Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah


Sudah tahukah Anda, apa saja khasiat daun kelor? Kelor memiliki nama latin Moringa Oleifera, merupakan tanaman yang banyak tumbuh di iklim tropis seperti di India, Asia Tenggara, dan tentunya di Indonesia. Penelitian telah membuktikan bahwa semua bagian tanaman ini mulai dari biji hingga daunnya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Tanaman ajaib ini oleh WHO juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi. Manfaat daun kelor untuk anak adalah mencegah dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mereka bisa terhindar dari gizi buruk. Negara yang telah menerapkan anjuran dari WHO ini adalah Somalia, Sudan dan Ethiopia.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Masakan

Daun kelor yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan ini bisa Anda olah menjadi makanan sehat dan bergizi. Supaya menu masakan dari daun kelor lebih bervariatif, Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara, seperti ditumis maupun dibuat cemilan. Cara mengolah daun kelor pun mudah dilakukan karena daun ini mirip dengan sayuran pada umumnya.

1. Sayur Bening

2. Tumis Daun Kelor

3. Bakwan Daun Kelor

4. Keripik Daun Kelor

Apa Saja Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan?

Karena sudah diketahui bahwa daun kelor memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, maka saat ini banyak obat herbal yang terbuat dari ekstrak daun kelor. Banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan lantaran daun kelor, seperti kanker, kolesterol, dan paru-paru. Selain itu, daun kelor juga memiliki khasiat untuk kecantikan wajah maupun kulit tubuh.

1) Manfaat Daun Kelor untuk Kanker

Berdasarkan hasil penelitian dalam Jurnal Oncology Letters, daun kelor terbukti bisa digunakan untuk penderita kanker payudara, kanker kulit, dan kanker paru.

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan, protein, karotenoid, potassium dan senyawa lainnya yang mampu menangkal radikal bebas serta dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Manfaat daun kelor untuk kanker yang lainnya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh supaya terhindar dari masuknya zat penyebab sel kanker, antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi (bisa mengurangi rasa nyeri karena peradangan sel kanker).

2) Manfaat Daun Kelor untuk Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Daun kelor memiliki kandungan zat seperti thiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan B-sitosterol, bioaktif yang terdapat di dalam daun kelor memiliki manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh supaya tetap normal.

3) Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat

Daun kelor juga memiliki khasiat untuk mencegah dan mengobati asam urat. Daun kelor memiliki kandungan fluvonoid dan alkoloid yang bermanfaat untuk mencegah terbentuknya asam urat.

Selain itu, kandungan daun kelor juga berfungsi sebagai antiinflamasi dan analgesik sebagai pereda rasa sakit. Khasiat daun kelor untuk asam urat bisa Anda buktikan dengan cara mengonsumsinya secara rutin.

4) Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

Tahukah Anda apa saja khasiat daun kelor untuk wajah? Daun kelor mempunyai kandungan vitamin A, C, dan E yang bermanfaat untuk membantu Anda dalam memperbaiki jaringan kulit wajah. Selain itu, daun ini juga mampu menghilangkan noda hitam, flek hitam, dan bintik merah pada wajah secara alami.

Anda juga bisa menggunakan daun kelor sebagai masker wajah untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit, menghilangkan bekas jerawat, dan mengecilkan pori-pori.

Efek Samping Daun Kelor

Selain memiliki beragam khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, daun kelor juga memiliki efek samping. Berikut ini adalah efek samping daun kelor yang perlu Anda waspadai.

1. Rebusan air daun kelor jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal

2. Meminum rebusan daun kelor dalam jangka waktu yang lama dan tidak diimbangi dengan sayuran lain bisa menyebabkan kerusakan liver.

3. Meminum air daun kelor dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan sakit perut dan sembelit ringan.

4. Mati rasa bahkan kelumpuhan, jika mengonsumsi daun kelor secara berlebihan.

Khasiat daun kelor memanglah sangat banyak, namun Anda harus mengatur porsi dalam mengonsumsinya. Apabila tidak disertai dengan mengonsumsi nutrisi yang lain, efek sampingnya bisa membahayakan kesehatan tubuh.


Belum ada Komentar untuk "Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel