Penyebab dan Solusi Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak




Pada dasarnya, sakit gigi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak-anak. Sakit gigi pada anak cukup merepotkan. Ini akan membuat kedua orang tua di rumah menjadi repot. Anak yang sakit gigi akan menjadi lebih rewel. Sebenarnya, kasus anak yang sakit gigi bisa diobati dengan menggunakan cara alami. Namun dalam beberapa kasus yang darurat, banyak pula yang lebih memilih untuk menggunakan bahan pereda nyeri dari dokter.

Apa Penyebab Sakit Gigi Pada Anak?

Sakit gigi pada anak membuat anak menjadi susah makan dan menangis setiap waktu. Benar saja, hal ini karena sakit gigi menimbulkan rasa nyeri di sekitar gigi. Ini akan terasa menyakitkan sekali jika terkena makanan yang manis, apalagi minuman yang dingin. Bahkan, rasa sakit gigi yang sangat parah pun bisa membuat rasa berdenyut dan membuat kepala menjadi pusing tujuh keliling. Jika sudah terjadi hal yang demikian, aktivitas pada anak karena sakit gigi pun jelas-jelas akan terhambat.
Sebenarnya apa penyebab sakit gigi pada anak? Sakit gigi pada orang dewasa dan anak sebenarnya memiliki penyebab yang tidak berbeda. Seperti yang kita tahu, anak-anak sangat menyukai makanan manis seperti permen dan coklat. Makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi menjadi salah satu penyebab rasa sakit pada gigi.

Zat gula yang dikonsumsi oleh anak akan memasuki rongga mulut. Semua zat gula tersebut akan mengendap dalam jangka panjang di bagian mulut. Akhirnya, zat gula yang mengendap akan berubah menjadi zat asam. Zat asam inilah yang akan membuat email pada gigi menjadi rusak. Akhirnya, gigi pun akan menjadi mudah berlubang.
Tidak hanya karena sering mengkonsumsi makanan yang manis, sakit gigi pada anak juga bisa disebabkan karena kondisi kesehatan yang diderita oleh anak. Beberapa jenis sakit gigi yang sering diderita oleh anak adalah karena alasan berikut.
1.     Tumbuh gigi baru
2.     Gigi berlubang
3.     Gusi bengkak
Ketiga alasan inilah yang merupakan alasan terbanyak mengapa anak-anak sakit gigi. Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa sakit gigi yang dirasakan oleh anak?

Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Bagaimana cara mengatasi sakit gigi pada anak? Rasa sakit gigi pada anak tentu harus segera ditangani. Jika tidak, anak-anak akan menjadi murung dan tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit gigi yang dialami oleh anak.

1.     Kumur dengan air garam
Cara tradisional untuk mengatasi sakit gigi pada anak adalah berkumur-kumur dengan menggunakan air garam. Meskipun kedengarannya sederhana, namun cara ini benar-benar berkhasiat. Siapkan air hangat dan campurkan dengan garam. Biarkan anak berkumur selama beberapa waktu. Lakukan secara rutin dan teratur hingga sembuh.

2.     Bawang putih
Bawang putih mengandung saripati yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi pada anak. Geprek saja bawang putih dan letakkan di bagian gigi yang sedang sakit. Tunggu hingga sakit gigi menghilang.

3.     Kompres pipi dengan air dingin
Sakit gigi biasanya akan membuat pipi menjadi bengkak. Anda bisa mencoba untuk melakukan kompres pipi anak menggunakan air dingin. Selain akan meredakan sakit gigi, cara ini juga akan membuat pipi yang membengkak menjadi pulih secara berangsur-angsur.
Ketiga hal tersebut bisa Anda coba untuk meredakan sakit gigi pada anak. Lakukan cara tradisional di atas terlebih dahulu untuk mengatasi rasa sakit gigi yang terjadi pada anak Anda. Jika belum juga sembuh, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Solusi Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel