Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi




Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan penyakit darah tinggi merupakan jenis penyakit yang memasyarakat. Banyak orang yang mengalami penyakit darah tinggi karena melakukan pola hidup yang tidak sehat. Peningkatan tekanan darah akan terjadi karena konsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, darah tinggi juga bisa disebabkan karena faktor keturunan.
Penyakit darah tinggi ditandai dengan keadaan seseorang yang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal. Untuk mengetahui Anda terkena penyakit darah tinggi atau tidak, hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang pengukur tekanan darah. Bila seseorang terbukti memiliki tekanan darah yang tinggi, maka ia harus melakukan pengobatan ke dokter.

Tipe Penyakit Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi dikenal memiliki 2 tipe. Berikut 2 tipe penyakit hipertensi atau darah tinggi.

1.     Hipertensi Primary
Hipertensi Primary adalah kondisi darah tinggi yang diakibatkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat diantaranya adalah mengkonsumsi makanan yang tidak terkontrol yang mengakibatkan seseorang mengalami obesitas. Selain itu, olahraga yang kurang juga menjadi kondisi yang akan memicu terjadinya hipertensi primary.

2.     Hipertensi Secondary
Hipertensi Secondary adalah kondisi darah tinggi sebagai akibat orang mengalami penyakit tersebut karena gagal ginjal, gagal jantung, atau hal lain yang mengakibatkan kerusakan sistem hormon di dalam tubuh. Hipertensi Secondary juga bisa terjadi pada ibu hamil dengan usia kehamilan 20 minggu. 
Hipertensi di masa kehamilan tersebut dinamakan dengan Pregnancy-included hypertension. Kondisi ini bisa tergolong parah atau berbahaya. Seorang wanita hamil dengan keluhan nyeri perut, pusing, sakit kepala, gangguan penglihatan, maupun muka yang membengkak menjadi salah satu gejala hipertensi.

Penanganan Penyakit Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi memerlukan penanganan khusus. Penyakit ini benar-benar bisa memberikan dampak yang buruk jika Anda tidak segera menanganinya dengan benar. Apa saja penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi darah tinggi?

1.     Diet penyakit darah tinggi
Penyakit darah tinggi pada umumya disebabkan karena mengkonsumsi makanan tertentu yang berlebihan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan dalam melakukan diet darah tinggi.

a.     Kurangi kandungan garam 
      Caranya, jangan meletakkan garam di atas meja makan, hindari camilan asin, dan kurangi                    pemakaian  saos.
b.     Kurangi kandungan potasium atau kalium.
      Potasium umumnya terdapat pada beberapa buah dan sayur. Beberapa makanan yang harus                  dipantang oleh penderita darah tinggi antara lain adalah semangka, alpukat, melon, labu parang,          mentimun, lidah buaya, dan masih banyak lagi.

2.     Rutin melakukan olahraga
Cara menangani darah tinggi juga bisa dilakukan dengan melakukan olahraga yang rutin. Olahraga merupakan kebiasaan yang menyehatkan. Melakukan olahraga secara rutin dapat memudahkan oksigen masuk ke jantung dan membuat jantung Anda menjadi lebih stabil. Lakukan jogging di sekitar rumah setiap hari selama beberapa menit.

3.     Mengkonsumsi suplemen
Mengkonsumsi suplemen bisa Anda lakukan jika penyakit darah tinggi yang Anda alami sudah termasuk dalam kategori hipertensi yang parah. Mengkonsumsi suplemen darah tinggi seperti Koenzim Q10m bisa memiliki dampak yang maksimal dalam menurunkan tekanan darah Anda.

Dalam suplemen tersebut terdapat antioksidan yang sangat bermanfaat dalam memproduksi energi. Itulah yang sangat diperlukan untuk melebarkan pembuluh darah. Sebelum Anda mulai mengkonsumsi suplemen ini, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.
Demikianlah beberapa penyebab dan cara penanganan darah tinggi yang penting untuk Anda ketahui. Jauhkan diri Anda dari segala penyebab penyakit darah tinggi. Jagalah kesehatan Anda dan jalankan pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Darah Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel