Penyebab dan Cara Mengatasi Muntaber




Muntaber merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Tidak hanya orang dewasa saja yang sering mengalami penyakit muntaber, namun banyak pula anak-anak yang mengalami penyakit ini. Muntaber atau muntah berak merupakan penyakit peradangan yang berada di saluran pencernaan. Penyakit ini tidak boleh diremehkan. Gangguan ini bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan banyak dalam waktu yang cepat.sa
Muntaber adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, parasit, dan serta virus. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, kekurangan gizi, atau keracunan makanan juga menjadi salah satu penyebab Muntaber. Sebenarnya, penyebab utama dari penyakit ini adalah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau tinggal di tempat yang kurang bersih.

Penyebab Penyakit Muntaber

Muntaber merupakan sejenis penyakit yang cukup familiar di lingkungan masyarakat. Jika Anda bisa menerapkan pola hidup yang bersih, maka Anda akan terhindar dari penyakit ini. Berikut penyebab muntaber secara umum
1.     Virus Vibrio Parahaemolyticus
Virus ini termasuk jenis vibrio dan telah diidentifikasi. Berdasarkan identifikasi, terdapat 12 grup antigen O. Ada pula sekitar 60 tipe antigen vitamin K yang berbeda.
2.     Bakteri Escherichia Coli
Bakteri ini biasanya mewabah di lingkungan yang kurang bersih. Orang yang mengkonsumsi makanan yang tidak bersih dan sudah tercemar oleh bakteri ini bisa mengalami muntaber.
3.     Sistem sanitasi yang kurang terjaga
Sistem sanitasi yang kurang terjaga akan membuat kuman menjadi lebih mudah untuk berkembang biak. Contohnya saja, hujan yang terus menerus melanda akan membuat wilayah menjadi terkontaminasi bakteri.

Pengobatan Penyakit Muntaber

Jika Anda terindikasi mengalami penyakit muntaber, maka Anda bisa segera melakukan beberapa pengobatan. Berikut pengobatan penyakit muntaber yang bisa Anda coba.

1.     Mengkonsumsi cairan yang banyak
Orang yang mengalami penyakit muntaber akan mengalami kekurangan cairan karena muntah, buang air, dan keringat. Oleh karena itu, selalu jaga cairan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung cairan.

2.     Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat
Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat akan mengurangi gejala muntaber. Anda bisa memilih buah pisang, jus apel, dan nasi putih atau bubur untuk mendapatkan sumber karbohidrat.

3.     Istirahat Cukup
Pada dasarnya, obat yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit muntaber adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Tubuh bekerja dengan keras untuk memperbaiki kerusakan sistem kekebalan tubuh. Maka, beristirahatlah untuk mengembalikan tenaga.

4.     Mengkonsumsi obat
Jika Anda merasakan muntah yang disertai dengan berak-berak, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi obat seperti acetaminophen dan obat-obatan lainnya yang dianjurkan oleh dokter.

Pencegahan Penyakit Muntaber

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit muntaber, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan pola hidup yang bersih dan sehat. Bersihkan lingkungan Anda secara rutin setiap hari. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit muntaber.

1.     Membersihkan sanitasi
Jagalah kebersihan sanitasi di sekitar tempat tinggal Anda. Ini akan membuat kuman penyebab muntaber tidak akan menyebar.

2.     Bersihkan peralatan makan dengan steril
Muntaber biasanya menular karena bakteri atau virus yang termakan. Maka, bersihkanlah peralatan makan dengan steril.

3.     Konsumsi makanan sehat
Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang dijual di tempat terbuka lebih berpotensi untuk terpapar bakteri penyebab muntaber dibandingkan makanan sehat yang Anda masak sendiri.
Jika kondisi kesehatan Anda baik, maka Anda tidak akan mudah terserang penyakit muntaber. Jagalah kesehatan Anda dengan melakukan pola hidup bersih dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Kebersihan terjaga, muntaber pun akan jauh dari kehidupan Anda.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Muntaber"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel