Punya Masalah Sembelit? Berikut Cara Mengatasinya dengan Cepat dan Mudah





Sembelit merupakan kondisi susah buang air besar dengan feses keras sehingga sulit dikeluarkan. Sembelit bisa dikatakan parah bila lebih dari tiga hari tidak BAB. Sembelit umumnya dialami oleh orang obesitas, wanita hamil, dan orang yang sering duduk lama. Anda tidak perlu khawatir, sembelit dapat diatasi dengan beralih ke gaya hidup sehat. Gejala sembelit adalah kram perut pada bagian bawah, BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu, proses BAB terasa tidak tuntas, terasa ada yang mengganjal, ngeden keras saat BAB, feses terlihat keras, nafsu makan menurun, dan perut kembung.

Penyebab Sembelit

Sembelit bisa terjadi karena beberapa faktor yaitu makanan, stress, perubahan lingkungan, kurang konsumsi serat, kurang minum air, duduk berjam-jam, dan sedang mengandung. Agar tidak terkena sembelit, sebaiknya Anda perhatikan jenis makanan yang sering Anda konsumsi. Jika Anda sering mengonsumsi sembarang makanan, apalagi yang susah dicerna, makanan itu akan berada terlalu lama dalam usus, sehingga usus besar butuh banyak air dari tubuh untuk mencerna. Karena kurangnya air, feses menjadi keras dan kering sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Makanan Penyebab Sembelit

Anda harus selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi karena hal ini berpengaruh terhadap proses pencernaan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyembuhkan sembelit tapi ada juga yang bisa menyebabkan sembelit. Anda harus menghindari beberapa makanan berikut ini agar pencernaan lancar:
1.     Daging merah
Daging merah mengandung sedikit serat dan banyak lemak. Hal ini yang menjadi alasan daging merah bisa menyebabkan sembelit karena susah dicerna. Anda dapat mengonsumsi daging putih seperti daging ikan sebagai pengganti nutrisi yang dibutuhkan.  
2.     Pisang Mentah
Pisang matang bisa menyembuhkan sembelit, tapi tidak dengan yang mentah berwarna hijau. Pisang hijau mengandung zat pati yang sulit dicerna usus. Jika Anda pencinta rujak, Anda pasti tidak asing dengan pisang hijau. Boleh saja makan rujak pisang hijau, namun seimbangkan dengan banyak minum air putih agar Anda terhindar dari sembelit.
3.     Fast food dan gorengan
Makanan cepat saji dan gorengan mengandung banyak minyak. Minyak gorengan ini membuat usus susah mencerna sehingga bisa menumpuk dalam perut. Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji dan gorengan agar terhindar dari sembelit.

Bahan Alami Tradisional Untuk Obati Sembelit

Jika Anda tidak ingin menggunakan obat dokter, Anda dapat mencoba obat sembelit tradisional sebagai solusi alternatif. Berikut di antaranya:
1.     Buah-buahan
Buah pisang, apel dan plum berperan sebagai obat tradisional sembelit susah buang air besar karena sifat pencahar alaminya. Ketiga buah ini memiliki banyak serat dan vitamin yang dapat merangsang kerja otot untuk mencerna makanan. Dengan rutin mengonsumsinya, Anda akan sembuh dan terhindar dari sembelit.
2.     Bumbu rempah
Tidak hanya buah, tapi bumbu rempah di dapur yaitu jahe dan kunyit dapat berfungsi sebagai obat tradisional sembelit susah buang air besar. Rempah ini dapat dijadikan ramuan teh jahe dan kunyit sebagai pencahar alami untuk membantu melancarkan pencernaan.

Cara Mengatasi Sembelit Tanpa Pergi ke Dokter

Jika dibiarkan terlalu lama, sembelit dapat menyebabkan kanker usus besar. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi sembelit. Ada beberapa cara dan petua hilangkan sembelit yang dapat dicoba untuk menyembuhkannya, yaitu berikut ini:
1.     Minum banyak air putih
Tubuh manusia terdiri dari sekitar 80% air, hal ini membuat air putih sebagai elemen penting bagi tubuh. Air putih adalah obat sembelit, karena dengan banyak minum air dapat membantu melunakkan feses. Bila tubuh kekurangan cairan, usus akan kesulitan mencerna makanan sehingga menghasilkan feses yang keras.
2.     Banyak konsumsi yogurt
Yogurt mempermudah usus mencerna makanan karena kandungan bakteri baiknya memproduksi asam lemak dan asam laktat yang baik bagi pencernaan. Tidak hanya itu, kandungan probiotiknya juga dapat membunuh mikroorganisme jahat yang merugikan pencernaan. Selain sebagai obat sembelit, Yogurt  bisa mencegah penyakit wasir, radang usus, tipes, dan kanker usus.
3.     Banyak olahraga
Olahraga dapat membantu penyerapan makanan karena merangsang otot usus untuk mencerna makanan lebih cepat. Anda dapat melakukan olahraga sekecil apapun itu, seperti jalan kaki. Lakukan olahraga secara teratur tiap harinya agar anda tidak terkena sembelit. Bagi sembelit pada ibu hamil, anda dapat mencoba senam hamil atau melakukan pekerjaan rumah sederhana seperti membersihkan tempat tidur, dan lain-lain.
Jangan biarkan sembelit terlalu lama, karena bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi agar terhindar dari sembelit. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari mulai hidup sehat dan rutin olahraga agar badan terhindar dari penyakit.

Belum ada Komentar untuk "Punya Masalah Sembelit? Berikut Cara Mengatasinya dengan Cepat dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel