Hati-hati Influenza! Virusnya Mudah Menular!



Sering sekali kita mendengar teman, tetangga atau saudara yang berulang kali terkena penyakit flu. Flu merupakan kependekan atau bahasa populer dari influenza. Bagaimanakah gejala penyakit yang satu ini? Apa saja yang menjadi perantara cara penularan influenza? Dan mengapa seringkali penyakit yang satu ini menyerang bahkan dalam waktu yang cukup singkat?

Pengertian Influenza

Influenza adalah sejenis virus yang menginfeksi saluran pernafasan. Disebabkan oleh virus RNA yang berasal dari family Orthomyxovirdae, penyakit ini sangat mudah menular pada orang lain yang berada di sekitar penderita. Virus ini dapat menyerang semua usia baik anak-anak maupun orang dewasa.

Cara penularan influenza yang paling mudah adalah melalui udara dan kontak fisik. Virus ini dapat bertahan di luar tubuh manusia dalam kurun waktu yang cukup lama. Apabila anda berada di dekat orang yang terkena flu, maka bisa saja percikan ludah atau lendir hidung saat bersin yang tersebar akan menempel pada tubuh anda. Virus ini bahkan bisa menular melalui jabatan tangan.

Beberapa jenis virus influenza juga bisa menjangkiti hewan terutama unggas seperti ayam, burung dan juga bebek. Jika anda mengkonsumsi olahan ayam atau bebek yang terserang virus influenza, maka kemungkinan besar anda bisa juga terserang. Pada dasarnya, influenza bukanlah penyakit yang dapat dikategorikan berat. Meskipun virus influenza sudah menyerang anda, secara alami tubuh anda sudah memiliki kekebalan atau antibody untuk melawannya tanpa membutuhkan obat. Namun ada kalanya, system kekebalan tubuh berada dalam kondisi kurang mampu untuk melawan virus. Inilah sebabnya virus dapat berkembang dengan cepat menyerang bagian-bagian tertentu.

Gejala atau Ciri-ciri Influenza

Ketika antibody tubuh sudah tidak mampu lagi menahan serangan virus influenza, anda akan mengalami beberapa gejala menyebarnya virus ini. Gejala flu berat tidak serta-merta muncul ketika virus menyerang, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 24 sampai 48 jam sampai anda mulai merasakan gejala virus ini. Tanda-tandanya mudah dikenali yaitu :

- Demam tinggi hingga diatas 38ÂșC

- Nyeri pada sekujur tubuh terutama tangan dan kaki

- Merasa sangat lemah hingga terkadang sudah bergerak

- Sakit kepala

- Mata terasa sakit

- Bersin, batuk dan pilek

- Sakit tenggorokan

- Hingga sakit perut yang biasa dialami oleh anak-anak

Pada umumnya, influenza dapat sembuh dengan sendirinya atau tidak membutuhkan penanganan medis yang intensif. Virus influenza dapat dinonaktifkan dengan sinar matahari yang cukup.

Cara Mengatasi Influenza

Jika anda merupakan orang yang tidak membiasakan diri mengkonsumsi obat-obatan, anda dapat mengatasi atau mengobati influenza dengan cara alami berikut ini.

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Cara mengobati influenza yang cukup mudah adalah dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi antara pukul 7 sampai 9 pagi. Pada waktu tersebut, sinar matahari pagi mengandung sinar ultraviolet yang dapat mengaktifkan vitamin D dan menonaktifkan pertumbuhan virus. Oleh karena itu, berjemur di pagi hari setidaknya 10 menit akan membantu mengatasi penyakit influenza anda.

2. Sering-sering membuang ingus

Membuang ingus dapat sekaligus mengurangi jumlah virus dalam tubuh, namun ingat agar membuang tisu bekas ingus di tempat yang aman agar tidak menular pada orang lain.

3. Atasi hidung tersumbat dengan larutan garam

Anda dapat mengatasi hidung yang tersumbat dengan menghirup uap air hangat yang dicampur dengan garam. Lakukan juga dengan berkumur untuk meredakan batuk dan nyeri tenggorokan.

4. Minum air putih sebanyak-banyaknya

Minum air yang banyak agar tidak terjadi dehidrasi. Usahakan untuk minum air yang hangat agar meredakan hidung tersumbat dan mengurangi peradangan pada membran hidung dan tenggorokan.

Itulah sedikit informasi mengenai influenza yang perlu anda ketahui. Penyakit ini sering sekali menyerang ketika kondisi tubuh sedang tidak fit, oleh karena itu jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi dan olah raga yang teratur.


Belum ada Komentar untuk " Hati-hati Influenza! Virusnya Mudah Menular!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel