Penyebab Munculnya Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

Karang gigi atau calculus merupakan salah satu masalah gigi yang tidak boleh disepelekan, karena jika dibiarkan maka akan menimbulkan masalah lain seperti bau mulut dan sebagainya. Selain itu, jika dibiarkan karang gigi yang sudah terbentuk tersebut akan menjadi karang gigi hitam. Menurut America dental Hygienists Association, karang gigi pada umumnya akan muncul pada usia anak-anak dan semakin meningkat risikonya seiring bertambahnya usia. Yuk kenali apa saja yang menjadi penyebab timbulnya karang gigi dan cara mengatasinya dengan tepat.

Penyebab Terbentuknya Karang Gigi

Tahukah Anda bahwa sisa-sisa makanan yang ada di mulut dan menempel di gigi akan menyebabkan karang gigi? Penumpukan plak berwarna kekuningan pada gigi terbentuk oleh sisa makanan yang mengandung bakteri dan mengendap. Sisa makanan ini kemudian menempel pada gigi dalam jangka waktu cukup lama, kurang lebih selama 12 hari hingga akhirnya plak akan mengeras dan membentuk karang gigi. Makanan yang bisa memicu timbulnya plak gigi tersebut adalah makanan yang mengandung gula, seperti permen, kue, serta minuman bersoda.

Sebenarnya kecepatan pembentukan karang gigi yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda. Mengapa bisa berbeda? Salah satunya dikarenakan oleh kadar pH air liur. Bagi orang yang memiliki pH air liur yang bersifat basa atau tinggi (di atas 7), maka ia akan mengalami pembentukan plak gigi yang lebih cepat. Oleh karena itu, ia harus lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan gigi.

Bagaimana Cara Mengatasi Karang Gigi

Sebelum mengalami masalah karang gigi, sebenarnya Anda dapat mengenali adanya beberapa gejala seperti lapisan berwarna kekuningan atau kecokelatan pada garis gusi. Lapisan berwarna kekuningan ini akan sulit dihilangkan meski telah dibersihkan atau disikat berulang kali. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus membawanya ke dokter gigi.

Untuk menghilangkan karang gigi Anda, biasanya dokter akan menganjurkan scaling gigi. Scaling gigi adalah kegiatan medis non bedah yang dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut scaler. Scaler tersebut tersedia dalam beragam jenis, seperti scaler manual dan scaler ultrasonic. Fungsi dari masing-masing scaler tersebut sama, hanya saja scaler ultrasonik lebih efektif digunakan. Setelah Anda melakukan scaling gigi, karang gigi yang tebal pun bisa terkikis bersih.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Apabila Anda memiliki karang gigi yang cukup tebal, Anda bisa menghilangkannya dengan cara alami. Cara alami bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan tentunya terbukti efektif menghilangkan karang gigi. Selain itu biaya membersihkan karang gigi secara alami tentunya jauh berbeda dibandingkan dengan membawanya ke dokter. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan karang gigi.

1. Baking soda

Memiliki gigi yang bersih dan rapi tentunya sangat diidamkan oleh setiap orang. Adanya karang gigi sekecil apapun tentunya juga bisa dihilangkan. Salah satu cara hilangkan karang gigi dengan mudah dan alami bisa Anda lakukan dengan menggunakan baking soda. Baking soda yang merupakan bahan untuk mengembangkan roti ini bisa Anda gunakan untuk mengikis karang gigi. Tekstur baking soda yang kasar ini bisa membantu mengangkat plak yang menempel di gigi. Sifat basa yang dimiliki oleh baking soda juga bisa menetralkan asam di mulut serta bakteri yang bisa merusak enamel gigi.

Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda sangatlah mudah. Pertama-tama Anda harus menyiapkan baking soda, pasta gigi dan sikat gigi. Setelah itu, gosok gigi Anda menggunakan baking soda dengan perlahan. Setelah rata tersapu, berkumurlah dan sikat kembali gigi Anda menggunakan pasta gigi yang biasa. Gosok gigi sampai semua karang gigi telah tersapu, kemudian kumur-kumur kembali sampai bersih. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, lakukan gogok gigi menggunakan baking soda secara teratur.

2. Mengunyah Daun Sirih

Tahukah Anda bahwa daun sirih bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi? Daun yang sering dikunyah oleh orang-orang tua ini memiliki khasiat untuk membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Caranya sangat mudah. Ambil selembar daun sirih, kemudian Anda bisa menambahkannya dengan 1 batang cengkeh. Haluskan daun sirih tersebut tetapi jangan terlalu halus, lalu kunyah campuran di atas.

Apabila karang gigi yang Anda miliki belum bisa bersih secara maksimal ketika Anda memilih cara alami tanpa pergi ke dokter, maka hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengonsultasikan gigi Anda ke dokter agar karang gigi tidak terbentuk kembali.


Belum ada Komentar untuk " "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel