
Baik campak dewasa maupun campak pada anak-anak, sebaiknya segera ditangani agar tidak menular. Bukan hanya campak, tapi juga semua penyakit agar tidak makin berdampak buruk bagi tubuh. Ingat, sehat itu mahal harganya. Jangan bekerja terlalu keras sampai lupa dengan kesehatan diri sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengobati Penyakit Campak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel