Sering Sakit Perut? Waspadai Penyakit GERD


GERD atau yang lebih dikenal dengan penyakit asam lambung adalah jenis penyakit yang menyerang pada sistem pencernaan. Penyakit ini terbilang dalam jenis yang kronis. GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease terjadi ketika asam lambung naik. Orang yang mengalami asam lambung naik akan merasakan sakit perut yang sangat hebat. Perut terasa sakit dan membuat penderita tidak dapat beraktifitas dengan leluasa.

Definisi Penyakit Gerd 

Gangguan penyakit Gerd atau asam lambung adalah kondisi saluran pencernaan yang bisa terjadi dari waktu ke waktu. Orang yang mengalami gangguan ini akan merasakan beberapa gejala. Gejala tersebut bisa terjadi dua kali dalam seminggu atau bahkan lebih. Karena penyakit ini bisa menimbulkan gangguan yang sangat mengganggu pada penderitanya, maka tak jarang penderitanya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Sakit GERD ini biasanya terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Banyak orang yang tidak menjaga pola makannya dengan baik. Selain itu, makanan yang dikonsumsi pun kebanyakan adalah makanan yang tidak sehat. Jika penyakit ini dibiarkan lebih lanjut, maka penderita bisa ambruk dan bahkan opname di rumah sakit. Maka, Anda bisa berkunjung ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Gejala Sakit GERD 

Penyakit GERD biasanya menimbulkan beberapa gejala. Gejala sakit GERD yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda. Berikut beberapa gejala yang mungkin menandakan bahwa Anda sedang mengalami GERD.

1. Sensasi terbakar yang menyebar ke bagian tenggorokan dengan rasa asam di mulut
2. Dada terasa nyeri
3. Sulit menelan
4. Batuk kering
5. Sakit tenggorokan dan suara terasa serak
6. Adanya sensasi benjolan di bagian tenggorokan
7. Sensasi rasa asam di bagian mulut

Jika Anda merasakan gejala-gejala yang terjadi di atas, mungkin saja Anda sedang menderita asam lambung. Sebenarnya, apa saja penyabab dari penyakit GERD ini?

Penyebab Sakit GERD

Penyebab dari GERD tidak lain adalah asam refluks yang terlalu sering mengembalikan empedu atau asam lampung ke bagian kerongkongan. Jika Anda sedang menelan, cairan ini mungkin akan masuk ke dalam lambung Anda dan kemudian akan menutup lagi. Dalam kondisi yang melemah, asam lambung dapat mengalir ke arah kerongkongan dan membuat Anda menjadi mulas. Rasa mulas inilah yang seringkali mengganggu kehidupan Anda sehari-hari.

Asam lambung ini nantinya bisa membuat kerongkongan Anda menjadi iritasi. Hal tersebut akan membuat peradangan dan menyebabkan pendarahan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan masalah lambung. Jika Anda mengalaminya, Anda harus segera melakukan pengobatan lebih lanjut.

Pengobatan Penyakit GERD

Penyakit GERD ini bisa disembuhkan dengan menggunakan beberapa obat-obatan kimia seperti Antasida, dan PPI seperti Lanzoprazol, Omeprazol, dan lain-lain. Selain itu, Anda bisa mengurangi gejala GERD dengan cara berikut ini.

1. Menurunkan berat badan menjadi lebih ideal
2. Menghindari makanan berlemak seperti gorengan
3. Hindari stress
4. Hindari makanan seperti kopi, coklat, serta minuman yang mengandung alkohol
5. Berhentilah merokok
6. Lakukan istirahat yang cukup
7. Makanlah dengan porsi yang kecil, tapi sering
8. Posisikan kepala dan punggung dengan sedikit lebih tinggi ketika Anda sedang tidur
9. Lakukan olahraga secara teratur
10. Berhentilah mengkonsumsi obat yang bisa meningkatkan penyakit asam lambung

Penyakit GERD ini biasanya terjadi karena melemahnya otot yang ada di kerongkongan Anda. Hal tersebut membuat asam lambung menjadi naik. Lakukan gaya hidup yang lebih sehat untuk terhindar dari penyakit GERD. Tindakan operatif bisa Anda hindari dengan melakukan beberapa pengobatan di atas.


Belum ada Komentar untuk "Sering Sakit Perut? Waspadai Penyakit GERD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel