Pernah Mengalami Angin Duduk? Cari Tahu Gejala, Penyebab, Cara Mengatasinya




Angin duduk merupakan istilah yang cukup familiar di kalangan masyarakat. Istilah ini pun sering dianggap sama dengan istilah masuk angin. Namun ternyata, angin duduk dan masuk angin jelas-jelas sangat berbeda. Gejala dan penyebabnya pun tidak sama. Ada yang beranggapan bahwa angin duduk disebabkan karena terlalu banyak duduk di lantai atau di bawah. Apakah anggapan tersebut benar?

Penyebab Angin Duduk

Sebenarnya, penyebab dari angin duduk bukanlah karena terlalu ering duduk di bawa atau di lantai. Ada gejala tersendiri yang membuat seseorang mengalami angin duduk. Angin duduk sebenarnya merupakan gangguan jantung. Ini bisa dialami oleh setiap orang. Gangguan pada jantung ini akan membuat berkurangnya oksigen di dalam jantung. Hal tersebut juga akan membuat aliran di dalam tubuh menjadi kurang.

Maka, aliran darah yang berada di dalam tubuh pun akan menjadi tidak lancar. Akibatnya, penyempitan pembuluh darah pun bisa terjadi. Oleh karena itu, orang yang terkena serangan angin duduk pun sama seperti dengan orang yang terkena serangan jantung. Berikut penyebab dari angin duduk selengkapnya.

1. Koleseterol tinggi
2. Hipertensi
3. Merokok
4. Kurang melakukan olahraga
5. Usia

Gejala Angin Duduk

Ada beberapa gejala yang akan dialami oleh seseorang yang mengalami angin duduk. Bukan hanya nyeri pada jantung saja yang bisa dirasakan, namun berikut beberapa gejala yang bisa Anda alami.

1. Sesak napas

Penyempitan pada aliran darah akan membuat Anda mengalami kesulitan bernapas.

2. Mudah lelah

Orang yang mengalami angin duduk juga akan merasa mudah lelah.

3. Nyeri di dada dan leher

Awal mula gejala angin duduk adalah dada terasa nyeri. Namun lama kelamaan, bagian leher, lengan kiri, bahkan punggung juga akan terasa nyeri.

4. Mual dan pusing

Gejala angin duduk lainnya adalah mual dan pusing karena tubuh sangat lelah namun masih terforsir untuk melakukan aktivitas.

5. Keringat berlebih

Keringat yang keluar secara berlebihan dan membuat rasa di badan menjadi tidak nyaman bisa menjadi salah satu gejala dari angin duduk.

Ketika Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas, Anda bisa segera berkonsultasi ke dokter.

Cara Mengatasi Angin Duduk
Pengobatan angin duduk bisa dilakukan dengan cara mengurangi gejala-gejala yang dialami. Dengan menurunkan gejalanya, resikonya pun akan menjadi berkurang. Angin duduk ringan dan menengah bisa diatasi dengan beberapa pengobatan alami melalui pola hidup yang sehat dan seimbang. Tidak lupa pula, setiap orang harus berusaha untuk menghindari hal-hal yang memicu terjadinya angin duduk.

1. Batasi konsumsi makanan dengan lemak jenuh

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh akan membuat kadar kolesterol menjadi tinggi. Ini bisa memicu terjadinya angin duduk

2. Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan berserat akan membuat kesehatan tubuh menjadi terjaga

3. Hindari stress

Tangani stress sebisa mungkin untuk menghindari angin duduk

4. Lakukan program diet

Melakukan diet seimbang akan membuat tubuh menjadi sehat. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari gangguan angin duduk

5. Seimbangkan aktivitas fisik dengan waktu istirahat

Aktivitas fisik yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi terforsir. Batasi aktivitas Anda dan istirahatlah dengan teratur setiap hari.
Tidak lupa, Anda juga harus menghindari minuman keras dan rokok. Lakukan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang untuk menghindari terjadinya angin duduk. Lakukan kunjungan ke dokter untuk mengecek kesehatan Anda secara berkala. Gunakan obat yang direkomendasikan oleh dokter untuk menangani masalah angin duduk yang Anda alami.


Belum ada Komentar untuk "Pernah Mengalami Angin Duduk? Cari Tahu Gejala, Penyebab, Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel