Kenali Gejala Tipes pada Anak dan Cara Penanganannya


Anak adalah aset berharga yang dimiliki oleh keluarga. Apapun akan orang tua lakukan demi kebahagiaan anaknya. Salah satu contohnya adalah pada saat anak sakit, maka ia akan segera mencari pengobatan untuknya. Apabila anak Anda mengalami penyakit tipes, sebaiknya ketahui dulu apa yang menjadi penyebabnya.

Sudah tahukah Anda, apa saja faktor yang menyebabkan penyakit tipes? Penyakit tipes atau dalam istilah medis disebut dengan typhoid fever atau demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Infeksi bakteri ini bisa menyebar ke seluruh tubuh dan mempengaruhi banyak organ apabila tidak segera diobati.

Umumnya penyebaran bakteri tersebut disebabkan oleh makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Oleh karena itu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu mengetahui apa saja gejala-gejala penyakit tipes ini.

Gejala Tipes pada Anak

Penyakit tipes bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Gejala tipes pada anak meliputi:

· Sakit perut dan diare

· Demam yang tinggi

· Tubuh terasa lemas, lelah, dan pegal-pegal

· Sakit tenggorokan

· Pusing

· Hilangnya nafsu makan

· Muncul lapisan putih di atas lidah

Jika si buah hati Anda terlihat mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Apabila pada minggu pertama belum mendapatkan pengobatan tipes, maka kondisi anak akan semakin memburuk.

Pertolongan Pertama

Penyakit tipes juga bisa sembuh dengan sendirinya tanpa diobati. Akan tetapi, butuh waktu berminggu-minggu untuk mendapatkan kesembuhan yang total. Penyakit tipes yang belum sembuh total nantinya bisa kembali kambuh. Pada saat muncul gejala tipes pada minggu pertama, Anda bisa melakukan perawatan di rumah dengan cara berikut.

1. Banyak Minum Air Atau Cairan Sehat

Untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi akibat anak sering diare, maka sebaiknya anak harus mendapatkan asupan cairan yang cukup .

2. Minum Madu

Selain banyak minum air, asupan madu juga sangat berguna bagi anak. Madu dipercaya bisa menenangkan usus yang teriritasi. Madu juga baik untuk melindungi pencernaan dari bakteri penyebab tipes.

3. Perhatikan Asupan Gizi

Saat gejala tipes menyerang, Anda juga harus memperhatikan asupan gizi yang tepat untuknya. Pilihlah makanan yang mudah dicerna oleh anak dan bisa mengurangi diare atau sembelitnya.

Pengobatan Medis

Apabila gejala tipes pada anak belum sembuh saat dirawat dengan pertolongan pertama di rumah, Anda harus segera konsultasikan ke dokter. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap gejala tipes yang dialami oleh anak. Pemeriksaan di laboratorium tersebut dilakukan untuk mengambil sampel darah, tinja, dan urine.

Setelah pemeriksaan laboratorium dilakukan, selanjutnya dokter akan menentukan obat antibiotik seperti apa yang bisa diberikan pada pasien. Apa fungsi dari antibiotik untuk gejala tipes? Antibiotik ini berguna untuk membunuh bakteri Salmonella typhi, penyebab penyakit tipes.

Ada beberapa jenis antibiotik yang diberikan di rumah sakit. Antibiotik ini bisa berupa suntikan maupun pemberian nutrisi melalui infus. Penggunaan antibiotik pada infus ini diberikan saat pasien mengalami muntah, diare, serta perut kembung yang terjadi secara terus-menerus. Dalam pengobatan medis gejala tipes, umumnya memerlukan waktu sekitar 3-5 hari.

Setelah mendapatkan penanganan medis di rumah sakit, maka pengobatan akan dilanjutkan di rumah. Pasien tetap dianjurkan untuk menghabiskan obat antibiotik supaya bakteri yang ada di dalam tubuh benar-benar hilang. Selain itu, pasien juga dianjurkan untuk istirahat yang cukup, makan teratur, banyak minum air putih, serta selalu menjaga kebersihan.

Apakah Penyakit Tipes Menular?

Penyakit tipes yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi jadi sudah sangat jelas bakteri ini sangat menular. Orang yang mempunyai penyakit tipes akan menularkan bakterinya melalui tinja dan air urine.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang siaga, selalu perhatikanlah tumbuh kembangnya. Penyakit tipes bisa dicegah dengan cara selalu menjaga kebersihan, baik dari segi makanan maupun lingkungan.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Gejala Tipes pada Anak dan Cara Penanganannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel