Sering Gatal-Gatal? Waspadai Penyakit Kulit Berikut Ini!





Pernahkah Anda mengalami gatal-gatal? Gatal-gatal bisa disebabkan karena alergi pada makanan, alergi dingin, ataupun karena gigitan serangga. Rasa gatal akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman, bahkan tidak bisa beraktivitas dengan baik. Jika kondisi gatal semakin memburuk, hal ini bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak fit lagi. Terdapat beberapa jenis penyakit gatal yang bisa Anda ketahui.
Penyakit kulit adalah penyakit yang tidak berbahaya. Penyakit ini bisa terjadi karena kesalahan seseorang yang mengalaminya. Contohnya saja, mengetahui dirinya alergi udang, justru ia mengkonsumsi udang dan akhirnya mengalami rasa gatal-gatal.

Jenis Penyakit Kulit

Jenis penyakit kulit sangat bervariasi. Diantara penyebabnya adalah karena seseorang tidak bisa menjaga kebersihan kulit. Berikut beberapa jenis penyakit kulit yang paling sering terjadi pada manusia.
1.     Eksim
Eksim atau dermatitis atopik adalah sebuah jenis penyakit kulit yang biasa dialami oleh orang-orang yang memiliki bakat alergi dari lahir. Penyakit kulit eksim ini bisa terjadi berulang-ulang kali. Tanda-tanda yang paling sering dialami oleh penderita eksim adalah rasa gatal yang luar biasa.

Keadaan-keadaan yang menjadi pemicu terjadinya eksim adalah cuaca panas, paparan debu, keringat berlebihan, atau bahkan makanan tertentu seperti susu dan telur. Penderita eksim biasanya memiliki gejala yang sama dengan faktor pencetus yang berbeda.

2.     Campak
Penyakit kulit campak atau yang lebih dikenal dengan nama Rubella adalah sejenis penyakit kulit yang biasanya menyerang anak-anak. Penyakit campak ini biasanya diawali dengan demam, lesu, sakit kepala, nafsu makan yang menurun, bahkan terjadinya radang pada mata.

Gejala dari penyakit kulit campak ini meliputi 3 C yaitu Cough atau batu, Coryza atau influenza, dan Conjunctivitis atau mata merah dan meradang. Selain ketiga gejala tersebut, campak biasanya juga diiringi dengan lemas, demam sakit kepala, dan nafsu makan yang menurun

3.     Jerawat
Jerawat mungkin pernah dialami oleh siapa saja. Penyakit ini biasanya terjadi pada leher, punggung, wajah, maupun dada. Bintil-bintil jerawat yang muncul biasanya memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Faktor-faktor yang memicu terjadinya jerawat adalah perubahan hormonal, stress, serta kurangnya menjaga kebersihan.

4.     Kudis
Penyakit kulit Kudis atau yang dalam bahasa kesehatan Scabies adalah penyakit yang disebabkan karena tungau. Tungau penyebab kudis tersebut bernama sarcoptes scabiei var hominis. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang kurang menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Tanda kudis adalah rasa gatal yang sangat hebat di malam hari. Biasanya, kudis terjadi pada bagian sela-sela jari kaki, alat kelamin, pinggang, bahkan di bagian tangan. Kudis ini merupakan jenis penyakit kulit yang sangat menular.

Cara Mencegah Penyakit Kulit

Meskipun penyakit kulit termasuk dalam kategori penyakit ringan, namun penyakit ini tidak boleh disepelekan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kulit.
1.     Mengganti pakaian setiap hari
Gantilah pakaian kotor atau pakaian yang telah Anda gunakan untuk beraktifitas dalam waktu yang lama. Menggunakan pakaian kotor akan menimbulkan jerawat dan bahkan panu di kulit Anda.

2.     Mandi dua kali sehari
Untuk menjaga kebersihan tubuh, mandilah dua kali sehari. Orang yang mandi dua kali sehari akan terhindar dari penyakit kulit.

3.     Tidak menggaruk terlalu keras
Penyakit kulit memang menimbulkan gatal yang luar biasa. Namun, jangan garuk bagian yang gatal karena akan membuat kulit menjadi lecet. Garuklah sewajarnya saja dan jika masih gatal, gunakan balsem.
Cara lain untuk mencegah penyakit kulit adalah mengganti sprei, sarung, bantal, dan selimut secara rutin. Jangan lupa, bersihkan kasur dan jemur di bawah sinar matahari. Buanglah perlengkapan rumah tangga yang tidak digunakan agar tidak menjadi sarang tungau dan kutu.


Belum ada Komentar untuk "Sering Gatal-Gatal? Waspadai Penyakit Kulit Berikut Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel