Rambut Anda Rontok Terus-Menerus? Ini Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya



Apakah Anda pernah mengalami rambut rontok? Menurut Spesialis Kebidanan dan Ginekolog Lynn Simpson, MD menyatakan bahwa rontoknya rambut adalah hal yang normal terjadi karena siklus pertumbuhan rambut baru. Jumlah rambut rontok yang normal adalah 50 sampai dengan 150 helai per hari. Lebih dari ini, Anda harus mengkonsultasikannya dengan dokter agar mengetahui ciri-ciri rambut rontok karena penyakit dan memperoleh penanganan yang tepat.


Penyebab Rambut Rontok Berlebihan atau Telogen Effluvium

Pada umumnya wanita dan pria dengan segala usia mengalami kerontokan rambut, namun wanita dinyatakan lebih sering mengalami kerontokan rambut karena perubahan hormonal. Biasanya, rambut akan rontok terjadi pada 6 minggu atau 3 bulan setelah Anda mengalami stres atau terkena penyakit tertentu. Dikatakan perlu penanganan medis ketika rambut rontok terus-menerus secara menyeluruh, sehingga terlihat tipis di seluruh area.

Secara umum faktor penyebab rambut rontok terus-menerus adalah sebagai berikut:

Mengalami stres yang berlebihan. Ketika Anda mengalami stres, baik secara emosional maupun fisik, rambut Anda akan mudah sekali rontok.
Perubahan hormonal. Hal ini merupakan faktor terbesar penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda. Keadaan wanita yang sedang hamil atau menstruasi akan menyebabkan perubahan hormonal, sehingga rambut rontok secara berlebihan.
Tubuh kekurangan gizi. Biasanya ini menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada anak. Pada beberapa anak usia dini mengalami kekurangan gizi, padahal aneka nutrisi, seperti vitamin dan zat gizi sangat penting bagi kesehatan tubuh, termasuk daya tahan rambut.
Indikasi penyakit tertentu, seperti sifilis, infeksi berat, infeksi jamur, alopecia areata, penyakit kelenjar tiroid, dan penyakit autotimun.
Efek samping mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti vitamin A dengan dosis tinggi, pemakaian pil KB, obat hormonal, dan obat antidepresan.
Menderita Anemia. Orang yang menderita anemia jenis defisiensi besi (kekurangan kadar zat besi dalam darah) akan mengalami penurunan kadar feritin pada rambut. Akibatnya, folikel menjadi terganggu dan rambut menjadi rontok.
Penurunan berat badan yang mencapai 9 kg atau lebih.
Sedang dalam proses penyembuhan pasca sakit.
Penderita kanker yang menjalani pengobatan kemoterapi atau terapi radiasi. Kerontokan biasanya terjadi sementara, kecuali folikel rambut Anda telah mengalami kerusakan.
Efek samping perawatan rambut. Ketika Anda terlalu sering melakukan perawatan rambut dengan menggunakan produk berbahan keras, seperti cat rambut, bleaching rambut, atau pemanas rambut (hairdryer), maka rambut akan menjadi rusak dan mudah rontok.

Cara Mencegah Rambut Rontok Terus-Menerus

Kunci utama mencegah terjadinya rambut rontok secara berlebihan adalah melakukan perawatan rambut secara baik dan benar. Bagi Anda yang memiliki rambut mudah rontok, sebaiknya menggunakan sampo khusus bayi yang cenderung lebih lembut. Selain itu, hindari beberapa hal yang dapat merusak rambut Anda, diantaranya batasi penggunaan alat pemanas rambut dan bahan kimia yang digunakan untuk mengeriting, mewarnai, maupun mencatok. Jangan pula mengikat rambut dalam keadaan basah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Terus-Menerus

Ketika rambut Anda mengalami kerontokon karena hal yang ringan, biasanya tidak memerlukan penanganan secara khusus. Anda bisa melakukan perawatan sendiri secara alami dan menerapkan pola makan sehat, terutama pemenuhan zat besi untuk mengembalikan rambut yang telah rontok agar tumbuh dan tebal kembali.

Namun jika penyebabnya adalah hal yang berat atau dirasa memerlukan diagnosis dokter untuk mengetahui penyebabnya, maka segera konsultasikan dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan, terapi laser untuk menumbuhkan rambut, atau bahkan operasi transplantasi rambut.

Mari jaga kesehatan rambut dan tubuh sejak dini agar penyebab rambut rontok terus-menerus tidak terjadi pada diri Anda. Sayangi dan terima model rambut asli Anda, sehingga tidak memerlukan perawatan berbahan kimia untuk merubah dan rambut Anda tetap terjaga dengan sehat.

Belum ada Komentar untuk "Rambut Anda Rontok Terus-Menerus? Ini Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel