Inilah Penyebab Sariawan di Lidah, Cara Mencegah, dan Penanganannya



Apakah Anda pernah merasakan sakit dan kesulitan pada saat menelan makanan atau minuman? Bisa jadi penyebab sakit tersebut adalah karena luka pada lidah atau gusi yang disebut dengan sariawan. Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang sering dialami oleh hampir semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Luka yang terjadi di dalam mulut ini tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu supaya luka tidak semakin parah Anda harus segera mengobatinya. Selain itu sebaiknya kita kenali apa saja menjadi penyebab sariawan.

Penyebab Sariawan di Lidah

Sariawan termasuk self limiting disease atau penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Walaupun begitu, apakah Anda mau menahan sakit tersebut tanpa di obati? Tentunya luka pada bagian mulut ini bisa mengganggu aktivitas, apalagi apabila luka tersebut di bagian lidah. Sariawan di lidah dapat menyebabkan kesulitan menelan makanan dan berbicara. Penyebab sariawan di lidah pada umumnya terjadi karena daya tahan tubuh yang melemah, kurangnya vitamin B12 dan atau asam folat, serta infeksi bakteri tertentu.

Mulut merupakan tempat masuknya makanan, oleh karena itu bakteri penyebab sariwan pun bisa dengan mudah menyerang bagian mulut. Bakteri yang sering menyebabkan sariawan adalah Helicobacter pylori. Selain itu, penyebab sariawan di lidah juga bisa terjadi karena trauma pada bagian jaringan lunak mulut, misalnya saat lidah tergigit, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, dan ketika Anda terlalu keras menggosok gigi sehingga menyebabkan luka pada bagian dalam mulut.

Sudah tahukah Anda bahwa sariawan juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis makanan? Anda harus menghindari beberapa makanan penyebab sariawan seperti alkohol, makanan pedas dan asam, kerupuk, dan keripik. Selain itu keju, kopi, cokelat, dan kacang-kacangan juga bisa membuat iritasi dan membentuk sariawan di bagian lidah.

Cara Mencegah Sariawan

Sariawan bisa dicegah sejak dini. Luka pada bagian dalam mulut yang berbentuk oval dengan dasar putih dengan tepian berwarna merah ini bisa dicegah dengan cara menjaga kesehatan tubuh, terutama bagian mulut. Berikut inilah tips yang bisa digunakan untuk

1. Pencegahan sariawan yang sangat mudah diterapkan adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan. Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, setidaknya dalam sehari minumlah 8 gelas air putih supaya pencernaan dan aliran darah lancar.

2. Mencukupi kebutuhan nutrisi dengan memilih makanan yang sehat. Tubuh sangat bisa mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi sayur, buah-buahan, kacang-kacangan dan makanan lainnya yang bisa mencegah penyebab sariawan.

3. Berhati-hati saat mengunyah makanan dengan menghindari makan dengan terburu-buru agar bibir atau lidah tergigit dan menyebabkan sariawan. Selain itu, pada saat makan jangan sambil berbicara karena bisa menyebabkan bibir atau lidah tergigit.

4. Menjaga kebersihan gigi dan mulut, yaitu dengan rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Selain itu jangan lupa juga untuk rutin mengganti sikat gigi, setidaknya tiga bulan sekali. Mengapa mengganti sikat gigi secara rutin diperlukan? Hal ini ditujukan untuk mencegah kontaminasi jamur dan bakteri yang berkembang pada sikat gigi.

Mengatasi Sariawan di Lidah

Apabila sariawan di bagian lidah yang alami tergolong ringan, Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah. Sudah tahukah Anda, apa saja bahan-bahan di rumah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sariawan? Inilah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan.

1. Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam selama kurang lebih 3-5 menit

2. Sariawan bisa terjadi akibat kekurangan vitamin C. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan maupun vitamin, seperti vitamin C, vitamin B12, serta vitamin B kompleks untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

3. Kantong teh memiliki kandungan alkali yang dapat membantu menetralkan asam di mulut. Hal ini bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan dengan mudah. Caranya, Anda cukup meletakkan kantong teh celup pada luka sariawan selama kurang lebih 5 menit.

4. Anda juga bisa menggunakan es batu untuk mengobati sariawan. Caranya mudah, letakkan es batu pada sebuah kain yang bersih, kemudian tempelkan pada bagian lidah yang sariawan hingga es tersebut mencair.

Sekarang Anda sudah tahu, kan apa saja penyebab sariawan dan cara mengatasinya? Tentunya tips di atas bisa segera menyembuhkan sariawan pada lidah Anda. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan dengan memperhatikan asupan nutrisi dalam tubuh.


https://biz.kompas.com/read/2018/10/01/110045128/sariawan-dan-bau-mulut-ketahui-penyebab-cara-mencegah-dan-mengobatinya-sekarang.

https://www.honestdocs.id/penyebab-sariawan-di-lidah-dan-cara-mengobatinya

Belum ada Komentar untuk "Inilah Penyebab Sariawan di Lidah, Cara Mencegah, dan Penanganannya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel